infokito

Portal Palembang – Jembatan informasi dari kito untuk kito bersamo

Napal Berlapis Seperti Emas

Posted by infokito™ pada 18 Agustus 2009

Warga Desa Batupanceh, Kecamatan Tebingtinggi dikejutkan oleh penemuan napal berlapiskan seperti emas. Demikian temuan salah satu warga, Marzuki (30) yang sedang menggali sumur di sebelah rumahnya. Peristiwa heboh ini pun sampai ke Bupati Empatlawang, H Budi Antoni Aljufri.

Marzuki yang dibincangi Sripo di kediamannya, Jumat (14/8), laporan yang mengatakan dia menemukan bongkahan emas itu tidak benar, karena dia menemukan napal yang lapisannya seperti emas. “Bukan bongkahan emas, tapi napalnya berlapisan kekuningan, sehingga kami menduga lapisan itu merupakan kadar emas,” ujarnya seraya memperlihatkan napal yang berlapiskan seperti emas hasil galian sumurnya.

Pengamatan Sripo, memang napal berwarna keabu-abuan yang telah pecah menjadi bongkahanbongkahan kecil terdapat lapisan kekuning-kuningan. Hampir semua pecahan napal yang tidak begitu keras namun tidak juga lembut itu ada lapisan kekuningan.

Lanjut Marzuki, napal mulai di temukan di kedalaman galian sumur sekitar delapan meter, sedangkan sebelumnya masih berupa tanah dan bebatuan. “Karena diduga itu emas kamipun melaporkan ke kades,” ujarnya seraya menambahkan, mereka menghentikan penggalian karena telah menemukan mata air.

Warga pun mulai ramai untuk menyaksikan secara dekat penemuan napal seperti berlapis emas itu. “Kalau kita lihat dari dekat memang tampak seperti emas. Namun, belum bisa dipastikan itu memang mengandung kadar emas atau tidak,” ujar Bahari (42) yang mengaku telah enam tahun bekerja di bagian eksplorasi di perusahaan terkenal Freeport.

Kades Batupanceh, Sukeri (30) membenarkan, adanya penemuan lapisan yang diduga mengandung emas tersebut. “Kita lihat saja hasilnya setelah dilakukan penelitian lebih lanjut,” ujarnya. Sementara itu, Bupati Empatlawang H Budi Antoni Aljufri, SE, MM mengatakan, pihaknya akan meneliti lebih dulu kebenarannya mengenai temuan tersebut. (st2/sripo)

4 Tanggapan to “Napal Berlapis Seperti Emas”

  1. marsen said

    Emas biasanya berada didaerah lembah yaitu Emas sekunder.

    sedangkan Emas sekunder yang kadar nya lebih tinggi berada didaerah perbukitan .,,.,
    cukup dengan mengukur Ph dan kadar Mercuri yang terdapat didalam air dan tanah maka akan diketahui ada atau tidaknya unsur emas.

    itu beberapa cara untuk mengidentifikasi Logam mineral.
    terima kasih

  2. marsen said

    Emas biasanya berada didaerah lembah yaitu Emas sekunder.

    sedangkan Emas Primer yang kadar nya lebih tinggi berada didaerah perbukitan .,,.,
    cukup dengan mengukur Ph dan kadar Mercuri yang terdapat didalam air dan tanah maka akan diketahui ada atau tidaknya unsur emas.

    itu beberapa cara untuk mengidentifikasi Logam mineral.

  3. komet said

    nyela nian itu mungkin nian di tebeng ade emas

  4. komet said

    nyela nian mungkin di tebeng tinggi kota ade emas anyot

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: