infokito

Portal Palembang – Jembatan informasi dari kito untuk kito bersamo

  • ahlan wa sahlan

  • Laman

  • Tulisan Terbaru

  • Arsip

  • Kategori

  • Kalender

    Januari 2010
    S S R K J S M
    « Okt   Feb »
     123
    45678910
    11121314151617
    18192021222324
    25262728293031
  • Tulisan Teratas

  • Statistik

    • 2,349,634 hits

Waroeng Legenda Tinggal Legenda?

Posted by infokito™ pada 14 Januari 2010

Sudah beberapa bulan Waroeng Legenda yang sempat menjadi ikon kota Palembang tak lagi menawarkan menu sedap masakannya. Waroeng tersebut terapung-apung di Sungai Musi tanpa aktivitas. Akankah Waroeng Legenda tinggal Legenda?

Nama Waroeng Legenda meroket sekitar tahun 2008. Ketika itu Palembang sedang gencar-gencarnya melaksanakan program Visit Musi 2008. Orang begitu senang mencoba menyantap makanan di rumah makan terapung itu sambil diayun-ayun ombak sungai Musi.

Waroeng Legenda mempunyai kapasitas 200 pengunjung saat ini terdiam membisu sejak Oktober 2009. Warung terlihat kumuh, banyak ditempeli enceng gondok. Dari lima rakit yang menjadi tempat berdirinya Waroeng Legenda, dua unit rakit yang merupakan tempat berlangsungnya pentas kesenian sangat tak terawat, kaca jendela pecah, pintu masuk yang hancur dan lepas. Hanya telihat warga yang sedang memancing di atas Waroeng tersebut. Demikian seperti diberitakan oleh harian Sriwijaya Post.

Andika, (23) yang setiap hari memancing di lokasi ini turut menyesalkan dengan kondisi waroeng yang hanya terapung dan tak terawat sampai saat ini. “Kalau biso diurusi lagi, dan juga diperbaiki, sayang jingokla cak ini,” jelas Andika kepada harian Sripo.

Waroeng yang dulunya salah satu tempat wisata kuliner yang menyajikan menu makanan khas Palembang ini selalu bersinar di malam hari. Waroeng ini juga dulunya menjadi salah satu tujuan para warga Palembang maupun wisatawan asing yang ingin makan dan menikmati keindahan sungai Musi secara langsung. Waroeng ini merupakan salah satu aset peninggalan karena strukturnya berupa Rumah Rakit khas Kota Palembang yang masih menjadi kebanggaan sampai saat ini.

Kepala Sub Bagian (Kasubag) Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Drs Habson MM yang dihubungi mengatakan Waroeng Legenda memang sedang tahap perbaikan. Aset kota Palembang itu direnovasi untuk mendapatkan hasil yang lebih baik. “Tinggal penyerahan berita acara dari kontraktor ke Dinas Pariwisata,” katanya.

Selanjutnya, Pemkot akan memutuskan nasib dari Waroeng Legenda. “Termasuk posisinya tetap di SU I atau dipindahkan dan siapa yang bakal mengelolanya. Kita belum tahu,” ujar Habson. (mg7/sripo)

3 Tanggapan to “Waroeng Legenda Tinggal Legenda?”

  1. nanadh said

    waduh…sedih juga dengernya…
    kenapa harus tunggu hancur dulu baru dibenerin…
    ampuuuunnnn

  2. TERIMAKASIH INFORMASI DAN TULISANNYA. KUNJUNGI JUGA SEMUA TENTANG PAKPAK DAN UPDATE BERITA-BERITA PAKPAK BHARAT DI GETA_PAKPAK.COM http://boeangsaoet.wordpress.com

  3. Edianto said

    Waaah websitenyo keren nian….
    O yo pak Admin boleh minta tolong dak? kalu boleh ini hp aku +6285664684947 aku ndak nanyo caro bikin website.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: