infokito

Portal Palembang – Jembatan informasi dari kito untuk kito bersamo

  • ahlan wa sahlan

  • Laman

  • Tulisan Terbaru

  • Arsip

  • Kategori

  • Kalender

    Februari 2010
    S S R K J S M
    « Jan   Mar »
    1234567
    891011121314
    15161718192021
    22232425262728
  • Tulisan Teratas

  • Statistik

    • 2,348,261 hits

Tembok Masjid Al-Aqsa Retak

Posted by infokito™ pada 12 Februari 2010

Retakan terjadi di Masjid Al-Aqsa. Khususnya, di tembok bagian utara masjid. Al-Aqsa Foundation for Endowment and Heritage meng ingatkan bahayanya retakan itu, yang disebabkan penggalian oleh Israel di sekitar masjid tersebut.

Berdasarkan laporan saksi mata yang diperoleh lembaga itu, retakan terjadi di daerah wudhu. ”Retakan itu panjangnya mencapai tujuh meter. Setiap hari, retakan melebar karena penggalian terus berlangsung,” demikian pernyataan lembaga itu, Selasa (9/2).

Menurut lembaga itu, penggalian di bawah sekolah Al-Omaria yang berbatasan dengan Masjid Al-Aqsa, terutama tembok bagian utara masjid, akhir-akhir ini mengalami peningkatan. Debu-debu juga berhamburan akibat penggalian itu. Pada saat yang sama, Israel membawa kayu lapis dalam jumlah banyak ke area tersebut. Mereka melakukannya melalui pintu luar yang menuju terowongan tembok bagian barat.

Al-Aqsa Foundation for Endowment and Heritage juga mengingatkan umat Islam akan kondisi ini. ”Kami mendesak Muslim, komunitas Arab, dan Palestina untuk segera bertindak menyelamatkan Al-Aqsa,” jelas lembaga tersebut. Mereka menambahkan, penggalian yang dilakukan Israel di dekat wilayah masjid merupakan bagian integral serangan terhadap masjid.

Mereka mengungkapkan, aktivitas penggalian memang terus mengalami peningkatan di wilayah kota tua di Yerusalem. Peringatan yang sama juga telah disampaikan oleh Syekh Tamimi, yang merupakan ketua hakim Islam di wilayah otoritas Palestina, pada Januari 2010 lalu.

Tamimi mengatakan, Masjid Al-Aqsa mengalami keretakan di bagian dindingnya yang disebabkan penggalian oleh Israel di bagian bawah masjid tersebut. Menurut dia, banyak Yahudi ekstremis dan tentara Israel yang juga keluar masuk area penggalian itu. Termasuk, sebanyak 50 mahasiswa dari fakultas arkeologi di universitas-universitas yang ada di Israel, yang melakukan penelitian di wilayah tersebut. Ia khawatir retakan-retakan ini akan membuat masjid akan runtuh.

Tamimi pun mendesak Muslim di dunia dan negara-negara Arab memiliki kepedulian terhadap kondisi ini. Mereka diharapkan mampu mendesak Israel agar menghentikan penggalian yang menyebabkan keretakan pada dinding-dinding masjid.

Salah seorang ulama, Syekh Raed Salah, yang dikutip Islamonline, beberapa waktu lalu, mengatakan penggalian yang dilakukan Israel di bawah Haram al-Sharif di Al-Quds atau Yerusalem Timur, memang mengancam keberadaan
Masjid Al-Aqsa. ”Penggalian tepat di bawah Haram al-Sharif yang terus dilakukan, membahayakan stabilitas fondasi Al-Aqsa. Selama ini, Israel mengabaikan protes yang dilayangkan oleh negara-negara Arab dan Muslim terkait penggalian ini,” ungkap Salah.

Salah telah lebih 25 tahun secara terus-menerus mengamati penggalian yang dilakukan Israel itu. Di sisi lain, jelas dia, Israel juga telah berkoordinasi dengan kelompok-kelompok pemukim Yahudi, untuk menggali terowongan melintasi kota tua.

Israel, ujar Salah, menyatakan terowongan itu merupakan proyek untuk para wisatawan yang tak akan membahayakan tempat-tempat suci umat Islam. Namun, sejumlah warga Palestina dan sejumlah organisasi Israel, termasuk Israeli Comitte Againts House Demolition tak mempercayainya.

Mereka yakin bahwa tujuan penggalian itu adalah menciptakan rute akses untuk menyerang Al-Aqsa dan tempat-tempat ibadah umat Islam lainnya. ”Saya yakin fondasi Masjid Al-Aqsa menjadi sangat lemah akibat penggalian itu,” katanya.

Salah mengatakan, orang tak harus menjadi arsitek yang sangat mahir untuk menyadari semua itu. ”Saya telah melihat banyak lubang dan retakan di seluruh area,” katanya. Ia menyatakan, sebuah sekolah di Silwan, dekat wilayah masjid, sebagian telah roboh akibat penggalian.■ Ferry Kisihandi/Republika

2 Tanggapan to “Tembok Masjid Al-Aqsa Retak”

  1. agung sunrize said

    terlaknatlah engkau israel
    semoga ALLAH membalasmu.

  2. andhina said

    astagfirullah..

    Allah sll d dlm hati org2 yg melakukan kebaikan..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: