infokito

Portal Palembang – Jembatan informasi dari kito untuk kito bersamo

Tiket AKAP Naik 60 Persen

Posted by infokito™ pada 29 Agustus 2010

Jelang Lebaran Idulfitri, angkutan antar-kota antar-provinsi (AKAP) mulai menyiapkan armada tambahan. Mengantisipasi melonjaknya arus mudik diperkirakan mulai meningkat awal September mendatang. Harga tiket pun dipastikan mengalami kenaikan. Bahkan, mencapai 60 persen lebih.

Seperti di PO Sari Harum, Jl Kol H Barlian, Km10. Tanggal 1 September mendatang, perusahaan telah mengambil kebijakan menaikan harga tiket tujuan Bandung hingga Rp290 ribu, dari harga normal Rp230 ribu. Sedangkan tujuan Jakarta yang normalnya mencapai Rp185 ribu, naik hingga Rp240 ribu.

Nah, tanggal 7 September nanti, harga tiket tujuan Bandung naik lagi menjadi Rp390 ribu, sedangkan tujuan Jakarta dipatok Rp330 ribu. Hanya saja, pengakuan Febri (29), ticketing PO Sari Harum, kenaikan harga tiket tidak berpengaruh pada pemesanan.

Terhitung tanggal 7 September hingga satu minggu usai lebaran, 80 persen tiket sudah dipesan. Lonjakan penumpang sendiri menurutnya sudah terjadi. Dari dua bus diberangkatkan tiap hari, kini PO Sari Harum harus menambah satu bus tambahan. “Kalau penumpang bertambah kita siapkan satu lagi sehingga ada empat bus yang operasional. Tentang kenaikan harga tiket memang belum ada Surat Edaran (SE) dari Dishub. Kita hanya mengikuti kebijakan perusahaan pusat di Bandung. Sesudah Lebaran, tiket ke Bandung bisa mencapai Rp500 ribu,” ujar Febri kepada koran SUMEKS kemarin (28/8).

Lonjakan penumpang sendiri tidak terlihat di PO Kramat Djati, Km12. Keterangan Della (23), ticketing Kramat Djati, penumpang tujuan Bandung masih normal. Termasuk pemesanan tiket belum terlalu ramai. Della memprediksi, lonjakan bakal terjadi mulai tanggal 1 September nanti berbarengan libur sekolah dan gajian para PNS dan karyawan swasta. Kenaikan harga tiket sendiri diperkirakan hanya mencapai 25 persen.

Sedangkan Travel IMI tujuan Jambi, berlokasi di Jl Kol H Barlian Km 10, tampaknya tidak akan menaikkan harga tiket. “Tahun lalu kami tidak menaikkan tiket. Tahun ini tampaknya juga tidak. Kalau tiket dinaikkan dan masih diburu orang, itu karena terpaksa saja,” ujar Hasan (21), ticketing travel IMI.

Penumpang kereta api (KA) sendiri masih terbilang normal, baik di kelas eksekutif, bisnis serta ekonomi. Namun, khusus tiket KA eksekutif-bisnis, dijual online melalui agen resmi PT KAI, mulai tanggal 4 hingga 9 September sudah habis dipesan (full booked). Harga tiket KA eksekutif bisnis sendiri mengalami kenaikan sekitar 30 persen, mulai tanggal 3 hingga 19 September. “‘Tahun ini lebih ramai pemesanan tiketnya. Belum libur sekolah, tiket sudah mulai terjual,” ungkap Nila, ticketing PO Musi, Jl Merdeka.

Kepala Humas PT KAI Divre III Sumsel, Drs H As’ad Sayuti menambahkan, tiket KA eksekutif-bisnis bukannya habis terjual seluruhnya. Sebanyak 50 persen tiket masih dijual di stasiun sebelum pemberangkatan. Berbeda dengan penjualan di agen yang membuka penjualan 30 hari sebelum pemberangkatan.

Mengantisipasi lonjakan penumpang, PT KAI lanjut Sayuti menyiapkan gerbong tambahan. Banyaknya gerbong, disesuaikan jumlah penumpang. Karena, gerbong tambahan digunakan merupakan gerbong KA yang sedang tidak digunakan. Diistilahkannya seperti “bongkar pasang”.

Bagaimana arus mudik penyeberangan Pelabuhan Boom Baru tujuan Bangka? Hingga kemarin belum terjadi lonjakan. Junaidi (53), mualim dua kapal Sumber Bangka yang sudah bekerja selama 17 tahun di PT Sumber Bangka, mengatakan, lonjakan penumpang saat ini biasanya terjadi dari Bangka menuju Palembang. Usai Lebaran, warga Palembang yang tinggal di Bangka, ramai kembali pulang menuju Bangka. “Saat ini, tiap hari ada dua kapal berangkat menuju Bangka. Kapal Sumber Bangka 6 dan Express Bahari 8. Kalau nanti me-lonjak, masih ada empat kapal dari Sumber Bangka dan Express Bahari yang siap dioperasionalkan,” tandasnya. (wwn/SUMEKS)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: