infokito

Portal Palembang – Jembatan informasi dari kito untuk kito bersamo

  • ahlan wa sahlan

  • Laman

  • Tulisan Terbaru

  • Arsip

  • Kategori

  • Kalender

    Juli 2011
    S S R K J S M
    « Jun   Sep »
     123
    45678910
    11121314151617
    18192021222324
    25262728293031
  • Tulisan Teratas

  • Statistik

    • 2,348,261 hits

Hasil Hisab dan Rukyat Provinsi Sumsel sepakat Awal Puasa pada 1 Agustus

Posted by infokito™ pada 21 Juli 2011

Badan Hisab dan Rukyat Provinsi Sumatera Selatan menggelar rapat di Kanwil Kemenag Sumsel, Rabu (20/7) kemarin. Rapat untuk menyepakati jadwal salat dan imsakiyah itu, dipimpin Kabag Tata Usaha (TU) Kanwil Kemenag Sumsel, Drs HM Ridwan MM didampingi Kabid Urais Drs H Hambali MSi.

“Dalam rapat kita sudah sepakati jadwal salat dan imsakiyah Ramadan 1432 H/2011 M,” ujar Drs H Hambali MSi didampingi stafnya, Jamilul Akhmadi. Rapat dihadiri unsur dari Kanwil Kemenag Sumsel, Kemenag kota Palembang, Pengadilan Tinggi Agama, IAIN Raden Fatah Palembang, MUI Sumsel, Muhammadiyah, Nahdlatul Ulama (NU), BMKG (Badan Metrologi, Klimatologi, dan Geofi sika), RRI, TVRI, Pemprov Sumsel, Masjid Agung, Masjid Taqwa dan kalangan profesional.

Untuk jadwal salat dan imsakiyah kabupaten/kota selain Palembang diserahkan kepada masing-masing daerah. Tahun-tahun sebelumnya masih menggunakan plus minus sekian menit dari jadwal yang ditetapkan Kanwil Kemenag bersama Badan Hisab dan Rukyat Sumsel. “Mulai tahun ini, mereka harus menghitung sendiri agar lebih tepat hitungan jam, menit dan detiknya,” jelas Hambali.

Meskipun Badan Hisab dan Rukyat Provinsi Sumsel telah menetapkan jadwal salat dan imsakiyah per 1 Agustus, namun keputusan akhir kapan jatuhnya 1 Ramadan tetap menunggu keputusan pemerintah pusat melalui pengumuman Menteri Agama RI. Hanya saja, hasil hisab Badan Hisab dan Rukyat Sumsel juga menunjukkan, 1 Ramadan jatuh pada 1 Agustus mendatang.

“Hasil hisab yang kita lakukan sama, 1 Agustus mulai puasa. Tapi tetap akan menunggu juga hasil rukyat dan keputusan resmi pemerintah,” bebernya.
Berdasarkan hasil hisab, ijtima’ pada 31 Juli pukul 01:41:0,09 WIB atau pukul 18:41:0,09 GMT menunjukkan ketinggian hilal 18 derajat 34 menit 53,44 detik (di atas ufuk mar’i).

”Saat itu, matahari terbenam pukul 18:07’:57,93’’. Sedangkan arah mataharinya 18 derajat 15 menit 27,60 detik (Utara titik Barat),” jelasnya. Dengan hasil hisab itu, maka melihat hilal (rukyatul hilal) rencananya akan dilakukan dari puncak hotel Aryaduta Palembang pada 31 Juli sore, bertepatan dengan 29 Sya’ban. ”Kalau hilal terlihat, artinya besoknya mulai puasa,” beber Hambali.

Di Palembang mungkin tidak, tapi di daerah lain ada yang akan terlihat hilal. Hasil musyawarah Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah sendiri telah menetapkan awal Ramadan 1432 Hijriyah jatuh pada 1 Agustus nanti.

Sebelumnya, Ketua Tanfidziah PWNU Sumsel, H Amri Siregar MA menjelaskan, NU berpatokan pada keputusan pemerintah terkait penetapan 1 Ramadan tahun ini. ”Kita tidak menetapkan 1 Ramadan hanya dengan berpatokan pada hasil hisab. Tapi ditentukan setelah rukyatul hilal,” ujarnya belum lama ini. Nah, pelaksanaan rukyatul hilal akan dilakukan pada 29 Sya’ban. Menurutnya, Menteri Agama nantinya akan melakukan sidang isbat di Jakarta dan mengumumkan kapan umat Islam berpuasa.*sumeks

2 Tanggapan to “Hasil Hisab dan Rukyat Provinsi Sumsel sepakat Awal Puasa pada 1 Agustus”

  1. abu Naja said

    asalamu’alaikum, salam kenal. blogwalking yah ,terima kasih,wasalam

  2. ntar lagu dah masuk bulan puasa…
    siap-siap deh..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: