infokito

Portal Palembang – Jembatan informasi dari kito untuk kito bersamo

  • ahlan wa sahlan

  • Laman

  • Tulisan Terbaru

  • Arsip

  • Kategori

  • Kalender

    September 2009
    S S R K J S M
    « Agu   Okt »
     123456
    78910111213
    14151617181920
    21222324252627
    282930  
  • Tulisan Teratas

  • Statistik

    • 2,348,814 hits

Sehari 3 Ton Pempek Dikirim Keluar Palembang

Posted by infokito™ pada 9 September 2009

Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang mengirimkan tiga ton pempek per hari senilai Rp 150 juta (asumsi Rp 50 ribu per kilogram pempek), ke Jakarta. Padahal lebaran masih sekitar dua minggu lagi, tetapi peningkatan pengiriman sudah terlihat.

Pempek juga mendominasi di antara barang-barang lainnya yang dikirimkan ke Jakarta melalui SMB II. “Kenaikan jumlah paket barang pengiriman pempek di tahun ini sudah tampak di minggu kedua Ramadan. Per hari kiriman paket pempek saja mencapai 2,5 – 3 ton,” kata General Manager (GM) PT Angkasa Pura II Bandara Int’ SMB II Palembang, Yon Sugiyono didampingi Kepala Kargo Bandara SMB II,  Sudirno W, Senin (7/9).

Menurutnya, di hari-hari biasanya jumlah pengiriman pempek ke luar kota terutama ke Jakarta hanyalah sebanyak lima ton saja. Diperkirakan jumlah angka pengiriman pempek akan meningkat lagi di H-7 hingga H-3 lebaran. “Peningkatannya bisa mencapai delapan persen dari delapan ton perhari,” imbuhnya.

Menurutnya, peningkatan jumlah pengiriman pempek dan juga barang lainnya menjelang lebaran tidak akan mempengaruhi jadwal penerbangan yang ada. Hanya saja hingga saat ini sudah ada dua maskapai penerbangan yang sudah resmi mengajukan extra flight (jadwal penerbangan tambahan). Dua maskapai tersebut adalah Garuda Indonesia dan Lion Air. Sedangkan, beberapa maskapai lainnya belum mengajukan extra flight.
Mei Mei, pemilik Toko Pempek Candy samping Hotel Anugerah Jl Jend Sudirman Palembang membenarkan adanya peningkatan penjualan. “Memang ada peningkatan penjualan tetapi animo pembeli tidak seramai tahun lalu,” kata Mei Mei. Menurutnya, peningkatan jumlah pembelian pempek terutama untuk pengiriman ke luar kota akan lebih terlihat meningkat pada H-10.
Mei Mei menambahkan saat ini harga pempek yang dijual di tokonya mengalami kenaikan harga. Paket termurah yang biasanya dijual dengan Rp 60 ribu naik menjadi Rp 75 ribu. “Saat ini harga ikan naik, tepung juga naik,” imbuh Mei Mei. Menurutnya, bahan baku pembuatan pempek yang sulit dicari. Sehingga wajar saja kalau  harga jual pempek pun mengalami kenaikan.

Sementara itu karyawan Pempek Noni, Nita mengatakan peningkatan penjualan pempek di bulan Ramadan tahun ini belum terlihat. “Sepertinya belum terlalu ramai yang beli pempek, biasanya seminggu menjelang lebaran baru ramai,” kata Nita. (cw6/sripo)

5 Tanggapan to “Sehari 3 Ton Pempek Dikirim Keluar Palembang”

  1. grandchief said

    banyak banget…..ke jawa juga ya

  2. Jangn lupa kirim juga ketangerang yah?

  3. elindasari said

    Wah-wah ternyata pempek sudah jadi makanan nasional yach, apalagi untuk orang Jakarta, pempek sudah bukan hal yang asing, krn rasanya yang begitu menggoda…makyus dech🙂

    Best regard,
    Bintang

  4. oput said

    oiiii dulur2.. tolong infonyo..
    alamat warung/restoran pempek “asli palembang” yg ado d jakarta, depok, bekasi ‘n sekitarnyo..

    soale, la 4 taun lebih aq tinggal dsini tapi belom nemu pempek ‘n cuko yg rasonyo samo nian cak d palembang.
    padahal namo restorannyo samo nian cak yg ado di palembang (dak boleh sebut merek yee, gek laju ado yg tesinggung. neman nak belago d blog ini.. hehe)
    pempek-nyo kurang maknyuss.. cuko-nyo manis, dak ado pedes2nyo (dak siru amen makan pempek tapi dak keringetan.. hahha)
    apo memang rasonyo sengajo dibedain dgn yg d palembang yee.. mengikuti selera wong jakarta..???

    mangkonyo selamo ini amen aq ngidam pempek, lebih milih mintak dikirim langsung dari palembang b.
    rasonyo pas nian sm lidah wong kito.. hahahahaha

    mokasih sebelomnyoo..

  5. tapi heran jugo mang, bahan baku kalu menurut aku yang paling bagus ikan gabus, nah ikan ini sudah sudah mencarinyo kalau adopun mahal, memang pempek menggoda.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: