LINK

Link beberapa Instansi dan Pemerintahan

Lembaga Pupuk Indonesia
Untuk menghadapi tantangan global bidang industri dan perdagangan, meningkatkan mutu dan produktivitas, Asosiasi Produsen Pupuk Indonesia (APPI) sebagai wadah kerjasama dan komunikas bagi perusahaan dan industri pupuk, melakukan repositioning atas pengelolaan kegiatannya agar lebih memberikan manfaat yang nyata baik kepada para anggotanya, maupun masyarakat serta dunia perpupukan secara luas.
Asosiasi Produsen Pupuk Indonesia
APPI merupakan sebuah Perhimpunan atau Asosiasi bagi produsen pupuk di seluruh Indonesia.
Departemen Perindustrian Republik Indonesia
DEPARTEMEN PERINDUSTRIAN REPUBLIK INDONESIA bertugas membantu Presiden dalam menyelenggarakan sebagian tugas pemerintahan di bidang perindustrian.
Departemen Pertanian Republik Indonesia
Departemen Pertanian (disingkat Deptan) adalah salah satu departemen dalam pemerintahan Indonesia yang mempunyai tugas membantu presiden dalam menyelenggarakan sebagian urusan pemerintahan di bidang pertanian. Kementerian ini dipimpin oleh seorang Menteri Pertanian.
Perum BULOG
Perum BULOG merupakan lembaga pangan yang handal untuk memantapkan ketahanan pangan nasional. Bulog dibentuk pada tanggal 10 Mei 1967 berdasarkan Keputusan Presidium Kabinet Nomor 114/Kep/1967. Sejak tahun 2003, status Bulog menjadi BUMN.
Departemen Keuangan Republik Indonesia
Departemen Keuangan (disingkat Depkeu) adalah salah satu departemen dalam pemerintahan Indonesia yang mempunyai tugas membantu presiden dalam menyelenggarakan sebagian urusan pemerintahan di bidang keuangan dan kekayaan negara.
Sistem Informasi Keuangan Daerah
Sistem Informasi Keuangan Daerah – Departemen Keuangan Republik Indonesia – Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan (DJPK). Menyajikan informasi seputar Otonomi Daerah sesuai dengan topik-topik yang hangat dan sering ditanyakan.
Badan Pusat Statistik
Badan Pusat Statistik (BPS, dahulu Biro Pusat Statistik), adalah lembaga pemerintah yang berkenaan dengan statistik nasional.
Setiap sepuluh tahun sekali, BPS menyelenggarakan sensus penduduk. Di samping itu, BPS juga melakukan pengumpulan data, menerbitkan publikasi statistik nasional maupun daerah, serta melakukan analisis data statistik yang digunakan dalam pengambilan kebijakan pemerintah.
BPS juga terdapat di setiap provinsi, kabupaten dan kota di seluruh Indonesia. Meski berada di daerah, BPS bukan berarti milik pemerintah daerah. BPS merupakan instansi vertikal, yakni instansi pemerintah pusat yang berada di daerah.
BADAN STANDARDISASI NASIONAL
Badan Standardisasi Nasional (BSN) merupakan Lembaga Pemerintah Non Departemen dengan tugas pokok mengembangkan dan membina kegiatan standardisasi dan penilaian kesesuaian di Indonesia. Badan ini mengambil alih fungsi dari Dewan Standardisasi Nasional (DSN). Kegiatan standardisasi dan penilaian kesesuaian di berbagai instansi merupakan simpul-simpul potensi nasional yang perlu dikoordinasikan dan disinkronisasikan dalam satu Sistem Standardisasi Nasional (SSN). Pengaturan standardisasi secara nasional ini diperlukan dalam rangka peningkatan keberterimaan produk nasional, dorongan produktivitans dan daya guna produksi serta menjamin mutu produk dan/atau jasa, sehingga dapat meningkatkan daya saing produk dan/atau jasa di pasar global.
Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia
Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dibentuk berdasarkan Keputusan MPRS no. 18/B/1967menampung seluruh tugas Lembaga Riset Nasional (LEMRENAS) dan Majelis Ilmu Pengetahuan Indonesia (MIPI) dengan tugas pokok melaksanakan tugas pemerintahan di bidang penelitian ilmu pengetahuan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
PT Pupuk SriwijayaSitus resmi PT Pupuk Sriwidjaja
PT Pupuk Sriwidjaja (Persero), yang lebih dikenal sebagai PT Pusri, merupakan Badan Usaha Milik Negara yang bergerak di bidang produksi dan pemasaran pupuk. Secara legal, PT Pusri resmi didirikan berdasarkan Akte Notaris Eliza Pondaag nomor 177 tanggal 24 Desember 1959 dan diumumkan dalam Lembaran Berita Negara Republik Indonesia nomor 46 tanggal 7 Juni 1960. PT Pusri, yang memiliki Kantor Pusat dan Pusat Produksi berkedudukan di Palembang, Sumatera Selatan, merupakan produsen pupuk urea pertama di Indonesia.
PT Petrokimia Gresik
PT Petrokimia Gresik merupakan pabrik pupuk terlengkap di Indonesia, yang pada awal berdirinya disebut Proyek Petrokimia Surabaya.
Kontrak pembangunannya ditandatangani pada tanggal 10 Agustus 1964, dan mulai berlaku pada tanggal 8 Desember 1964. Proyek ini diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia pada tanggal 10 Juli 1972, yang kemudian tanggal tersebut ditetapkan sebagai hari jadi PT Petrokimia Gresik.
PT Petrokimia Gresik menempati lahan seluas 450 hektar berlokasi di Kabupaten Gresik, Propinsi Jawa Timur.
PT Pupuk Kujang
PT Pupuk Kujang didirikan pada tanggal 9 Juni 1975, berdasarkan Akta Pendirian Perseroan Terbatas Nomor 15 dari Notaris Soeleman Ardjasasmita SH tanggal 9 Juni 1975 yang kemudian Anggaran Dasarnya dirubah berturut-turut dengan Akta Nomor 40 tanggal 14 Maret 1984, Nomor 49 tahun 1997 dan terakhir Nomor 88 tanggal 28 Maret 1998. Berdasarkan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa PT Pupuk Kujang tanggal 25 Juli 1997 dan sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 28 Tahun 1997, maka sejak tanggal tersebut PT Pupuk Kujang menjadi anak perusahaan PT Pupuk Sriwidjaja dan sesuai Akte Perubahan Notaris Imas Fatimah SH, Nomor 88 tahun 1998 tanggal 28 Maret 1998, disetujui penjualan 10 (sepuluh) lembar saham milik PT Pupuk Sriwidjaja pada PT Pupuk Kujang yang diwakili oleh Yayasan Kesejahteraan Warga Kujang.
Pembangunan pabrik pupuk urea dan amonia dilaksanakan oleh kontraktor utama Kellogg Overseas Corporation (USA) dan Toyo Engineering Corporation (Japan), mulai beroperasi pada 1 April 1979 dengan kapasitas produksi 570.000 ton/tahun urea dan 330.000 ton/tahun amonia.
PT Pupuk Kalimantan Timur
PT. Pupuk Kalimantan Timur adalah perusahaan industri strategis dan pabrik pupuk terbesar di dunia dalam satu area yang terletak di kota Bontang, bumi Kalimantan Timur yang kaya dengan sumber gas alam.
Sebagai pendukung pembangunan bangsa PT. Pupuk Kalimantan Timur memproduksi pupuk urea “Daun Buah”, pupuk urea “Mandau” dan pupuk NPK “Pelangi”, sebagai upaya untuk membantu petani dan maju bersama membangun ketahanan pangan bangsa menuju Indonesia sejahtera.
PT Pupuk Iskandar Muda
PT. Pupuk Iskandar Muda didirikan pada tanggal 24 Pebruari 1982 dan berlokasi di Lhokseumawe, Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam. Dalam melaksanakan misinya, PT. Pupuk Iskandar Muda menghadapi berbagai tantangan dari lingkungan, mulai dari konflik bersenjata, bencana gempa bumi dan tsunami, serta pasokan bahan baku gas bumi yang tidak normal. Namun demikian, dengan menerapkan strategi yang tepat PT. Pupuk Iskandar Muda tetap survive dan mampu melaksanakan serta menunjang kebijaksanaan program Pemerintah dalam pembangunan nasional, khususnya di bidang industri pupuk.
Perusahaan Pertambangan Minyak dan Gas Bumi Negara (Pertamina)
Perusahaan Pertamina adalah Badan Usaha Milik Negara yang telah berubah bentuk menjadi PT. Persero yang bergerak di bidang energi, petrokimia dan usaha lain yang menunjang bisnis Pertamina, baik di dalam maupun di luar negeri yang berorientasi pada mekanisme pasar.
PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk
PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk disingkat PGN adalah sebuah BUMN yang bergerak di bidang transmisi dan distribusi gas alam. Semula pengusahaan gas di Indonesia adalah perusahaan gas swasta Belanda yang bernama I.J.N. Eindhoven & Co berdiri pada tahun 1859 yang memperkenalkan penggunaan gas kota di Indonesia yang terbuat dari batu bara. Pada tahun 1958 perusahaan tersebut dinasionalisasi dan dirubah menjadi PN Gas yang selanjutnya pada tanggal 13 Mei 1965 berubah menjadi Perusahaan Gas Negara. Tanggal inilah yang kemudian diperingati sebagai hari jadi PGN pada tiap tahunnya.
Perusahaan Listrik Negara
Perusahaan Listrik Negara (PLN) adalah sebuah BUMN yang mengurusi semua aspek kelistrikan yang ada di Indonesia. Terhitung sejak bulan Juni 1994, status PLN dialihkan dari Perusahaan Umum menjadi Perusahaan Perseroan (Persero).
FOOD AND AGRICULTURE ORGANIZATION OF THE UNITED NATIONS
The Food and Agriculture Organization of the United Nations leads international efforts to defeat hunger. Serving both developed and developing countries, FAO acts as a neutral forum where all nations meet as equals to negotiate agreements and debate policy. FAO is also a source of knowledge and information. We help developing countries and countries in transition modernize and improve agriculture, forestry and fisheries practices and ensure good nutrition for all. Since our founding in 1945, we have focused special attention on developing rural areas, home to 70 percent of the world’s poor and hungry people.

[ Daftar LINKS ]

11 pemikiran pada “LINK

  1. Ping balik: Ensiklopedia - Sungai Musi « infokito

  2. Salam kenal galo- galo dan salam hormat untuk mang cek yang punyo situs ini.. 🙂
    Aku lagi cari info tentang silat Kuntau, ado yang pacak bantu?
    Singgah kudai ke Blog aku.. trims.

Tinggalkan komentar