infokito

Portal Palembang – Jembatan informasi dari kito untuk kito bersamo

April, Tabung Tiga Kilo Bisa Dikredit

Posted by infokito™ pada 22 Maret 2010

Antisipasi kelangkaan persediaan gas rumah tangga, Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas Bumi (Hiswana Migas) bekerja sama dengan pihak bank bakal mengucurkan dana pinjaman untuk pembelian tabung gas tiga kilogram secara kredit. Target, April program tersebut mulai berjalan.

“Program kredit tabung konversi minyak tanah (mitan) ke gas itu, sudah berjalan di Jakarta. Sekarang menyasar ke Palembang,” ungkap Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Hiswana Migas, Mohammad Nur Adib kepada wartawan di Hotel Aryaduta kemarin.

Menurut dia, bank menyiapkan dana Rp1,7 triliun untuk pelaksanaan program tersebut se-Indonesia. Masing-masing, Bank Rakyat Indonesia (BRI) Rp1,5 triliun dan Bank Permata Rp200 miliar. Nantinya, dana tersebut dikucurkan lewat distributor atau agen gas tiga kilogram. Per agen bisa mendapatkan kucuran pinjaman Rp400-1,5 miliar. “Kalau berapa besarnya dana yang dikucurkan ke agen, nanti dilihat terlebih dahulu ke agen yang mengajukan.”

Mengenai siapa yang berhak membeli tabung gas tiga kilo, kata Adib, prioritas warga kurang mampu atau penerima program konversi mitan ke gas. Namun, terangnya, tidak menutup kemungkinan warga berekonomi menengah juga bisa mendapatkan program tersebut. Tinggal lagi, distributor atau agen harus pandai mendatanya secara betul-betul apakah memang warga tersebut layak mendapatkan program tersebut atau tidak.

Tak hanya itu, agen pun harus mengenal dan mengetahui secara pasti, baik itu latar belakang ekonomi dan alamat tempat tinggal si penerima kredit tabung gas. Pasalnya, meski tidak membayarkan sejumlah uang jaminan, warga penerima kredit tabung gas tiga kilo wajib membayar kredit pembelian tabung gas tiga kilo sebesar Rp5 ribu setiap bulannya. “Jatah kredit tiga tahun.” Uang setoran dari warga, kembali disetorkan agen ke bank bersangkutan untuk membayar dana pinjaman yang diterima.

“Nah, kalau agen tidak tahu siapa yang diberi, bagaimana mau nagihnya?” terang Adib. Ia menambahkan, agen atau distributor harus mematuhi aturan dan menyetorkan uang tersebut ke bank. Pasalnya, bila agen tadi melanggar dan tidak membayarkan dana pinjaman, pihaknya tidak segan-segan memberikan sanksi. “Kita stop DO (delivery order)-nya,” tegas Adib. DO adalah surat jalan untuk membuat transaksi pengiriman barang. Itu artinya, terang Adib, jika DO-nya distop, agen atau distributor tidak dapat memesan tabung atas gas lagi. “Nah, kalau setorannya sudah dibayar, nanti baru bisa DO lagi,” tukasnya.

Masih menurut Adib, dengan program tersebut diharapkan kelangkaan pasokan gas rumah tangga khususnya tabung tiga kilo dapat tertanggulangi. Bila selama ini masing-masing rumah tangga hanya mempunyai satu tabung, maka dengan program tersebut setidaknya per rumah tangga mempunyai satu tabung atau lebih.

Di tempat yang sama, Ketua DPD Hiswana Migas Sumsel Junaidi didampingi Sekretarisnya, Nina Hikmah mengatakan, kebutuhan gas Palembang saat ini sekitar 215 ribu paket tabung dan gas perminggu. Itu artinya, kebutuhan selama sebulan atau empat minggu sekitar 600 ribu paket.

Mengenai program kredit tabung gas tiga kilo, terang Nina, pihaknya berharap Provinsi Sumsel bisa mendapatkan kucuran Rp200-300 milliar. Dengan dana tersebut, akan ada penambahan 1,5 hingga 2,3 juta tabung tiga kilogram. “Mudah-mudahan dalam waktu dekat, sekitar April program ini sudah bisa berjalan.”

Junaidi menimpali, ia berharap pemprov Sumsel dan kota Palembang tidak memberikan ruang gerak bagi pihak asing terutama untuk penyaluran atau distribusi produk public service obligation (PSO) atau produk bersubsidi seperti mitan dan premium. Alasannya, jika itu diberikan, maka tingkat keuntungannya bisa ke luar negeri. (mg13/sumeks)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: