infokito

Portal Palembang – Jembatan informasi dari kito untuk kito bersamo

  • ahlan wa sahlan

  • Laman

  • Tulisan Terbaru

  • Arsip

  • Kategori

  • Kalender

    Maret 2010
    S S R K J S M
    « Feb   Apr »
    1234567
    891011121314
    15161718192021
    22232425262728
    293031  
  • Tulisan Teratas

  • Statistik

    • 2,387,870 hits

Israel Caplok Dua Masjid

Posted by infokito™ pada 2 Maret 2010

Israel terus menebarkan permusuhan terhadap umat Islam. Negara zionis itu telah mencaplok dua masjid—tempat ibadah umat Islam—yang berada di kawasan permukiman Tepi Barat, Palestina. Kedua masjid yang dicaplok Israel itu adalah Masjid Ibrahimi di al-Khalil (Hebron) dan Masjid Bilal di Bethlehem.

Pekan lalu, Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, memasukkan nama kedua masjid bersejarah bagi umat Islam itu ke dalam daftar 150 situs bersejarah milik Yahudi. Rencananya, kedua masjid itu akan direnovasi untuk kemudian di klaim sebagai bagian dari sejarah Yahudi.

Pencaplokan dua masjid milik umat Islam yang dilakukan Israel itu telah menuai reaksi keras dari Organisasi Konferensi Islam (OKI) dan UNESCO (badan PBB yang menangani masalah pendidikan, ilmu pengetahuan, dan kebudayaan).

OKI menilai, tindakan Israel yang mencaplok dua masjid itu sebagai tindakan haram dan ilegal. ”OKI mendesak kepada badan-badan internasional untuk memaksa Pemerintah Israel mencabut keputusan yang agresif dan tak bertanggung jawab itu,” papar OKI dalam pernyataan sikapnya yang dibacakan Ja’afari Bashar dari Suriah. Secara
khusus 57 negara anggota OKI membahas pencaplokan dua masjid itu di Markas Besar PBB di New York.

“Direktur Jenderal UNESCO sangat mengkhawatirkan sikap Israel yang memasukkan dua masjid yang berada di kawasan permukiman Palestina dalam Program Warisan Nasional Israel,” demikian bunyi pernyataan UNESCO dalam laman resminya. UNESCO khawatir, upaya Israel itu akan meningkatkan eskalasi ketegangan di kawasan itu.

Pemerintah Israel mencaplok dua masjid itu setelah mendapat tekanan dari kelompok sayap kanan di negara itu.
Sebelumnya, Perdana Menteri Israel, Benyamin Netanyahu, tak memasukkan nama kedua masjid itu ke dalam daftar warisan nasional Yahudi.

Masjid Ibrahimi dibangun umat Islam pada 635 M dan menjadi salah satu tempat ibadah Muslim pertama di Palestina. Tapi, ekstremis Yahudi mengklaim dua masjid itu termasuk sejarah warisan Yahudi. Upaya Israel itu telah memicu kemarahan dan kecaman dunia. Israel dinilai telah merusak upaya perundingan damai dengan Palestina.

Uni Eropa menyesalkan kebijakan Israel yang mencaplok dua masjid itu. Kepala Kebijakan Luar Negeri Eropa, Chaterine Ashton, menilai, upaya Israel itu telah merusak upaya perundingan damai dengan Palestina. “Uni Eropa menyerukan kepada Israel agar menahan diri dari tindakan provokatif,” papar Ashton. Isreal pun telah menentang seruan Presiden AS, Barack Obama, untuk menghentikan pembangunan permukiman Yahudi di Tepi Barat dan al-Quds (Yerusalem Timur).

Sayangnya, tak ada sanksi serius dari dunia internasional terhadap Israel. Jumat (27/2) lalu, kepongahan Israel ditunjukkan dengan menentang desakan masyarakat internasional lewat pengumuman rencana pembangunan 600 unit permukiman baru di al-Quds. Amerika Serikat dan Uni Eropa hanya bisa mengecam tanpa menjatuhkan sanksi terhadap tindakan ilegal yang dilakukan Israel itu.***islamonline/heri/republika

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: