infokito

Portal Palembang – Jembatan informasi dari kito untuk kito bersamo

Hikayat Mengangkat Tangan ke Atas ketika Berdo’a dan Bersujud ke Bawah ketika Shalat

Posted by infokito™ pada 17 Juni 2016

Dahulu kala Iblis yang pertama berasal dari keluarga jin yang diciptakan dari api. Pada mulanya iblis adalah makhluk yang taat. Ia sangat ambisius dalam ibadah. Ia beribadah kepada Allah dimanapun di alam semesta, tidak ada satu pun tempat dimana ia tidak menyembah-Nya.

Ketika itu kedudukannya sangat tinggi, sehingga dapat berada dalam satu kalangan dengan para malaikat. Tetapi ketika Allah Swt mencipta Nabi Adam a.s., ia mengira bahwa ibadahnya selama ini seharusnya memberi hak istimewa. Ia pun menjadi takabur.

Maka ketika Allah memerintahkannya untuk sujud di hadapan Nabi Adam as, ia pun menolaknya. Kesombongannya yang dilandaskannya kepada ibadah-ibadah yang telah dilakukannya itu, membuat sang Iblis dimurkai Allah Swt.

Ketika Allah Swt mengusirnya dan membuangnya ke neraka, sang Iblis meminta tangguh waktu. Ia berkata, “Aku telah beribadah kepada-Mu selama ribuan tahun di seluruh jagatraya.” Lalu Allah Swt memberi waktu tangguh hingga Hari Perhitungan. Dan Sang Iblis kemudian berkata bahwa ia akan menggunakan waktu yang diberikan kepadanya itu untuk membodohi semua manusia dan menyesatkannya mereka. “Aku akan menggoda mereka dari muka mereka, dari belakang mereka, dari kanan mereka dan dari kiri mereka”.

Allah Swt memberinya izin dan berkata, “Aku akan memasukkan semua yang mengikutimu ke dalam Jahanam. Dan Aku akan memanifestasikan Diriku-Sendiri kepada setiap orang dari atas dan dari bawah mereka.”

Perhatikanlah bahwa Iblis hanya menguasai empat jurusan. Kita harus memperhatikan arah ke atas dan ke bawah untuk memohon pertolongan Allah Swt. Demikianlah kita mengangkat tangan ke atas sewaktu berdo’a dan kita bersujud ke bawah ketika dalam shalat.

Wallahu a’lam

Syeikh Wihdatul Wujud

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: