infokito

Portal Palembang – Jembatan informasi dari kito untuk kito bersamo

  • ahlan wa sahlan

  • Laman

  • Tulisan Terbaru

  • Arsip

  • Kategori

  • Kalender

    April 2011
    S S R K J S M
    « Mar   Jun »
     123
    45678910
    11121314151617
    18192021222324
    252627282930  
  • Tulisan Teratas

  • Statistik

    • 2,349,634 hits

Kuota Haji Sumsel Tahun 2011 Sebanyak 6360 Orang

Posted by infokito™ pada 7 April 2011

Kementerian Agama (Kemenag) menetapkan sekaligus menandatangani kuota haji 2011 bagi provinsi, kabupaten, dan kota. Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) mendapatkan kuota sebanyak 6360 jamaah . ”Menteri Agama sudah menandatangani kuota per provinsi, kabupaten, kota. Kuota untuk provinsi dan kabupaten/kota ini tinggal disosialisasikan saja,” kata Menteri Agama (Menag) Suryadharma Ali di Kantor Kemenag, Jakarta, kemarin.

Menurut Suryadharma, saat ini kuota sementara jamaah haji yang sudah pasti dan telah diterima sebesar 211.000 jamaah. Terdiri atas 17.000 untuk jamaah haji khusus dan sisanya sebanyak 194.000 untuk jamaah haji reguler. Kuota ini sama dengan kuota pada penyelenggaraan ibadah haji tahun lalu. Meski demikian, jumlah tersebut diperkirakan masih mengalami penambahan.

Mantan Menteri Koperasi dan UKM ini mengaku, Kemenag telah mengajukan permohonan kepada Pemerintah Arab Saudi agar kuota dasar haji 2011 ditambah menjadi 238 juta, dengan pertimbangan jumlah penduduk Indonesia kini sudah mencapai 237.600.000 jiwa. Angka yang diambil dari hasil penelitian Badan Pusat Statistik (BPS) ini, kata Suryadharma, jika dibulatkan menjadi 238 juta jiwa. Jumlah itu belum termasuk tambahan kuota sebesar 20.000 orang. Dengan demikian, total kuota haji yang diajukan sebesar 258 juta orang.

”Mudah-mudahan ini dikabulkan. Kita sudah sampaikan data terbaru itu, mudah-mudahan bisa dikabulkan,” tandasnya. Ketua Umum DPP Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini mengatakan, kepastian perolehan kuota haji 2011 Indonesia dari Pemerintah Arab Saudi baru dapat diketahui pada Juni 2011. Kenaikan kuota itu masih bersifat permintaan. Yang sekarang ada, ujarnya, baru 211.000 jamaah. ”Ini yang ada di tangan. Selanjutnya, nanti diminta kepada calon jamaah untuk membuat paspor, itu langkah-langkahnya,” ungkapnya.

Saat ini, kata Menag, pembuatan paspor bagi jamaah haji Indonesia sedang dalam persiapan oleh pihak imigrasi. Selain pembuatan paspor, jamaah haji yang sudah ditetapkan berangkat pada 2011 ini juga diminta untuk membayar tambahan setoran awal biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH). Meski demikian, Kemenag belum menetapkan besaran uang yang harus dibayarkan, mengingat masih dalam perhitungan. Tambahan setoran awal ini, ujar Suryadharma, dimaksudkan untuk mencegah tidak terserapnya kuota haji.

Pada 2010 sekitar 1.500 kuota tidak terserap dan tidak terpakai sama sekali. Hal ini karena ada jamaah yang tiba-tiba meninggal dunia, sakit keras atau membatalkan karena ada halangan. ”Tiba-tiba, suami-istri ada halangan, lalu suami atau istri tidak jadi berangkat, kan sayang sekali. Kita harapkan lebih awal, jadi lebih terserap. Serapannya lebih tinggi,” paparnya.

Lebih lanjut Suryadharma menyatakan, upaya pemerintah untuk meningkatkan pelayanan kepada jamaah haji Indonesia terus mengalami peningkatan. Dari laporan akhir sementara, lokasi pemondokan bagi jamaah di Ring I yang berjarak sekitar 2.000 meter dari Masjidilharam sudah mencapai 84%. Pencapaian ini naik dibandingkan penyelenggaraan haji 2010, di mana pemondokan jamaah di Ring I hanya mencapai 63%, sedangkan sisanya 27% berada di Ring II.

”Sekarang pemondokan itu sudah mencapai 84% sampai dengan hari ini, dibanding dengan tahun 2010 sudah naik. Kita harapkan tentu ada kenaikan kuota karena antrean banyak, jadi untuk mengatasi antrean itu, tidak lain hanyalah meningkatnya kuota,” ungkapnya.

Disinggung peningkatan pelayanan ini ikut meningkatkan BPIH, Suryadharma mengaku, ada potensi kenaikan terhadap dua komponen. Pertama, biaya tiket pesawat untuk penerbangan ke Arab Saudi mengingat harga bahan bakar minyak (BBM) saat ini meningkat cukup tajam. Kedua, harga sewa rumah untuk pemondokan di Mekkah dan Madinah. Meski ada potensi kenaikan, nilai rupiah terhadap kurs USD terus menguat. Pada 2010, nilai rupiah terhadap USD sebesar Rp9.300. Sedangkan nilai rupiah saat ini Rp8.700. Selisih ini diharapkan dapat menutupi potensi kenaikan tersebut.

”Tapi, apakah nanti kenaikan itu menyebabkan naiknya juga belum tentu. Ada selisih, mungkin saja dolarnya naik, tapi nilai rupiahnya turun, ada kenaikan belum tentu naik,” paparnya. Senada diungkapkan Direktur Pelayanan Haji Kemenag Zainal Abidin Supi. Menurut dia, perolehan rumah untuk pemondokan jamaah haji Indonesia sudah melebihi target yang ditentukan sebesar 80%. Pihaknya berharap, kerja keras tim pemondokan mampu mendapatkan pemondokan sebesar 100% di Ring I.

Zainal berharap, tambahan kuota yang diajukan Kementerian Agama mendapat persetujuan Pemerintah Arab Saudi sehingga antrean panjang jamaah di waiting list dapat dikurangi. Pihaknya telah menandatangani kuota jamaah haji bagi per provinsi. Jamaah haji yang berada di kabupaten dan kota sepenuhnya ditentukan oleh pemerintah provinsi masing-masing.”Kebijakan pimpinan yang antreannya panjang dikasih lebih banyak,” tandasnya.***sucipto/sindo

3 Tanggapan to “Kuota Haji Sumsel Tahun 2011 Sebanyak 6360 Orang”

  1. bunga said

    Selamat menunaikan Ibadah Haji.. bagi warga sumsel

  2. Muda mudahan th ne jamaah sumatra kan jadi haji/ja yg mabrur
    AMIN YA~RABBAL ALAMIN

  3. semoga menjadi haji mambrurr amin.
    saya mau tanya untuk kota prabumulih apa benar ada penambahan uang sebesar 7 jt per orang untuk Haji plus..kalau tidak di tambah maka calon Haji tsb tidak di berangkatkan,, mohon di jawab

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: