infokito

Portal Palembang – Jembatan informasi dari kito untuk kito bersamo

  • ahlan wa sahlan

  • Laman

  • Tulisan Terbaru

  • Arsip

  • Kategori

  • Kalender

    Desember 2010
    S S R K J S M
    « Nov   Jan »
     12345
    6789101112
    13141516171819
    20212223242526
    2728293031  
  • Tulisan Teratas

  • Statistik

    • 2,348,261 hits

KA Ekonomi Naik Menjadi Rp 18.000

Posted by infokito™ pada 20 Desember 2010

Harga tiket Kereta Api (KA) kelas ekonomi naik dari Rp 15.000 menjadi Rp 18.000 per orang. Perubahan harga tiket itu diberlakukan per 1 Januari 2011.

“Sebenarnya rencana kenaikan harga tiket ekonomi ini sudah sejak lebaran lalu. Namun, baru akan direalisasikan per 1 Januari nanti,” kata Kepala Stasiun Besar Kertapati Fakhmi kepada harian SINDO, kemarin.

Menurut dia, kenaikan harga tiket ekonomi tersebut akan berlaku untuk tujuan Palembang-Lubuk Linggau maupun Palembang-Tanjung Karang. Kenaikan harga tiket kelas ekonomi ini mengacu pada surat yang dikeluarkan manajemen kereta api pusat di Bandung.

“Kenaikan tarif ini sangat wajar dan tidak terlalu memberatkan pengguna kereta api. Tentunya, kenaikan ini tidak akan berdampak pada menurunnya jumlah pengguna jasa kereta api,” ujarnya.

Dengan adanya kenaikan tarif tersebut, beber dia, pihaknya jelas akan semaksimal mungkin memberikan pelayanan kepada pengguna jasa kereta api, sehingga pengguna nyaman, aman, dan selamat sampai tujuan.

Sementara untuk tarif kereta api kelas bisnis masih berlaku harga lama. Harga tiket bisnis pun sangat bervariasi mulai dari Rp70.000, untuk kereta Limex Sriwijaya tujuan Tanjung Karang, dengan jadwal keberangkatan pukul 21.00 WIB. Sedangkan kereta api bisnis hari biasa Rp60.000 per orang. Begitu juga untuk harga tiket eksekutif malam Sabtu dan Senin sebesar Rp120.000 per orang, dan hari biasa sebesar Rp90.000 per orang.

Untuk kereta api Sindang Marga khusus kelas eksekutif keberangkatan malam Sabtu dan Senin sebesar Rp120.000 per orang, dan bisnis Rp60.000 per orang. Sedangkan hari biasa kereta api eksekutif Rp75.000 per orang dan kelas bisnis Rp45.000 per orang.

Selain itu, di akhir tahun ini, PT KA juga berencana akan menambah dua gerbong kereta kelas bisnis untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan penumpang. Kendati pun demikian, pihaknya tetap memberlakukan harga tersebut dengan mengacu pada harga ekonomi.

“Diprediksi lonjakan penumpang baru akan terjadi pada H-4 akhir tahun nanti. Kami juga membuka posko dengan menyiagakan tenaga medis hingga informasi data yang diperlukan penumpang kereta api. Mudah-mudahan dengan pelayanan yang diberikan ini dapat memberikan kepuasan kepada penumpang,” tuturnya.

Dalam keadaan normal, lanjut dia, pihaknya hanya menyediakan sekitar enam gerbong untuk tujuan Palembang-Lubuk Linggau dan Palembang-Tanjung Karang. Enam gerbong kereta yang disiapkan, diantaranya lima gerbong kereta api kelas ekonomi berkapasitas masing-masing 102 bangku (seat), dan satu kereta makan dengan kapasitas 34 seat.

Kepala PT KAI Devisi Regional (Divre) III Sumbagsel Budi Noviantoro melalui Humas PT KAI Divre III Sumbagsel Hebson membenarkan adanya kenaikan harga tiket kereta api kelas ekonomi tersebut.

“Kenaikan harga tiket ekonomi itu berlaku untuk jarak minimum dan maksimum, baik tujuan Palembang-Lubuk Linggau maupun Palembang-Tanjung Karang. Melihat dari kondisi saat ini, sudah sepatutnya harga tiket kereta api ekonomi naik,” terangnya.

Saat ini, kata dia pihaknya tengah melakukan pengecekan kelaikan jalan kereta api mulai dari Tarahan hingga Muaraenim dengan mengangkut muatan batubara. Jika dalam pengecekan ini terdapat bantalan rel yang rusak, secara otomatis akan langsung diganti.

“Langkah kami dengan melakukan pengecekan kelaikan jalan rel adalah semata-mata untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi pengguna jasa kereta api,” ujarnya.***(darfian jaya suprana/sindo)

2 Tanggapan to “KA Ekonomi Naik Menjadi Rp 18.000”

  1. maria said

    Di Indonesia apasih yang g naik setiap tahunnya. Tarif KA naik tidak apa-apa asalkan diimbangi dengan peningkatan kualitas, layanan, dan keamanan.

  2. andika said

    ini berita kapan sih …(20 Des 2010 ) ..kok gak sesuai dengan kenyataan .kalau gak salah sampai hari ini tarif KA ekonomi palembang – lbk linggau masih Rp 15.000,- ( 17 maaret 2012 ) soalnya hampir seminggu sekali kami naek kereta tsb …..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: