infokito

Portal Palembang – Jembatan informasi dari kito untuk kito bersamo

  • ahlan wa sahlan

  • Laman

  • Tulisan Terbaru

  • Arsip

  • Kategori

  • Kalender

    September 2010
    S S R K J S M
    « Agu   Okt »
     12345
    6789101112
    13141516171819
    20212223242526
    27282930  
  • Tulisan Teratas

  • Statistik

    • 2,348,261 hits

Sriwijaya Orchid akan Menjadi Taman Anggrek Terbesar di Sumsel

Posted by infokito™ pada 22 September 2010

Kelompok Tani Rukun Setia berencana membuat taman anggrek species observasi terbesar di Sumatera Selatan. Namanya Sriwijaya Orchid yang dibangun di atas tanah seluas 1 hektare. Taman anggrek ini berlokasi Jl Taqwa Mata Merah RT 026 Kelurahaan Sei Selincah, Kecamatan Kalidoni. “Taman anggrek ini akan dipenuhi oleh 200 varietas anggrek asli asal Sumsel yang hampir punah dengan status dilindungi,” kata Suhendi Adi Wilaga pemilik lahan taman anggrek ini, Senin (20/9) lalu kepada harian Sumeks.

Kepunahan spesies anggrek ini disebabkan oleh pembukaan hutan untuk kepentingan pemanfaatan lahan, dengan tidak memperhitungkan Keanekaragaman Hayati. Kondisi kerusakan diperparah dengan maraknya illegal logging yang telah merambah ke dalam kawasan-kawasan konservasi, dan kejadian kebakaran hutan yang berlangsung setiap tahun dengan luasan yang sangat besar, mengancam keanekaragaman hayati Indonesia sangat terancam. ”Maka, saya bersama kelompok tani rukun setia berinisiatif membuat taman anggrek terbesar di sumsel dengan tujuan sebagai tempat konservasi dan wisata anggrek,” ujarnya.

Menurutnya, kini taman anggrek tengah dalam tahap pengerjaan untuk infrastrukturnya baik kondisi jalan masuk ke taman dan sanitasi air di sekitar taman ini. Ia telah menghabiskan dana Rp 60 juta untuk biaya pembebasan lahan seluas 1 hektare, yang menjadi lokasi taman anggrek ini. ”Saya menargetkan pengerjaan lokasi taman anggrek akan selesai Oktober. Namun, taman anggrek akan beroperasi sebelum pelaksanaan SEA Games XXVI tahun depan,” cetusnya.

Ia pun menjelaskan, telah menerima bantuan dari Pusat Pengembangan Hortikultura Pengembangan Sumsel Rp20 juta tahun ini. Namun demikian, ia telah memerincikan bahwa pembangunan taman anggrek diperkirakan menelan dana sebesar 300 juta. ”Biaya ini, bukan hanya untuk pembangunan lokasi taman anggrek sekaligus untuk membuat kultur jaringan berupa laboratorium untuk penelitian anggrek,” paparnya.

Adapun jenis koleksi anggrek yang akan menunggu taman anggrek ini, meliputi Phalaenopsis, Dendrobium, Gramatopphyllum, Coelogyne, Cymbidium. Jenis anggrek ini, tergolong varietas yang hampir punah. ” Semua jenis anggrek ini dilindungi, maka tidak bisa dijual belikan,” sebutnya.

Dijelaskan Suhendi, selama ini banyak pecinta anggrek lebih menyukai anggrek dari luar yakni pulau Jawa, Kalimantarn, Papua dan Sulawesi. Padahal potensi anggrek asli Sumsel sangat besar dan baik. Perlu diketahui, disebutnya, bahwa ¾ spesies anggrek berada di kawasan Provinsi Sumsel. ”Semoga, taman anggrek mampu melestarikan varietas anggrek asli sumsel terutama yang hampir punah. Sehingga, anak cucu kita juga dapat menikmati keindahan tanaman anggrek ini,” ungkapnya.

Sementara itu, Lurah Sei Selincah Abdul Gani SSos, menyambut baik rencana ini. Hal ini pastinya, berdampak baik demi kemajuan kawasan ini agar lebih dikenal oleh daerah lain. Walaupun lokasi Kelurahaan Sei Selincah di pinggir Kota Palembang tapi akan menjadi lokasi taman anggrek terbesar di Provinsi Sumsel yang akan berfungsi sebagai tempat observasi anggrek sekaligus tempat wisata.

“Pastinya, kondisi ini akan berdampak segera dilakukannya perbaikan infrastuktur di kawasan ini. Untuk memberi kenyamanan para pengunjung yang datang dari Palembang maupun luar untuk menikmati wisata anggrek ini,” pungkasnya.*(mg26/sumeks)

3 Tanggapan to “Sriwijaya Orchid akan Menjadi Taman Anggrek Terbesar di Sumsel”

  1. dimas said

    ada lowongan pekerjaan ga? untuk nanganin aangggerk..

  2. mukti said

    Love it…

  3. Antok , Fotografer said

    Rencana/niat ini sangat bagus, mengingat untuk kelangsungan hayati tanaman khas Sumsel khususnya Anggrek
    dengan harapan generasi penurus kita nanti masih bisa menyaksikan jenis tanaman Anggrek tidak hanya melihat keindahan
    foto Anggrek.
    Secara pribadi saya interes dengan rencana bapak/ibu, kalau diijinkan saya minta alamat komplitnya, telp atau alamat lain,
    saya pengen juga tuk main2 ke lokasi, semoga terlaksana semuanya dan bisa maju, terima kasih

    Antok

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: