infokito

Portal Palembang – Jembatan informasi dari kito untuk kito bersamo

Pendaftaran CPNS Sumsel September Mendatang akan Terima 140 Honorer

Posted by infokito™ pada 17 Juli 2009

Penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) Provinsi Sumatera Selatan serentak September mendatang. Menurut Sekda Drs H Musyrif Suwardi HN MM, kuota CPNS tahun 2009 ini mengalami penurunan dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Ini terkait dengan anggaran yang harus disiapkan oleh pemerintah untuk membayar gaji PNS.

“Budgeting salah satu yang memberatkan karena menjadi beban pemerintah. Makanya kuota untuk kita tahun ini khususnya dari pelamar umum sedikit berkurang,” jelas Musyrif, kemarin. Khusus honorer yang diangkat tahun ini sebanyak 140 orang dari total 200-an. “Sisanya, sekitar 60 orang lagi bakal diangkat tahun 2010.”

Kata sekda Sumsel itu, masuk dalam pengangkatan para sekretaris desa (sekdes). Hanya saja, mulai tahun ini tidak ada lagi penerimaan tenaga honorer. Pendek kata, pemerintah tinggal menghabiskan pengangkatan tenaga honorer dalam database yang tersisa. Sayang, belum diketahui persis berapa kuota CPNS seluruh daerah di Sumsel. Ini karena masing-masing kabupaten/kota sudah mengurus administrasi. Tidak lagi tersentral ke provinsi.

Lanjutnya, penerimaan CPNS tahun ini didominasi tenaga teknis dan fungsional. Antara lain, dokter, paramedik dan tenaga pendidik/pengajar. Nah, syarat agar bisa lulus menjadi PNS tak hanya lulus tahapan seleksi. Namun berbagai kelebihan dari CPNS pun menjadi pertimbangan. “Di antaranya mungkin ada yang lulus sarjana cumlaude atau punya prestasi di tingkat nasional dan internasional. Itu menjadi penilaian tersendiri,” bebernya.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sumsel Drs Muzakir mengatakan, Pemprov Sumsel telah mengajukan formasi CPNS kepada pusat. Dalam formasi itu, diajukan 300 CPNS dari kalangan umum. Sementara dari tenaga honorer yang tersisa dan belum diangkat sekitar 220 orang. Namun, belum diketahui berapa kuota pasti untuk tahun ini. Muzakir sendiri hingga kemarin masih mengikuti rapat di Jakarta.

Sebelum ini, ia menyatakan, seiring dengan diterapkannya program sekolah gratis dan berobat gratis di Sumsel, maka kebutuhan tenaga kesehatan dan guru masih dominan. Kedua layanan dasar itu perlu tenaga andal di bidang masing-masing. Pada penerimaan CPNS 2008, Pemprov Sumsel mendapatkan jatah 217 orang dari pelamar umum. Setelah melalui empat tahapan tes, kuota tersebut hanya terpenuhi 202. Sebanyak 15 formasi, kosong karena tidak ada pesertanya atau ada peserta tapi tidak memenuhi syarat.

Saat itu, ada tiga daerah yang menerapkan sistem seleksi empat tahap yakni Pemprov Sumsel, Muba dan Palembang. Mulai tahun ini, seluruh kabupaten/kota di Sumsel akan menerapkan sistem serupa. Ini dimaksudkan untuk menjaga kualitas PNS yang nantinya diterima. “Untuk pemprov sendiri, kita mulai menerapkan sistem online. Lamaran peserta cukup dikirim via web hingga tak harus memadati kantor Pos lagi,” tukasnya.(sumeks)

180 Tanggapan to “Pendaftaran CPNS Sumsel September Mendatang akan Terima 140 Honorer”

  1. naz said

    Barangkali ada yang butuh, ada blog yang jual cd latihan CPNS, katanya udah pernah dicoba taun kemaren cuma belajar yang di cd bisa lolos CPNS, ga ada salahnya dicoba.
    ni blognya http://cdcpns.wordpress.com/2009/01/13/cd-latihan-cpns/

    • kiki said

      leh juga tu

      • kapan sisa kami honorer database dari kota parabumulih dihabiskan

      • darmawan said

        KISAH SUKSES jadi PNS di lingkungan Pemerintahan Kota Jakarta
        Assalamu Alaikum wr-wb, Saya ingin berbagi cerita kepada anda, Bahwa dulunya saya ini cuma seorang guru Honorer sekolah Dasar di Cilincing Kota Jakarta Sudah 10 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS. saya sudah 3 kali mengikuti ujian tdk pernah lolos sama sekali, bahkan sempat membayar 50jt, hasilnya nihil saya sempat putus asa, namun teman saya memberikan. No tlp Bpk Drs. Zarhan Ariyadi STAFF DEPUTI PENGADAAN DAN KEPANGKATAN PNS yang bekerja di BKN pusat Jl. Letjen Sutoyo No. 12 Jakarta timut 13640.
        saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim berkas saya melalui email, Sebulan kemudian saya sudah ada panggilan Ke BKD , alhamdulillah SK saya akhirnya keluar, itu adalah KISAH NYATA dari saya, jika anda ingin seperti saya Hubungi saja Bpk Drs. Zarhan Ariyadi STAFF DEPUTI PENGADAAN DAN KEPANGKATAN PNS BKN pusat. no Hp beliau: 0812-9826-7771 siapa tau beliau masih mau membantu.terima kasih

  2. Imam WAHYUDI said

    Assalammualaikum Wr.Wb,
    Salam Sejahtera untuk reader untuk rubrik ini.

    Sampai terakhir penerimaan CPNS masih dibilang kurang fear, mengapa??
    karena hampir lebih dari 50%, CPNS yang diterima adalah orang-orang yang sudah “dititipkan”,
    ini sudah merupakan rahasia umum, dan selebihnya kemungkinan fear.
    Kita berharap untuk penerimaan CPNS selanjutnya dapat lebih sportif walaupun harus bertahap.

    terima kasih, dan salam sejahtera

    imam wahyudi-Plaju

    • ari pratama said

      sudahlah memang memang itu bukan nasib kamu terima ajalah. kalo masalah titipan itu wajar karna dia pernah mengabdi tuk sumsel kalo kamu apa pretasi yang pernah kamu sumbang tuk sumsel. tq

      • Veronica said

        Prestasi macam apa????korupsi, kolusi atau nepotisme….
        he..he…

      • Marthin said

        saya sangat tidak mendukung masalah titipan dibilang wajar, itu mengecilkan arti sportifitas…kalo mau bersaing, bersaing aja secara sehat…oke coy….salam kenal

      • Pungky said

        bro, apa orang yang dititipin juga punya prestasi????kasih ks4an bagi yg mampu otaknya bukan yang mampu dlm hal materi!!!!!!!!!!!!!

      • Feri ramadanus said

        Kalau di bilang titipan itu wajar itu sangat tidak benar, lagian pejabat yang mengabdi yang kamu bilang tadikan mereka dapat gaji, lagian siapa suruh meraka jadi pejabat, kan mereka yang ingin, jadi saatnya la sekarang kita rubah kebiasaan KKN. mari kita berkompotisi secara sehat dan adil yang ber hak adalah orang-orang yang pantas dan punya kemampuan, agar Negara kita ini bisa berubah dari keterpurukan.

      • Ridho said

        Sabar semuanya, dunia memang tidak adil kelak dipadang masyar ada keadilan yg sesungguhnya…. Rosulullah S.A.W pernah bersabda” Yang menyogok dan yang disogok tempatnya sama sama dineraka ” sebagian besar mereka yg lulus PNS menyogok…. dan mendzolimi mereka2 yg melamar dgn murni.. Rezeki Allah bkn hanya jadi PNS masih banyak yang lain..

      • Gembus said

        cak itulah klo wong yang dibesake samo hasil duit korupsi jadi sampe 7 keturunanpun pasti fikirannyo nak nyogok tula, pasti kauni lulus sd be nyogok jugo ye… malu2ke be, lebih baik kautu nyebur ke banyu musi sano biar bersih dikit otak kautu dr fikiran nyogok.

      • rudy said

        orang titipan itu tidak punya kualitas sama sekali hanya mengandalkan uang bagaimana negeri ini bisa maju kalau kalau dipimpin orang macam ini,semoga diakhirat kelak orang-orang yang menyogok dan disogok akan menerima balasan yang setimpal krn mereka telah menzolimi orang lain

      • ucy said

        ayunda saya seorang bidan PTT
        yang bertugas d dese terpencil
        sudah 4tahun lamanya
        saat ini dia mengeluh
        bahwa dia kesulitan untug mendaftarkan dirinya
        di data base

      • jabon said

        Titipan…. inilah budaya yang sudah mengakar di negeri kita yang jadi penghalang untuk maju…

      • ckckckckckckck kebiasaan buruk ingat kita hidup hanya sebentar akhirat menunggu dan kamu akan mempertanggung jawabkan perbuatanmu kami yg mendaftar dengan murni tidak ikhlas dengan keberhasilan mu dan semoga uang yg kamu dapatkan tidak akan membuat kamu bahagia amiiiiinnnn

    • yudho pers said

      hati2 kalo ngomong…………. bro, sombong nian siapo nian titipan kau..? berarati u penerus KKN………

    • devy evalinda said

      bener ,, seharusnya klo mau bersaing harus bersaing dgn sehat ,,, ne malah mendulukan titipan yg maaf2 kata kadang2 gak sesuai dgn kualitas n kuantitas yg di miliki dirinya,,

  3. harri said

    TES CPNS
    ??????
    Tes CPNS sampai saat ini belum bisa dikatakan benar2 bersi dari yang namanya..(tau sendirilah).
    entah sampai hal ini akan terjadi
    kalo aku sendiri gak berharap banyak setiap mengikutin tes CPNS
    saran tu semua, bila di Butuhin 3orang untuk satu jurusan kita bisa berandai yang kita perebutkan dengan peserta lain paling 1 atau pun gak ada karna kita disana kadang cuma buat ngeramein
    tapi siapa tau semua berubah krn izin yang diatas,,,,,,

    • ari pratama said

      kalo kamu gak merasa berhasil tuk masuk pns gak usah daftar or ikut kan gampang. selesa kan. salam

      • Marthin said

        pak ari pernah merasa gagal atau punya perasaan simpati nggak ke orang lain????

      • Pungky said

        kampank kau bro!!!!!

      • Pungky said

        kampang kau bro

      • densus 88 said

        woy ari pratama setan uong utan….mugo be orang kayak kau ni masuk nerako dak usah keluar2….beduit nian apo kau….makmano nak maju bangsa man isi masyarakatnyo cak kau….dasar beruk….setan….ngomong bae kau tu buyan….pengen masuk PNS tapi dak pacak besaing karena otak kau sebesak kacang tanah….semoga uong cak kau dak pernah sukses n melarat sepanjang hidup kau….amin…..GOO SPORTIFITAS…!!!!! NO KKN

      • rehan said

        wahai saudaraku ari pratama yang dimuliakan Tuhan.. apa seperti itu pemahaman anda tentang penerimaan Pns. atau memang anda adalah bagian dari Pns yang masuk lewat jalur KKN, dari hati nurani apa setuju anda kalu Pns ini diisi oleh orang2 yang kemampuan akademis / prestasi nol. sistem rekruitmen Pns hanya berdasarkan titipan pejabat dengan dukungan materi.anda bisa lihat 20 tahun lagi.. negara akan bangkrut. tapi kalu Pns diisi oleh orang2 yang mempunyai kemampuan akademis / plus prestasi dan pintar.. pasti negara ini akan maju.

    • eryant meri said

      jgn menyerah kwn trs lah berusaha,kl qta mau berusaha psti ada jln.buktinya aq dan adikku kami sdh 3 kl gagal dlm tes PNS dan Alhamdulilah stlh tes yng ke4 kmi sma2 lu2s,Demi 4JJ kmi berdua tdk pake dekeng,tdk mengeluarkan uang sm skli.aq hrp kwn2 yg ingin ikut tes PNS ini jgn menyerah yakin lah msh ada 4JJ yg mendengarkan do’a qta.

      • kokbisa said

        bener tuh, alhamdulillah aku jg lulus cpns formasi umum di salah satu komisi, tanpa kenal dan tanpa uang 1 Rp pun….alhamdulillah kalau kita terus berusaha dan berdoa msh ada jalan untuk org2 spt kita…semangat Friend…

  4. ardiyansyah said

    saya yakin penyelenggaraan tahun ini akan lebih baik dari tahun kemarin saya yakin dan saya percaya. semuanya lancar dan saya yakin bisa lulus karena saya sudah persipkan diri dengan baik. amin. mohon doanya….

  5. Harfiansyah said

    saya mau bertanya
    kapan sistem online untuk cpns dibuka?

  6. sistem untuk cpns memang agak sulit bila harus betul-betul idealis,,mhon dsi beritahukan kapan mulai di buka dan kapan on line,,,jika telah di buka dan online mhon kami di beri informasi melalui e-mail kami (sup_po2n@yahoo.com)

  7. Anton said

    kabarkan ke email saya kalo sudah benar pendafataran telah dibuka, trims

  8. Kasih info ya klo dah penerimaan cpns….

  9. Awansyah said

    Dicoba saja mengikuti Tesnya,,,
    jangan tak berharap, dan harapanpun jangan terlalu tinggi, artinya siap menang, siap kalah. Yang terpenting sudah ada syaratnya, ikut tes, berdo’a, dan tawakal…

  10. ahmed said

    Mudah2an pendaftaran cpns dengan sistem online gak kayak pt.Pusri,mo daftar aja susah,pa lg…?kadang emang bener cpns kebanyakan untuk orang yg punya kebun lebar,rumah panjang&banyak,da bnyak contoh barang didepan mata,tapi yaa..yang namanya adu nasib sapa tau rekening nyasar jadi lulus deeh..kl da buka tlg infonya jg ke email ahmad.rani78@yahoo.com wassalam

  11. moeslem smile said

    dak usah dipkerke gino yg murni dak murni tu..
    yg penting kito b’usha smaksimal mungkin..
    allah yg kasi jalan kagek,klw dak berhasilpun??
    berarti allah sudah siapin yg terbaek dari itu smua,
    jd hrus positif be pikirn kito…
    setiap kejadian pasti ada hikmanya yg dk disangka2!!!
    !!!
    yakinbe pasti ad jalan buat hamba2 yg tak kenel putus asa..

  12. fajar heri said

    ass, yang jelas gak bisa dipungkiri katanya tes cpns melalui 4 tahapan, di propinsi atau di kabupaten katanya murni itu sama saja bohooooooooog belakang!, kenapa saya bisa bicara seperti ini karena pengalaman saya waktu tes cpns 2008 kemaren banyak yang masuknya lewat belakang alias uang.atau bisa disebut keluarga ampi ( anak, menantu, pamili). kalo murni ya murni broooo

  13. Jimmi Pakoriba said

    Pak, klo pendaftaran CPNS sumsel 2009 ud dibuka, tlng dikirim ke email saya ya Pak, terima kasih

  14. Try_adit said

    Ass, ktanya september ini ada pendaftaran cpns y pak?
    Tlong kalau ada ksih tau saya ya pak lewat email saya..
    Trimakasih

  15. mia said

    kalau tes cpns nya dah mo mulai ….tolog kasih informasi yaa ke email saya

    trimakasih

  16. Duta 2009 said

    Kirim ke email aq yo men lah dibuka pendaftaran cpns

  17. Ni gW di LiNtank Empat Lawang…!!! KapaN ya tesT CpNs di KabuPaten kami… tahuN 2008 lalu aku dah IkuT TesT CPNS, tapi aku NEDO LuluS,, nah..!!! bagI TeMan2 or KanCo2 nYo dah bacO ini, toloNg do’ai aku Lulus Seleksi tahUn ini…!!! mInta tOlong Nian.. SANGI KERUANI SANGI KERAWATI… EMPAT LAWANG EMASSSSSS…..!!!!

    • ahmed said

      cpns liwat bada qto u ngamperi nyo ado kebon libar,uma 4,5 lai,nyo katek dada inyo bae,hehehe2..pis man, I love U full,tapi ado jugo nyo naseb ilok la idang taon milu tes”tetap” …?banyak2 bdoa ..hehe2 salam kenal

    • Gembus said

      bayu kaban keruan dewek klu di bada kito ru klu katek duit nek mungkin lulus, nenghag2 ado tarif untuk S1 min 70jt, D3 60jt cuman klu kaban ado duit tontoti bae pejabat minta tolong luluskan mungkin be pacak lulus.

  18. ass info penerimaan cpns khusus kesehatan 2009 mohon diberitahukan tgl berapa….. beserta syarat ya ap aj……
    semoga tahun ini jurusan repraksi optisi cpns ya diperbanyak dari tahun2 sebelumnya terutama di baturaja. trims

  19. hamsi said

    Ass………wr….wb…
    Kalau Sudah di terapkan sistem on line cpns jangan lupa infonya ke E-mail hamsidaffa@yahoo.co.id
    Pesan: JUJUR………….ingat.Thanks

  20. mella said

    tolong diinfoin jg ya…..
    ke email aq,, makasih……

  21. IPOOL said

    tolong di infokan situs untuk lamaran via online ya..!

  22. Rikho Hansend said

    Assalamualaikum Wr. Wb,
    tolong di informaasikan lowongan cpns di kabupaten banyuasin,

  23. m.yusuf said

    tolong di kbarin be coy, klu ada lowongan pns pagar alam

  24. poetra said

    no comment…..

  25. yusuf said

    tlg kabari jg Brooo?trims

  26. yusuf said

    utk dulur2ku yg di sumsel kota nan indah?
    tlg kabari kalo ad penerimaan cpns utk
    kab.Banyuasin. yusufumari@yahoo.co.id
    mokasih banyak sblmny DULUR2KU.

  27. yusuf said

    ass mas mbak kak ayuk kapan nian tanggalnyo cpns itu di buka !!!!!!

    untuk infonya terima kasih,,,,

    kalo ado kirim ke mail aku……

  28. kenzo said

    bener ga sih pendaftaran cpns akan d buka tanggal 14 september ini….

  29. gek kalau ado pengumuman PNS di Musi rawas dan linggau kasih tau yo….makasih yooo

  30. budi said

    Untuk pihak yang terkait mohon untuk bantuannya y !!1
    Gimana Cara daftar nya. Klo cuma info nya aja gimana kita bisa mendaftarnya dengan tenang !!! Untuk itu mohon kemurahan Saudara untuk bisa memberitahukan kepada saya. Makasih untuk sebelumnya. (ni email saya “budilesmana86@yahoo.co.id). Mohon dikabari !!! Trims.

  31. budi said

    Untuk saudara2 sepalembang hanget salam kenal yo !!!
    Hidup ini memang penuh dengan jeritan hati & memang hidup ini penuh dengan tantangan. Leh, cz itu marilah kita untuk tetap berpegang teguh dengan kesabaran. Klo memang nasib kita jadi pegawai. Maka tidak akan kemana pasti ada2 saja jalannya. Sebab dari itu jangan mudah pantang menyerah. Pokoke semangat. Okeee.

  32. tria sagita said

    sebenarya jadi pns tu da ada takdirnya..jd tenang ja masih banyak kok rejeki selain jd pns.cb ja jd pengusaha gajinya lbh dr pns

  33. kalo ada penerimaan PNS Di Kab. Empat Lawang, Tolong Hubungi Kami ya Pak, Tnhks..

  34. delly said

    DENGAN HORMAT…
    tolong kasih tahu saya persyaratannya apa saja dan tempat pendaftaran CPNS PEMPROV Sumsel…

  35. Rikho Hansend said

    apakah seluruh PANITIA PENERIMAAN PNS PAGAR ALAM berani bersumpah bahwa penerimaan PNS BERSIH TAHUN INI,SAYA MENDOAKAN SIAPA YANG KKN AKAN MENDAPATKAN BALASAN LEBIH DARI ITU, MAAF SEBELUMNYA TAPI INI DEMI ORANG2 YANG BERPOTENSI MEMILI SKILL YANG BAGUS DAN KELAKUAN YANG BAIK….

  36. ateng ardinata said

    tolong yach.. kalau formasi uda keluar kabarin ke emmail saya.. trims..

  37. ika afriyani said

    Bpk, ibu kpn nec pendaftaran CPNS sum-sel Tolong ya d kabarin ke e-mail saya n gimana cr pendaftarannya? thxs

  38. ela said

    tolong kbrin ke alamat email ela_morista@yahoo.co.id.kalau pendaftaran cpns via online dah dibuka, trus kasih tau dong alamat website pendaftarannya…

    makasih y

  39. Aris said

    cpns murni?tai kucing

  40. Saici said

    Apakh mgkn tes thun ini akn bnr2 bersih?Saya berani menjamin,negri kita itu tidak akan pernh bs bebas dari KKN sebab itu sdh jd budaya negri kita ini.
    Membudayakn yg bukan kbudayaan ini yg jd maslh..
    Kasihan aj byk yg lbh brpotensi pnya skill dan cerdas tp dia gk punya Duit..Atw org yg membwa dia.
    Jd tlg pemerintah perhatikn bagi org2 yg memang brpotensi.Kl org yg brpotensi gk dbutuhkan,bwat ap kita skolah tinggi,pintar,nilai bgs tp gak dpke org.

  41. hari said

    tolong dong penerimaan cpns tahun ini buat yg tamatan sma ada nggak
    umurnya sampe brapa…???
    tolong kabarin ke email ku law da buka pendaftaran cpns
    d tunggu

  42. aghost said

    pak,,yang dari SMA ada ga ???

  43. yuli said

    pak, tolong dong buka formasi untuk guru fisika di palembang, rasanya setiap sekolah negeri masih banyak membutuhkan, atau untuk hematnya angkat saja guru honornya yang sudah lama mengajar atau memang signifikan terimakasih tolong balas ya….

  44. khadavi said

    mohon informasi penerimaan pegawai dilingkungan pemprov sumsel,terimakasih.

  45. khadavi said

    mohon informasi penerimaan pegawai dilingkungan pemprov sumsel kealamat e-mail saya,terimakasih.

  46. awie said

    Mohon infonya untuk penerimaan CPNS dilingkungan pemprov dan pemkot sumsel ke alamat email saya. Terima kasih

  47. adie said

    bagaimana nech syarat2 but tes pns 2009

  48. Anton N said

    tolong konfirmasi saya kapan mulai di buka pendaftaran nya di email saya : nnotna@gmail.com

  49. aries said

    kasih infonya pak klw buka pendaftaran CPNS

  50. Phriska said

    mnta tolong info k email sya mngnai lowongan cpns sept 09 ini y…thx bgt…

  51. mellyana said

    kapan penerimaan cpns kab.banyuasin? mohon infonya

  52. Rohmadi said

    Mestiny bpk jg membuka Untk lulusan SMA donk, sb skrg tu bnyk yg lulusan SMA yg brpenglman mngjar lbh dr 3th, sb mrka kn krj smbl kulyh. Nah org2 sprti it yg mesti d prioritaskan, jgn hya lht kelulusn aja. Blm tentu S1 br lulus lbh baek dr guru yg sdh mengjr slm 3th wlw lulusn SMA.

  53. peny said

    tolong kabarin pak kalau ad pembukaan CPNS>>
    thanks

  54. vera said

    tolong info ke e-mail saya penerimaan CPNS Sumsel dan Pemkot Palembang

  55. ass,
    saya seorang bidan PTT pusat angkatan tahun 2007 yang bertugas di sebuah desa OKU induk, saya mau tanya kapan kami akan diangkat?? tolonglah kebijakannya, perjatikan nasib kami. selain kami mendapatkan gaji di bawah UMR dan gaji selalu terlambat rasanya tidak sebanding dengan apa yang telah kami lakukan. kenapa hanya kewajiban yang harus kami laksanakan?? sementara HAK kami untuk hidup lebih sejahtera tidak diperhatiakn???tolong tepati janji, katanya tahun 2009 ini kami akan diangkat kami sangat mengharapkan kebijakan itu…kami tunggu janjinya.

  56. dhia said

    kok sampe sekarang pengumuman cpns pemprov sumsel belum ada?????

  57. lantaq said

    tolong infonya yach kok da 3hari terakhir saya cari2 lom ada ya pengumuman cpns, tolong infonya dong dimana kira2 bisa lihatnya,thx b4

  58. Yanti said

    Percuma ikut seleksi, kalo kita ga nyerahin Rp.120 juta ke panitia ga bakalan diterima jadi pns. SumSel ga bisa lepas dari yg namanya suap. Suap sudah mendarah daging di tubuh para pejabatnya. Apa ya benar kalo diwawancara seleksi cpns, peserta ditanya : kebun karetmu brp bidang? Kebun sawitmu berapa paket? Punya rekening/tabungan berapa juta? Apa punya saudara di BKD?
    Tahi kucing, mana yang transparan janji para pejabat. Omong kosong pejabat itu. Munafik.

    • Marthin said

      Mbak yanti, saya termasuk salah satu yang pesimis seperti mbak yanti, saya udah 3 kali tes tapi ngak lulus2, alhamdulillah yang ke 4 saya lulus, dan Demi Allah Tuhanku, saya tidak kasih apa2 pada panitia, apalagi uang, karena saya orang miskin jg, jadi saya hanya ingin mengatakan Rahmat Allah itu tidak terbatas, Insya Allah, Allah mendengar doa orang2 yang jujur, dan teruslah berusaha dan berdoa….Salam kenal…

      • bikcik lena said

        ya cacam mamang nasibyo bagus nian,bik cik sudah 4 kali tes cpns,tp belum lulus jugo.petamo bik cik tes nian,cak itu jugo yang keduo.yang ketigo ado uwong yang nawari,dicubo jugo dak tahunyo najur bae.akhirnyo yang keempat tes dewek lagi,masih dak lulus jugo.dasar nasib…

      • Marthin said

        Alhamdulillah, bik, dan saya doakan semoga ada yang lain yang dengan izin dan ridho Allah bisa menjadi PNS tanpa dititip, nyogok, KKN, dll. Insya Allah…..Semoga yang yang curang seperti itu diberi teguran dengan meluluskan yang jujur……

  59. pani said

    tolong info yow klo cpns lah bukaan

    kabari ke
    pani_ibrahim009@yahoo.com

    TQ

  60. eni susita said

    ass…klu shd ada pembukaan cpns tolong kasih tahu ke email ku susitaeni@yahoo.co.id

  61. joni said

    hmmmmmmmmmmm numpang lwad aja deh

  62. dedi candra said

    tolong kasih info kaalau cpns udah di buka

  63. Rikho hansend said

    pak bupati banyuasin tolong tindak lanjuti orng yang berbuat curang terhadap penerimaan PNS nnti, krn itu sangat merugikan orng banyak termsuk saya sbgai rakyat kecil gk pyh apa2, biar perlu tangkap orng yg berbuat korupsi, kolusi,nepotisme pokok’nya yg mnegndung unsur ( KKN )

  64. Rikho hansend said

    BERANTAS KKN, HUKUM APARAT YANG BEBUAT CURANG, INGAT NEGARA KITA NEGARA HUKUM, JDI JANGAN TAKUT SAMA APARAT KALAU KITA TIDAK SALAH

  65. tarie said

    ass.wr.wb.
    tolong bantuannya kalo ada informasi ttg pembukaan CPNS 2009 tlg kasih kabar ke email saya. terima kasih banyak

  66. tarie said

    sebagai generasi muda jangan putus asa teruslah berusaha. meski KKN dimana-mana tapi ingatlah ada Allah SWT yang selalu membantu umatnya. kalo memang sudah rejeki meski ada banyak KKN tetap saja bisa masuk CPNS. cayoo….

  67. rio said

    kalau sudah penerimaan cpns tolong informasinya terima kasih

  68. roy said

    pastinya penerimaan cpns tahun ini kapan ya?

  69. fadli said

    mano ini,, la nak abis bulan september belum jugo keluar tando2 pendaftaran pns online..
    kelakar betok bae galak..

  70. wahda said

    kapan y cpns ny di gelar sudah akhir bulan lag,cak mano dluuur.

  71. ganis novita sari said

    iya nih.. takut ketinggalan info………. segera dipublish dunk…. biar ga harap-harap cemas

  72. kino said

    Pasaran sekarang untuk PNS, siapkan aja 100 juta, ada dekat, ada sanak famili. nggak usah ikut tes, dijamin lulus.

  73. bangsay said

    kapan lagi sih pembukaan cpns???? ni aja udah bulan september mau habis. mau diundur lagi ya ??? atau msh nunggu sanak keluarga, family. biar semua familiy kita aja yang lulus.

  74. linda aza said

    semoga saja isu sarjana sarjana berprestasi jd pertimbangan bisa diangkat cpns itu benar adanya…(berati ada harapan),cuma kalo pakei suap…ogah ah…hukumnya HARAM…so gajinya HARAM dong…diakhirat dimintai pertanggungjwaban…@buat tmn2 gak usah urusin orng,,biar aza yg mo suap suap,,gak mampu ikut gaya permainan orang…kan ada rezeki lain walu bkn pns..percaya tuhan ya,,,semangat !

    • oput said

      Untuk kalian yg berprestasi, JANJI itu pasti ditepati kok..
      (kalo kalian memang benar-benar berprestasi bagi SumSel, apalagi bagi Indonesia)

      2 orang teman q wkt SMA yg berprestasi d bidang olah raga, yaitu mendapatkan emas pada saat PON (mewakili SumSel) dan SEA games (mewakili Indonesia), lulus masuk Perguruan Tinggi Negeri tanpa tes. Dan setelah mereka lulus kuliah, mereka ber-2 lulus CPNS tanpa tes d salah satu kabupaten d SumSel.

      Saya sendiri, pada saat saya lulus kuliah memiliki prestasi, yaitu mendapatkan IPK tertinggu se-Sumatera Selatan untuk bidang kesehatan. Saya mendapatkan “award” berupa kelulusan PNS tanpa tes (dan tidak ada permintaan “uang” kepada saya). Namun sayangnya, tawaran itu harus saya tolak karena saya lebih memilih untuk melanjutkan kuliah saya ke jenjang yang lebih tinggi.
      Dan setelah 3x mengalami wisuda (hehe..), saya bekerja d salah satu Perusahaan BUMN karena prestasi saya sebagai lulusan terbaik di salah satu Universitas Negeri yang sangat ternama di Indonesia.

      Ini hanya beberapa contoh PNS yang lulus untuk menjadi PNS karena PRESTASI.
      Mungkin masih banyak kisah PNS lain yang bergabung sebagai PNS karena PRESTASI.

      Karena itu, tetaplah ber-PRESTASI dan tetaplah SEMANGAAAAT.. ^^

      -salam-

      • bikcik lena said

        iyola pulo mang jangan disamoke dengan kami ini,yang ipk sedeng-sedeng bae.kami kalo berprestasi jugo,kami dak galak nak masuk begawe di indonesia.lemak diluar negeri gaji lebih besak,minimal perusahaan asing.dak susah lagi kami nak gadeke honda bebek samo jet coollet.

    • bikcik lena said

      betul bik cik linda, yang mak itu yang harus diterapke.ado pengecualian bagi yang dak mampu disegi materi.yang penting otak biso jawab pas tes cpns kagek,dan jugo masuk standard nilai yang ditentuke,itu harus diterimo.

  75. m.yusuf said

    saya ingin menjadi penerus ortu saya yang mengabdi di pengadilan tingg, tapi saya gak tau gimnan caranya

  76. tolong ksih infonya ke email Q ya klo dah ada info terbaru
    thanks ya…

  77. wibowo said

    wah di Sumsel terutama di kab masih banyak calok CPNS, siapa banyak uang dia jadi PNS, gimana kualitasnya ya, masak saya ditawari 150jt jadi PNS

    • bikcik lena said

      iyola pulo mang bowo,mak ini ari dak katek duit dak masuk,ado jugo yang gadeke buku rekening isinyo samo hargonyo dengan honda jazz,bukan honda bebek….itulah susahnyo jadi wong saroh.pengennyo ngenjuk kesempatan bagi yang dak katek duit macem kami ini…..oke mang.

  78. yur tamba said

    berarti yang jd pns tuh hrs punya tanah hektaran dan deposit dong aduh….kpn nih wong kecil dapat giliran nikmati hidup nih ….hidup wong kecil…

  79. neea said

    Oh coy wak dullah nich sdh betahun-tahun ikut CPNS ini masih dak masuk-masuk, jadilah otak nich diasah terus.. tp masih mak ini-ini lah, kalu pengen masuk nak ngorbanken honda jazz sikok mak ini ari baru masuk, ingetlah kato-kato wak dullah ini.. kalu bae bs masuk dengan ngorbanken honda bebek 125 (satu due lime)yg tarikannyo agak ngadat dikit mang cek…

  80. mang den bae said

    Oh coy wak dullah nich sdh betahun-tahun ikut CPNS ini masih dak masuk-masuk, jadilah otak nich diasah terus.. tp masih mak ini-ini lah, kalu pengen masuk nak ngorbanken honda jazz sikok mak ini ari baru masuk, ingetlah kato-kato wak dullah ini.. kalu bae bs masuk dengan ngorbanken honda bebek 125 (satu due lime)yg tarikannyo agak ngadat dikit mang cek…

    • bik lubai said

      ati-ati mang,mak ini ari banyak oknum yang galak najur,ecak-ecaknyo nolong,dak taunyo mentung alias dak nguruske.ilang bae honda bebek satu due lime samo jet coollet.sudah dak masuk kelebu pulo…..lemak diojekke bae.la ceto dapet duit…..

  81. mang juhai said

    oy iyolah pulo Mang Den, kalu dak mak itu dak kebakal lulus, mang juhai pulo galak bae kalu ado lokak.. apolagi berkorban motor utk masuk CPNS… tp galakdak dengan motor mang juhai nich.. jet collet warisan dari buyut… bukan Honda jazz yg hargonyo dak sebandeng dg motor mang juhai nich…

  82. ari said

    tlg infonya…….

  83. fray said

    tlong dikirim info cpns ya…tks

  84. itulah kl pendidikan kt cm untuk pns,kuliah/titel untuk pns/swasta.cobalah kt yg kreatip buat gawean,jd pns dgn begawe diperusahaan adl alternatip terakhir,aq jg la neman melok tes tp kujadike sebagai ajang cari kawan dgn tes kejujuran ,ruponyo dak lulus jg kwkwkwkwk,alhmduliillah aq buka usaha kecik2 modal gi 150rb dan skr omset aq paling kecik 150jt perbulan,krn memang tujuanku idup aqbkn nak jd pns atau begawe diprusahaanamun ado kance2 nak shering/tukar pikiran dgn aq jd bae tambah ribang nian aq.tq

  85. ini email aq deal_alfin@yahoo.co.id

  86. kito kuliah atau sekolah sebenar nya disuruh untuk pintar bukan disuruh jadi pns atau begawe diperusahaankl tujuan cm nak begawe diperusahaan atau pns lemak dak usah sekolah tinggi2,melamar bae terus kl la keterimo br sekolah tinggi2 sekadar untuk naike jabatan bae

  87. jadi saran aq mulai skr mulailah kreatip,jgn banyk beharap sm wong apolagi pemerintah.mulai kinak2 tuape die kire2 yg lum ade atau ms deket dimasyarakat tp kire2 prospek nye cerah.amun masih bepikir nak jd pns atau begawe dioerusahaan , alamat dak kemaju maju negara kt ini terutama daerah kitee

  88. aq denger2 katonya amun ado budak daerah berprestasi pacak jd pns wkwkwkw,aq buktinya la jd budak berprestasi,kl untuk kejuaraan nasional atau daerah dak usah tanyo lg menang berapo kali,mulai dr harapan 3,2,1, sampai best poser atlet la kudapat galo tp smpai skr aq dak jd pns ,bhkan aq pernah nak kejuaraan duo bulan blk kmr rencn nak bawa namo daerah ke kancah nasional,dgn harapan besaaak niaan aq ngadap kepemda,tp apo jawab wong pemda,katonyo anggaran kt tinggal 35 jt jd dak pacak wkwkwkw aq bepikir kemanooo anggaran kota aq yg katoonyo milyaran bhk treliunan belari nyo????jadi itulah kawan2 bukti riil kl kt jgn bnyk niaaann beharap sm “wong” lain apa lagi “pemerintah”lemaklah kt yg buat gaweaaan,ayoooo semangaaat jemee kitee

    • m. iin heriyanto said

      dah lah wak amen dak anak pejabat dak ke ngado pacak jadi PNS terserah nak berprestasi apo idak asal ado duit pacak masuk PNS…………..dunia sekarang la Rusak sekaset

  89. nurlaili said

    tolong kepada semua pihak. bila ada info tes cpns utuk kota lubuklinggau dan musi rawas di emailkan ke saya; salam kenal. Tx

  90. nurlaili said

    email. http://www.cebolbolbol@yahoo.com. Nurlaili.tx

  91. Tolong dong bagi para pejabat jangan memprioritaskan orang yang banyak uang dalam mengikuti ujian seleksi cpns 2009 ini belum tentu orang yang banyak uang itu seluruhnya pintar,kami para orang yang tidak punya uang ingin sekali menjadi abdi negara seperti yang lainnya.

    • m. iin heriyanto said

      saya sangat setuju dengan pendapat anda, jangan hanya anak2 pejabat dan punya uang banyak saja yang bisa jadi PNS…….

  92. Feri ramadanus said

    kami berharap Penerimaan PNS tahun ini benar – benar murni dan bebas dari KKN. sistem penerimaan, dan pemeriksaan soal juga harus Fer, bila perlu tampilkan peringkatnya, dan kembalikan lembar jawaban kepada peserta, dan kupas soal beberapa hari setelah penyelengaaran test, jadi peserta tau apa kesalahannya sehingga membuat peserta tidak lulus. kepada para pejabat bupati dan jajaran terkaiat, hati- hati ada Allah yang mengawasi gerak-gerik kita di dunia ini. semoga penerimaan CPNS tahun ini akan lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya.

    • m. iin heriyanto said

      Amen ado duit 200 juta Lulus sangat murni yakinlah cuy………HmmmmMMMMMmmmmmm……….Rusak pokoknya dunia nech……yang jelas gimana indonesia mau maju kalo masih makan uang sogok dan korupsi………

  93. ephanse said

    kira kira kapan pengumuman guru honda untuk kecamatan lintang kanan kab IV lawang..

  94. The kincit said

    Sudalah kelakar betok galo kamu itu …

  95. m. iin heriyanto said

    saya tenaga kerja yang udah 5 tahun kerja dikelurahan ulak surung kecamatan lubuklinggau utara II kOta Lubuklinggau sumatera selatan…..kenapa saya tidak dapat SK dan masuk Database padahal waktu itu ikut mengisi formulir database…….apa karena saya orang tidak punya dan bukan seorang anak pejabat sehingga saya tidak mendapat SK dari walikota dan masuk database……..dan sekarang status saya menjadi TKS di instansi saya jadi bapak pejabat tinggi tolong perhatikan kami yan tertindas ini…….sekali lagi mohon perhatiaannya………..terima kasih

  96. muhammadiinheriyanto@yahoo.co.id bagi teman2 yang punya informasi tolong sampaikan ke rekanmu yang malang nech oke…….

  97. rey ngangguor said

    penerimaan cpns di sumsel sudah jadi barang dagangan, ngak heran lagi musibah datang silih berganti. jadikan gempa sumatera barat sebagai pelajaran bagi sumsel!!!!!

  98. brata said

    wah tambah susah aja y mw jd PNS, apa lg testnya sampe tiga kali. satu kali test aja saya ngak lulus2, gmn kalo tiga kali test.

    gue mesti siapin 5D nie spy bisa lulus :
    Deking
    Duit
    Do’a
    Dan
    Dukun He2…!

  99. halimoerti said

    saya sangat setuju dengan ide bahwa yang seharusnya jadi pns adalah orang2 yang berprestasi dan berkelakuan baik, sehingga negara kita bisa lebih berkembang dan maju, saya hanya ingin menyampaikan sesuatu kepada teman2 yang kesal terhadap pemilik ‘jalur khusus’ itu, ini ibaratnya kita sedang mendaki gunung…kita mendaki dengan peralatan seadanya, sedangkan pemilik ‘jalur khusus; itu mendaki dengan peralatan lengkap dan mahal, tentunya ini tidak bisa menjadi kompetisi yang fair bukan? tetapi jika keadaan dibalik..kita lah yang memiliki peralatan lengkap dan mahal..dan mereka tidak…apakah kita akan membuang peralatan kita itu dan memakai peralatan yang seperti punya mereka supaya fair?intinya saya hanya menyampaikan bahwa kita tidak perlu merespon pemilik2 jalur khusus itu..mari kita terus mengembangkan diri dan berdoa..saya yakin Tuhan mengetahui siapa yang pantas dan tidak…saya juga akan mengikuti ujian pns ini bulan2 mendatang…mari kita berdoa bersama2 dan belajar keras…semoga yang layak lulus semuanya diluluskan…amin..

  100. ahmad helmi ST MM said

    kapan pendaftaran cpns sumsel mulai diadakan denger2 tgl 15 okober sudah buka yah ??😀
    selamat bertempur teman2 dari palembang🙂

  101. M.Luthfi said

    ingatlah hadits nabi Muhammad SAW yang shohih, yang menyuap dan yg disuap kedua-duanya dineraka…. dan menurut aku yg nitip, itu sah-sah bae asal yang dititipke itu wongnyo memang bener2 kompeten, biso begawe, pinter dan bakal dak injuk malu yang netep, tapi kalu yang ditetepke itu cuma asal begawe, wongnyo bengak, buyan, dll.. menurut aku yang netep dan yang ditetep jugo bedoso besak karno dio merampas hak wong laen yang lebih pantes begawe… ingat ado hadits nabi SAW jugoo bahwa.. ingatlah kehancuran itu akan menimpa sebuah kaum apabila ado wong atau pimpinan yg ditempatke atau yang idak sesuai dg kemampuannyo.. dg kato laen “The Right Man In The Right Job”.. tlg diresapke bro.. biar negaro kt ini idak tambah terpuruk

  102. marshal said

    percuma tiap tahun diadakan cpns,,,,kalau hnya pormalitas aja….!!!!

    titipan

    jatah lah……

    kalau bisa bertarung secara jantan,,,,setiap warga negara ada hak juga tuuk kerja…???
    kami cpek ngrusin segala berkas,,uang banyak habis kasihan sama ortu kami,,,berharap anak2nya berhasil…….kami mnta jngn dipersulit lah….!!!!lau emnk tesnya memuaskan loloskan dia k pns,,tuh aja…
    kami berharap para pejabat tidak mementingkan individual saja,,bagaiman qta berpikir harus mengurangi penggangguran yang ada…thnks

  103. dewi sri said

    buat adengku marthen ga gerobak buruk sapi gile.ngebun kawe libagh2 hasilnye melebihi jeme pns.oke deng!

  104. asaalmualikum……

    pak saya mau mnta info semua lowongan cpns …dedikasi S1 dan D3

  105. wawan said

    saya sangat mendukung dengan adanya cpnsd diadakan diwilayah2
    tapi dengan kekonsekuenan pihak pelaksana tapi nyatanya sangan berketerbalikan ga da uang percuma ada a sdengan kota sum-sel….
    kaya makin kaya miskin tambah jadi
    apa ini sebenarnya

  106. ady said

    Nasib masi TKS mau masuk database aj sulit gimana mau PNS
    mudah2an CPNS kali ini benar2 bebas dari yang nama na KKN

  107. bambang sutoyo said

    pak test cpns dipalembang kasih kesempatan untuk putra daerah sumatera selatan aja jangan yang kebanyakan ikut n lulusan banyak orang luar pak.makasih pak

  108. dewi sri said

    sabar mas bambang orang sabar kekasih tuhan.oke

  109. ACHMAD said

    MANA TEMPAT DAFTAR CPNSNYA .KOK SUSA KETEMU YA.OOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOO.

  110. ULUL said

    GUE PENING NI MENCARI CARA MUDAH UTUK DAFTAR PNS DI BANYUASIN .BAGAIMANA CARANYA UNTUK MUDAH DAFTAR.YA SECARA ONLINE

  111. yunis said

    ada yg bs bnt bt contoh lamaran cpns 4 sumsel????????

  112. anadia said

    semoga masih ada orang baik di dunia ini…
    semoga masih ada kejujuran di dunia ini…
    semoga yang terpilih, yang berkualitas…amien…
    berkualitas otaknya…bukan dompetnya…

  113. Bangkit N said

    Walaupun gagal, aq akan merasa puas karena telah berusaha dengan sekuat tenaga dan doa. Daripada tdur drumah broooo, tul g ya? I welcome ogan ilir

  114. Lulus bahan saja susah, alasan Universitas tidak ter akreditasi, regalisir tidak pakai tanggal, itu ditemui kawan2 pak Prof di lapangan, buka gerobak rokok aja kali enak, asal jagan kena gusur

  115. meryan said

    Insya Allah seleksi penerimaan CPNS di plmbang tahun ini lebih adil..krn proses penerimaan diperiksa oleh pihak ketiga yg independen(PPJK Unsri),yaah walau kemungkinan “maen2” tetep ad(jaksa m polisi aj bisa:) ),tapi kita sbg wrga palembang harus slalu optimis,minimal tahun ini LEBIH BAIK dari tahun-tahun sebelumnya,amin..qta sbg wrga palembang juga punya hak utk terus memantau prkembangan proses seleksi penerimaan CPNS tahun ini,n dari pihak penyelenggara juga jgan nutup-nutupin,kalo emang bener,ngpain ditutup2in..:)siapa lgi yg bakal memajukan palembang kalo bukan warganya sendiri..idup wong kito!!!

  116. Sigit sugi yanto said

    Aslm.harapan saya hanya 1.yaitu lulus ujian cpns/pns.dgn bersih sesuwai dgn kemapuan.bkn dgn sogokkan….!

  117. Ass. wr. wb
    Palembang 18 Nov, 2009
    Nama : Ali Setiawan
    Pendidikan : D3 Manajemen Informatika Politeknik LP3I Bandung 2006 IPK 2.5
    Umur : 25 Tahun | Status : Belum Menikah

    Pengalaman : 2 bulan kerja di Happy Advertising, malaysia sbg desain grafik(sertifikat)alasan pemerintah disana mendahulukan rakyatnya karena dampak krisis global
    2 bulan magang di CV. Arta Komputer, Palembang
    Kontack:
    Phone : 0711 365916 / 087897503312
    Ada lowongan ngak buat jadi CPNS bagi saya dengan referensi di atas
    Ass. wr. wb

  118. tomo said

    tolong dong bagi teman2 kalo ada informasi kerja kirim ke e-mail ini,q sarjana pertanian jur.hama penyakit tanaman tahun 2006,kayaknya tes cpns kmrn gak ada hasilnya sama sekali krn banyk titipan orang2 penting……please da bosen nganggur ntar jd perampok

  119. iyantut said

    siapa kuat dia dapat mumpung jadi pejabat……………….
    amiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiinnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnn
    sano nerako kau!!!!!!!!!

  120. ingin kerja ni!!
    bagi anda yang punya lowongan ikutan ya???
    ^_^

  121. jabon said

    sekarang sebaiknya mulai berfikir lebih kuat untuk buka usaha sendiri, supaya negara lebih maju lagi…

  122. Ngarep said

    Janganlah kamu orang ngangkati Sekdes jadi PNS, ngapo ma’itu? Jawabnyo rato2 belagu, suko korup, rugi be buang2ke duit. Lemak adokan be test, kan tau yg mano yg bekualitas, pado angkat ini, angkat itu, hai dah lah capek deh.

  123. martha said

    KPn pMbbkan niih..

    aDda g LULUSan SMA

  124. lemanxpu said

    ala pemerintah gk bener uda ntar gue hack situs ini liatin aja…
    my name is sulaiman came back

  125. komalia said

    kapan ya selesai ngurusi untuk cpns ini….. kepala udah pusing banget………….

  126. rehan said

    makanya negara ini tidak bisa maju… karena sistem rekruitmen pegawai tidak berdasarkan kemampuan akademis, tapi berdasarkan kemampuan uang,,, banyak titipan pejabat yang didukung dengan kemampuan materi tapi kemampuan akademis atau prestasi nol besar.. coba bayangkan kalu Pns diisi orang2 seperti ini untuk 10 thun kedepan.. negara akan bangkrut. tapi sebaliknya kalu Pns diisi oleh orang2 yang mempunyai kemampuan akademis , plus prestasi, dan pintar. pasti negara ini akan maju.. seperti negara2 tetangga kita.

  127. Masalah Penerimaan CPNS, Kalau Orang yang Suka Menitipkan Nama dan Pakai 2D. Kurasa itu Termasuk Orang yang Sudah Mendapat Titipan dari Illahi………..

  128. woe semua yang ada di sna

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: