infokito

Portal Palembang – Jembatan informasi dari kito untuk kito bersamo

  • ahlan wa sahlan

  • Laman

  • Tulisan Terbaru

  • Arsip

  • Kategori

  • Kalender

    Juni 2016
    S S R K J S M
    « Apr   Jul »
     12345
    6789101112
    13141516171819
    20212223242526
    27282930  
  • Tulisan Teratas

  • Statistik

    • 2,348,261 hits

Jambanisasi Dukung Pelestarian Sungai Ogan

Posted by infokito™ pada 21 Juni 2016

SRIPOKU.COM, BATURAJA— Program jambanisasi yang dilakukan Kodim 0403/OKU melalui Koramil 403-01/Pengandonan merupakan bagian dari upaya mendukung pelestarian Sungai Ogan.

Hal itu dikatakan Komandan Kodim 0403/Ogan Komering Ulu Letkol Inf Mohammad Sjahroni SE melalui Danramil 403-01/Pengandonan Kapten Arm Sodiq pada acara serah terima WC umum kepada masyarakat.

Acara penyerahan WC umum hasil karya bhakti TNI ini dilakukan Senin (20/6/2016) di wilayah teritorial Koramil Pengandonan. Dikesempatan itu diserahkan 35 unit jamban umum hasil bangunan Babinsa yang diterima secara simbolis oleh Kades Belandang Kecamatan Ulu Ogan Edy Sartono.

Dikesempatan itu Danramil Pengandonan mengatakan, puluhan WC umum yang sudah diserah terimakan ini dibangun dalam Program Kegiatan Karya Bhakti Semester -1 TA 2016. Pembuatan jamban umum diwilayah teritorial Koramil Pengandonan ini di pimpin langsung oleh Danramil 403-01/Pengandonan Kapten Arm Sodik beserta anggotanya dan warga setempat.

Lebih jauh Kapten Arm Sodiq menjelaskan, pembuatan jamban umum ini juga upaya menciptakan kondisi di wilayah binaannya menjadi ramah lingkungan terhindar dari berbagai macam penyakit yang selama ini tidak sehat termotivasi untuk hidup lebih sehat dan sekaligus menjaga kelsetarian Sungai Ogan .

Sungai merupakan salah satu sumber air yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan dan kebutuhan hidup sehari-hari sudah selayaknya dilakukan berbagai upaya untuk menjaga kelestarian dan kealamiannya.

Apalagi wilayah binaaan Koramil Pengandonan posisinya berada dibagian hulu sungai sehingga harus dijaga kelestariannya , salah satunya ada dengan tidak buang air besar (BAB) di sungai.

Terpisah Kades Belandang Edy Sartono mengatakan, pihaknya sangat bersyukur dan berterima kasih kepada TNI khususnya Koramil Pengandonan yang sudah memfasilitasi pembangunan jamban umum. Karena keterbatasan pengetahuan dan ekonomi selama ini warga masyarakat masih terbiasa buang air besar di aliran sungai Ogan.

Meski diakui ada beberapa rumah tangga yang sudah memiliki jamban keluarga namun kondisi tidak sesuai standar.

“Melalui program jambanisasi dari TNI ini kami juga mendapat ilmu cara membuat jamban yang standard dan sekaligus membudayakan hidup bersih dan sehat,” urai Kades Belandang.

***Sumber: Sriwijaya Post Online

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: