infokito

Portal Palembang – Jembatan informasi dari kito untuk kito bersamo

  • ahlan wa sahlan

  • Laman

  • Tulisan Terbaru

  • Arsip

  • Kategori

  • Kalender

    September 2009
    S S R K J S M
    « Agu   Okt »
     123456
    78910111213
    14151617181920
    21222324252627
    282930  
  • Tulisan Teratas

  • Statistik

    • 2,348,261 hits

DPRD Sumsel Siap Borong Mobil Mewah

Posted by infokito™ pada 29 September 2009

Sekretariat DPRD Sumsel saat ini bersiap memborong sejumlah mobil yang bisa dikategorikan mewah untuk jajaran pimpinan, baik ketua dan wakil ketua, serta ketua komisi. Mobil tersebut akan diserahkan begitu pimpinan DPRD Sumsel 2009-2014, ketua dan tiga wakil ketua, diresmikan sekitar pertengahan Oktober 2009. Untuk Ketua DPRD Sumsel yang baru, difasilitasi mobil dinas jabatan berupa Toyota Alphard. Sedangkan tiga wakil ketua dewan mendapatkan mobil dinas jabatan berupa Ford Everest.

Sekretaris DPRD Sumsel Sofyan Machmud yang ditemui harian Sripo menjelaskan, mobil Toyota Alphard tersebut yang dipergunakan ketua dewan berkapasitas mesin 2.500 cc, bukan yang berkapasitas mesin 3.500 cc. “Sesuai dengan ketentuan Mendagri, jadi mobil ketua tidak melebihi 2.500 cc. Memang dari spesifikasi mobil Toyota Alphard ada yang sampai 3.800 cc. Tetapi kita ambil yang 2.500 cc sesuai dengan ketentuan,” ujarnya, Senin (28/9). Demikian pula mobil untuk para wakil ketua dewan dibatasi hingga yang berkapasitas 2.400 cc sesuai dengan aturan.

Dari proses pengadaan yang dilakukan, diputuskan oleh Sekretariat DPRD Sumsel mobil adalah Ford Everest untuk para wakil ketua. Sementara dari penelusuran di internet, untuk satu unit mobil Toyota Alphard harganya dapat mencapai Rp 1,1 miliar lebih. Namun dengan kapasitas mesin yang lebih kecil, harga mobil Alphard berkisar Rp 806 juta hingga 906 juta per unitnya. Sedangkan untuk Ford Everest, harga mobil berkisar antara Rp 323 juta hingga mencapai Rp 403 juta per unitnya.

Mobil dinas jabatan untuk periode yang baru ini berbeda dari periode sebelumnya. Periode 2004-2009 untuk ketua adalah Toyota Land Cruiser (LC) dan tiga wakil ketuanya diberikan Nissan Terrano Kingsroad. Menurut Sofyan, LC tidak boleh lagi sebagai mobil dinas jabatan mengingat kapasitas mesin diatas ketentuan yang berlaku. Sedangkan berdasarkan daftar harga, untuk New Land Cruiser 200 Automatic Diesel dengan spesifikasi standar mencapai Rp 1,9 miliar lebih. Untuk New Land Cruiser 200 Automatic Diesel spesifikasi utuh (full spect) mencapai Rp 2,1 miliar lebih.

Menurut anggota DPRD Provinsi dari PDI Perjuangan sekaligus sebagai salah satu calon yang akan mengisi kursi wakil ketua dewan, M Aliandra Gantada, kendaraan itu sudah sesuai peruntukannya. Pengadaan mobil yang dilakukan oleh Sekretariat DPRD Sumsel sudah sesuai dengan aturan yang berlaku. “La cocok lah itu. Aturannyo memang cak itu,” ujar Gantada yang dihubungi.

Kemungkinan pemberian fasilitas dinas jabatan tersebut mengundang kritik masyarakat, Gantada menyatakan sebaiknya jangan sampai protes-protes masyarakat terjadi. Ia yakin proses sebelum pemberian fasilitas sesuai aturan. “Jangan sampai ada protes. Kan itu semua ada aturannya,” ujar dengan santai.

Untuk mobil dinas jabatan DPRD Sumsel, selain diberikan kepada pimpinan dewan juga diberikan kepada ketua komisi. Sofyan menjelaskan bahwa Sekretariat DPRD Sumsel menyiapkan mobil Kijang Innova untuk mobil dinas jabatan ketua komisi. Jumlahnya disesuaikan dengan jumlah komisi yang diperkirakan sebanyak lima komisi yang akan dibentuk.

Selain mobil, para pimpinan dewan diberi fasilitas rumah dinas jabatan. Untuk ketua dewan rumah dinas jabatan terletak di Jalam Demang Lebar Daun, bersebelahan dengan Griya Agung. Sedangkan para wakil rumah dinas jabatan terletak di seberang rumah dinas jabatan ketua dewan. “Untuk para pimpinan dewan karena sudah mendapatkan rumah dinas jabatan, tidak lagi diberikan tunjangan perumahan,” katanya.(sgn)

4 Tanggapan to “DPRD Sumsel Siap Borong Mobil Mewah”

  1. Rizal said

    Saya merasa sangat2 prihatin di saat sebagian besar rakyat Indonesia masih hidup dibawah garis kemiskinan dan katanya Pemerintah masih kekurangan dana untuk memakmurkan rakyat, kok ya masih bisa-bisanya menghamburkan uang rakyat untuk membeli mobil semacam Alphard dan Ford Everest yg harganya diatas 500 juta – 1 milyar ? Kenapa tdk beli saja mobil2 yg harganya paling mahal 200 juta-an gitu. Apa mobil2 yg digunakan wakil rakyat sebelumnya sdh rusak dan tdk layak lagi ?

    Jadi tolong pihak Sekretariat DPRD atau DPR jangan menyakiti rakyat dg menghambur-hamburkan uang dari pajak rakyat !

  2. fitri said

    Ya… harus disesuaikan dengan amanah yang ada,,,, jangan cuma mengambil fasilitasnya,,,aja,, ,وتخونوا أمانتكم وأنتم تعلم

  3. Hendra Wijaya said

    feed back bagi masyarakat ap yg bisa di berikan????
    lebih baik mobil standar aj,,sisa ny kan bisa untuk pembangunan kota Palembang tercinta, memperluas lapangan kerja,,dan lain2….
    for wakil rakyat…..>>>
    ap kah anda bisa menjalankan amanah itu……..I don’t think so….

  4. Terimakasih atas Tulisan dan informasinya. Kunjungi juga semua tentang Pakpak di GETA_PAKPAK.COM http://boeangsaoet.wordpress.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: