infokito

Portal Palembang – Jembatan informasi dari kito untuk kito bersamo

  • ahlan wa sahlan

  • Laman

  • Tulisan Terbaru

  • Arsip

  • Kategori

  • Kalender

    Maret 2011
    S S R K J S M
    « Feb   Apr »
     123456
    78910111213
    14151617181920
    21222324252627
    28293031  
  • Tulisan Teratas

  • Statistik

    • 2,349,634 hits

Kota Palembang Targetkan Bebas Bus Kota Tahun 2013

Posted by infokito™ pada 30 Maret 2011

Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang mempercepat target Kota Palembang menjadi kota bebas bus kota. Ditargetkan program tersebut sudah berjalan akhir 2013, lebih cepat tiga tahun dari target sebelumnya, yakni pada 2016.

Menurut Wali Kota Palembang H Eddy Santana Putra kepada harian sindo, dipercepatnya program ini karena pada tahun tersebut jumlah bus Transmusi sudah mencukupi untuk melayani seluruh wilayah Palembang. Sebaliknya, jumlah bus kota yang masih beroperasi sudah sedikit. “Pada 2013, paling ada di bawah 100 unit. Kalau izin trayeknya tidak kita perpanjang lagi, akhir tahun sudah tidak ada yang beroperasi lagi,”ujar Eddy.

Setiap tahun, pihaknya mengalokasikan anggaran sebesar Rp35 miliar untuk membeli sekitar 80 unit bus Transmusi berukuran besar. Dana tersebut dimasukkan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Palembang dan APBD Perubahan. Jika setiap tahun anggaran tersebut dipenuhi, diperkirakan pada 2013 sudah ada 250 unit armada Transmusi.

“Saat ini saja sudah ada sekitar 85 unit Transmusi yang melayani lima koridor yang ada, termasuk tiga koridor yang baru dioperasikan. Tahun ini akan ditambah lagi sekitar 80 unit bus Transmusi,” terangnya. Jumlah armada sebanyak 250 unit, menurut Eddy, sudah sangat ideal untuk memenuhi dan melayani kebutuhan masyarakat Kota Palembang akan jasa layanan transportasi.

Ketua DPD PDI Perjuangan Sumsel ini menegaskan, upaya penghapusan bus kota sekaligus memaksimalkan keberadaan Transmusi dilakukan semata-mata untuk menjadikan sarana transportasi Palembang ini lebih baik lagi. Sebab, selain dapat mengatur tata ruang kota menjadi tertib dan lebih baik, juga turut andil mengurangi angka pengangguran dengan memberikan peluang pekerjaan bagi masyarakat Kota Palembang.

“Program ini memberikan efek besar terhadap kemajuan Palembang. Bahkan, Palembang merupakan kota tercepat kemajuannya di bidang transportasi. Sejak satu tahun beroperasi, setidaknya ada 520 awak dan pramugara Transmusi yang mendedikasikan diri pada layanan transportasi Transmusi ini,” bebernya.

Untuk menyukseskan program ini, sambung Eddy, pihaknya juga mengajak pengusaha bus kota untuk berpartisipasi menanamkan investasinya dalam hal penyediaan bus Transmusi, dengan spesifikasi yang telah ditentukan. “Ada sebagian pengusaha bus Kota Palembang yang berminat investasi bus Transmusi. Bisa saja bus kota dibuat seperti Transmusi.Ya, tidak masalah sasis lama, tapi mesinnya harus yang baru,” tuturnya.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Palembang Masripin menjelaskan, saat ini jumlah bus kota yang masih beroperasi sebanyak 350 unit. Setiap tahun rata-rata bus kota yang mengurusi masalah izin trayek berkisar antara 80–90 unit. “Jika setiap tahun 80 unit bus tidak diizinkan trayeknya, dimungkinkan akhir 2013 rencana implementasi Transmusi terwujud,” tukasnya.

Sementara itu, Direktur Bina Sistem Transportasi (BSTP) Kementerian Perhubungan RI Elly Adriani Sinaga menyambut baik langkah Pemkot Palembang dalam memajukan transportasi massal bagi masyarakat. Dengan adanya keberadaan Transmusi, akan semakin menambah warna pilihan masyarakat mencari alternatif dalam sarana transportasi.

“Masyarakat cenderung akan memilih bus yang lebih baik, yakni Transmusi. Biasanya sistem lama kurang diminati masyarakat sehingga secara perlahan akan tergeser juga.Ya, lebih cepat lebih baik menggantikan keberadaan bus kota dengan bus Transmusi,” katanya.***darfian jaya suprana/seputar-indonesia

4 Tanggapan to “Kota Palembang Targetkan Bebas Bus Kota Tahun 2013”

  1. Semoga kota Palembang jadi ibu kota negara di tahun 2020 ^_^

  2. mukti said

    Mantabs..

  3. semoga kota empek2 menjadi kota tertib dan bersih

  4. Fidelia said

    Hi! Quick question that’s entirely off topic. Do you know how to make your site mobile friendly?
    My website looks weird when viewing from my apple iphone.
    I’m trying to find a template or plugin that might be able to correct this
    problem. If you have any recommendations, please share.
    Appreciate it!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: