infokito

Portal Palembang – Jembatan informasi dari kito untuk kito bersamo

Warga Tanjungbatu Butuh Listrik

Posted by infokito™ pada 26 Agustus 2009

Sebagian penduduk Tanjungbatu, Kecamatan Tanjungbatu, Kabupaten Ogan Ilir (OI) saat ini masih menggunakan lampu teplok untuk penerangan di malam hari. Sementara beberapa perkambungan dan desa tetangga sudah menikmati listrik PLN. Pantauan harian Sripo di lapangan, Selasa (25/8) beberapa rumah warga di sekitar desa ini belum memakai listrik, hingga masih menggunakan lampu teplok. Hal ini disebabkan jauhnya jarak rumah warga dengan kabel induk listrik PLN, sehingga diperlukan biaya besar untuk pemasangan jalur baru. Apalagi jarak dari satu rumah ke rumah lainya rata-rata mencapai 200 hingga 500 meter.

Liswati (35) salah satu warga di Jalan Bure RT 18 Kelurahan Tanjungbatu mengeluhkan rumah yang baru ditempatinya saat ini belum juga terpasang listrik. “Sebenarnya listrik sudah masuk, namun belum sampai ke rumah kami, untuk memasang listrik yang mahalnya kami harus membeli kabel sepanjang 500 meter, yang per meternya seharga Rp 25 ribu. Alasannya di sini warga masih sedikit yang bermukim. Terus terang kami tidak ada uang untuk beli kabel yang diminta petugas PLN,” kata Wati.

Dikatakannya, selama ini untuk menerangi rumahnya tidak ada jalan lain kecuali memakai lampu templok yang jelas menggunakan bahan bakar dari minyak tanah. “Untuk masuk ke sini sekitar 400 meter hingga 500 meter, kami disuruh beli kabel baru bisa terpasang. kalau di total harganya sekitar Rp 15 juta
biaya yang mesti kami keluarkan,” ungkap penduduk RT 18 Kelurahan Tanjungbatu itu. Kondisi yang sama diungkapkan Paidi (62). Warga berharap jaringan listrik PLN dapat dibangun masuk ke pemukiman yang belum tersentuh listrik. (st1/sripo)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: