Megalit Ditemukan di Sungai Selangis

Batu megalit berbentuk kerbau ditemukan di sekitar Sungai Selangis Dusun Jambatakar, Kelurahan Ujanmas, Kecamatan Dempo Utara, Kota Pagaralam, Jumat (26/11).

Batu yang ditemukan warga Jambatakar di Sungai Selangis dalam posisi seperti seekor kerbau yang sedang berbaring dengan kaki terlipat, tepat berada di dalam air. Warna batu megalit itu putih kemerah-merahan dengan ukuran dua kali dari seekor kerbau umumnya.

“Meskipun bentuknya masih terlihat jelas tapi dua tanduk sudah patah dan beberapa bagian tubuhnya sudah tertutup rumput,” kata Arfan, warga setempat.

Bahkan saat ini akibat tidak ada upaya mengangkat batu itu, posisinya terus bergeser terbawa arus sungai apalagi saat banjir bandang. Batu tersebut berukuran tinggi dua meter lebar 1,5 meter dengan besar dua kali ukuran kerbau.

“Tempat penemuan batu megalit itu merupakan belukar di pinggir sungai. Namun karena banyak warga kurang paham kalau batu tersebut bernilai sejarah sehingga tidak ada yang merawatnya,” katanya.

Ia berharap pemerintah setempat secepatnya mengambil langkah untuk menyelamatkan puluhan bahkan ratusan megalit yang sudah ditemukan dan kondisinya kini kurang terawat.

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata dan Senibudaya, Syafrudin mengatakan, memang cukup banyak batu megalit yang berhasil ditemukan di daerah Pagaralam.

“Sebagian sudah dilakukan pendataan dan termasuk upaya melestarikanya dengan memagar keliling, namun sebagian lagi masih terbentur dana,” katanya. (ant)

Tinggalkan komentar