infokito

Portal Palembang – Jembatan informasi dari kito untuk kito bersamo

Ribuan Warga Nonton Bidar

Posted by infokito™ pada 18 Agustus 2009

Meski perayaan HUT ke-64 di kampung-kampung sepi, perayaan yang dipusatkan di Plaza Benteng Kuto Besak berlangsung meriah. Ribuan warga kumpul di BKB menyaksikan beragam perlombaan dan acara hiburan yang diadakan Pemkot Palembang. BKB jadi titik lokasi sentral Agustusan tahun ini.

Lomba bidar prestasi yang diikuti 13 peserta membius warga metropolitan dan yang datang dari daerah, seperti Ogan Ilir, OKI, Banyuasin, dan Muba. “Lokasi kegiatan yang berada di kawasan Jembatan Ampera menambah menarik dengan adanya perlombaan ini,” kata Andi Wijaya Busro, sekretaris perayaan HUT Ke-64 RI Kota Palembang.

Ratusan warga berpanas-panasan menikmati kemeriahan suasana dari atas Jembatan Ampera. Sungai Musi jadi lebih berwarna oleh 29 perahu hias utusan kecamatan di Palembang, BUMN, BUMD, dan instansi pemerintahan kab/kota di Sumsel. Bahkan hingga seluruh acara berakhir warga masih enggan meninggalkan Plaza BKB meski jarum jam sudah menunjuk pukul 17.30.

Anton (39), warga Betung, Banyuasin, yang mengajak serta istri dan anaknya mengaku sudah merencanakan ikut momen peringatan HUT Kemerdekaandi BKB sejak jauh hari. “Tahun lalu kami tidak nonton, untunglah sekarang bisa ke BKB. Saya rasa hari ini sangat meriah dan gembira,” katanya.

Lomba bidar selalu sukses menyedot animo masyarakat. Apalagi di BKB Pemkot Palembang juga mengadakan hiburan rakyat panjat pinang. Ada tiga pohon yang diperuntukkan orang dewasa dan dua pohon untuk anak-anak. Hadiah yang disediakan untuk dewasa lumayan menggiurkan, seperti Televisi, HP, dispenser, uang tunai Rp 250 ribu, dan hadiah hiburan lainnya. Sementara kelompok anak-anak memperebutkan hadiah berupa sepeda, uang tunai Rp 250 ribu, alat-alat tulis dan hadiah lainnya.

Pecundangi Duo OI

Tim Pertamina akhirnya menjuarai lomba bidar dalam rangka HUT RI ke-64 di perairan Sungai Musi. Pertamina berhasil mengalahkan dua peserta asal Ogan Ilir (OI) yang menempati posisi kedua dan ketiga. Sementara Indomie harus puas di posisi buncit.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Palembang, Baharuddin Ali mengatakan, tahun ini lomba bidar sedikit berbeda dari tahun sebelumnya. Ia menamainya, bidar tradisional. Perbedaannya terletak dari jumlah penumpang yakni 52 orang. Selain itu, lomba diikuti peserta dari daerah seperti OI dan Desa Suka Darma dan Desa Tanjung Ali. Selain lomba bidar, Pemkot Palembang juga menggelar Festival Perahu Hias. (cr2/ahf/sripo)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: