infokito

Portal Palembang – Jembatan informasi dari kito untuk kito bersamo

Perbaikan Ampera Telan Rp29 Miliar

Posted by infokito™ pada 24 Desember 2010

Pemerintah menganggarkan dana Rp29 miliar untuk memperbaiki Jembatan Ampera pada 2011. Perbaikan utama dilakukan pada dua pilar tengah (fender) jembatan yang kondisinya makin memprihatinkan.

Kepala Satuan Nonvertikal Tertentu Preservasi Jalan dan Jembatan Metropolitan Dirjen PU Bina Marga Aidil Fiqri mengatakan, perbaikan dua pilar tengah dilakukan untuk menjaga ketahanan jembatan. Pasalnya, posisi dua pilar tersebut sudah bergeser akibat berulang kali ditabrak kapal.

“Dari APBN dianggarkan dana sebesar Rp29 miliar untuk perbaikan Ampera. Dari jumlah tersebut, Rp15 miliar – Rp20 miliar digunakan untuk perbaikan fender agar kerusakannya tidak bertambah parah,” ujar Aidil di Palembang kemarin.

Dua pilar utama tersebut akan dicor ulang, terutama di bagian yang retak. Bahan cor beton didatangkan langsung dari Shanghai, China. Selain memperbaiki fender, dana akan digunakan untuk merawat dan memperbaiki seluruh bagian jembatan. “Saat ini kita masih menghitung dana yang akan digunakan untuk masing-masing perbaikan. Petugas juga sedang melakukan pengecekan terhadap kerusakan sehingga apa saja yang perlu dilakukan perbaikan. Dengan begitu, setiap yang rusak semua dapat ditanggulangi,” tukasnya.

Menurut Aidil, anggaran yang disiapkan untuk perbaikan Ampera masih jauh dari cukup. Berdasarkan penelitian konsultan Jepang pada 2006, dana perbaikan bisa mencapai Rp250 miliar. “Dengan dana tersebut akan dilakukan rehab total. Namun, karena dengan pertimbangan dana sebesar itu sama dengan biaya pembangunan satu jembatan, usulan itu dibatalkan,” imbuhnya.

Tidak hanya untuk perbaikan Ampera, jelas Aidil, pada 2011 pihaknya masih terus berusaha menyelesaikan pembangunan jembatan kembar Keramasan. Pasalnya, untuk 2010, pembangunan telah selesai dilakukan dan akan menyusul pada anggaran 2011. Begitu juga dengan pembangunan jembatan Timur Ogan dan lainnya. Kemudian, pihaknya juga melakukan perbaikan jalan negara yang rusak dan berlubang. Umumnya kerusakan disebabkan usai musim hujan.

“Jalan berlubang sudah kita tutup. Umumnya kerusakan tidak terlalu parah hanya lubang kecilkecil sisa musim hujan. Kerusakan tersebut sudah kita data dan juga ada yang sudah ditambal,” tukas dia.

Pengamat konstruksi Universitas Sriwijaya (Unsri) Palembang Dr Anis Saggaf mengatakan, memang jika kasat mata, terjadinya korosi pada pelindung tiang menara Jembatan Ampera tidak berbahaya. Akan tetapi, jika terus dibiarkan, akan membuat baja penyangga Ampera ikut mengalami korosi. Untuk itulah, pemerintah kiranya segera melakukan perbaikan Jembatan Ampera agar tetap kokoh.

“Tiang utama menara Jembatan Ampera adalah baja. Baja sangat rentan terjadinya korosi jika terkena air hujan bercampur tanah. Untuk itulah, besi pengaman yang keropos kiranya dapat segera diperbaiki. Terlebih, yang dikhawatirkan banyak masyarakat yang membuang sampah dan air yang mengandung garam pada tiang tersebut sehingga membuat kerusakan makin cepat,” ujar Pembantu Rektor (Purek) III Unsri ini. (yayan darwansah/sindo)

4 Tanggapan to “Perbaikan Ampera Telan Rp29 Miliar”

  1. asslmkm wong kto galo..smoga palembang bnyk perubahan di masa mendatang.agar para investor slalu hadir di kota kto

  2. zulkifli said

    Aku setuju kalo jembatan kebanggaan wong kito itu di perbaiki,,,, biar anak cucu kito tau sejarahnyo

  3. mukti said

    cakmano dgn rencana jembatan yg di kuto besak ye..jadi dak. Kalo dak salah namonyo Musi III..

  4. pudji santoso said

    jembatan ampera menjadi Plat form kota palembang,kalau kawasan ampera mau di jadikan tujuan pariwisata.mohon pada Bpk gubernur setempat merealisasikan pembuatan hotel bintang 4/5 dengan nama AMPERA RESORT HOTEL.Dgn rancangan yang sudah kami buat Baru 10% krena kehahabisan dana dgn beberapa team ARTCO STUDIO palembang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: