infokito

Portal Palembang – Jembatan informasi dari kito untuk kito bersamo

  • ahlan wa sahlan

  • Laman

  • Tulisan Terbaru

  • Arsip

  • Kategori

  • Kalender

    Juni 2009
    S S R K J S M
    « Mei   Jul »
    1234567
    891011121314
    15161718192021
    22232425262728
    2930  
  • Tulisan Teratas

  • Statistik

    • 2,348,261 hits

Pemkab Muaraenim Terima Bantuan Rp10 Miliar untuk Pembangunan Stadion Serasan Bara

Posted by infokito™ pada 27 Juni 2009

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muaraenim kembali mendapatkan dana segar untuk membiayai pembangunan Stadion Serasan Bara dari PT Bukit Asam, kemarin. Bantuan dana sumbangan dari pihak ketiga untuk pembangunan stadion utama di Kabupaten Muaraenim tersebut sebesar Rp10 miliar.

Direktur Umum dan SDM PT BA Mahbub Iskandar mengatakan, bantuan tersebut merupakan tindak lanjut komitmen PT BA untuk menyelesaikan pembangunan kompleks Sport Center di Kabupaten Muaraenim.

PT BA tahun ini kembali memberikan bantuan untuk pembangunan stadion utama di kompleks olahraga tersebut. Jumlahnya lebih besar dari bantuan yang diberikan pada tahap pertama tahun 2008 sebesar Rp 5 miliar. Dengan demikian, total dana bantuan yang diberikan PT BA untuk penyelesaian pembangunan Sport Center telah mencapai Rp25 miliar sejak proyek tersebut dikerjakan pada tahun 2006 lalu.

Besarnya dana yang diberikan sejalan dengan perkembangan perusahaan PT BA, di mana produksi, volume, dan penerimaan perusahaan mengalami peningkatan. Oleh karena itu, perusahaan BUMN tersebut dapat memberikan kontribusi yang lebih baik lagi kepada daerah.

Menurutnya, pada tahun 2008 lalu, total pendapatan pemerintah dari PT BA melalui pajak langsung, pajak tidak langsung, deviden, penerimaan negara bukan pajak, kontribusi SWP3D kepada Pemprov Sumsel,Pemkab Muaraenim, Pemkab Lahat, dan Pemprov Lampung serta sumbangan lainnya mencapai Rp1,3 triliun.

Berdasarkan hasil rapat umum pemegang saham (RUPS) tahun buku 2008, PT BA juga membagikan keuntungan perusahaan tahun 2008 melalui deviden dengan total sebesar Rp565,6 miliar. Dari jumlah tersebut, deviden untuk pemerintah pusat sebesar Rp555,2 miliar, Pemprov Sumsel Rp7,9 miliar,Pemkab Muaraenim sebesar Rp2,5 miliar.

Nilai deviden yang diterima pemerintah pusat dan daerah tersebut berdasarkan persentase kepemilikan saham di perusahaan. Sementara itu, Plt Bupati Muaraenim, Muzakir Saisohar mengatakan, stadion yang telah hampir rampung dibangun tersebut diberi nama stadion utama Sekundang Bara.

Muzakir menyebutkan, bahwa laba bersih PT BA yang telah mencapai Rp1,7 triliun jauh lebih besar bila dibandingkan dengan dana APBD Muaraenim tahun 2009 sebesar Rp1,006 triliun. Menurutnya, dana Rp10 miliar tersebut akan digunakan untuk biaya pembangunan lanjutan stadion Muaraenim. Dana tersebut untuk arsitektur,penanaman rumput, pemasangan gravel, pembangunan plaza dan lapangan volley dan basket.

Dengan penyelesaian pembangunan kawasan Sport Centre tersebut diharapkan akan menghasilkan atlet-atlet berprestasi dari Kabupaten Muaraenim. Sementara itu,Pemkab Muaraenim memastikan mendapatkan tambahan penghasilan dari sektor retribusi pasar per periode Juni 2009 sebesar Rp77 juta dari target yang ditetapkan sebesar Rp219 juta.Kepala UPTD Pasar Tanjung Enim M Sholeh berharap target tersebut dapat tercapai di akhir tahun ini.

Dia mengakui,pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor retribusi pedagang di Tanjung Enim memang tidak terlalu besar.Namun, sektor tersebut telah membuka kesadaran masyarakat untuk berkontribusi pada pembangunan daerah. Untuk retribusi harian seluruh pedagang wajib menyetor Rp500.

Sedangkan, retribusi bulanan untuk petak atau kios Rp25.000 per bulan dan los Rp10.000 per bulan. “Untuk retribusi kita tahun 2008 lalu cukup besar terkumpul Rp208 juta setahun,di tahun ini targetnya dinaikkan menjadi Rp 219 juta,” ungkapnya. Pendapatan tersebut di luar retribusi rumah toko (ruko) di sekitar kawasan Pasar Tanjung Enim.

Retribusi ruko langsung dikelola UPTD Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda).Dia akan terus berupaya mengoptimalkan penarikan retribusi pasar untuk membangun Muaraenim. Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Muaraenim Jasman Syanif mengungkapkan, pihaknya berencana menambah pasar di sejumlah kecamatan di Kabupaten Muaraenim.

“Setidaknya pasar akan dibangun di dua kecamatan,yakni Kecamatan Ujan Mas dan Talang Ubi.Daya beli masyarakat di dua kecamatan tersebut termasuk tinggi dibandingkan kecamatan lainnya,” katanya. (andhiko tungga alam/seputar indonesia)

2 Tanggapan to “Pemkab Muaraenim Terima Bantuan Rp10 Miliar untuk Pembangunan Stadion Serasan Bara”

  1. berita apik……

  2. Budi Santoso said

    Hidup sepak bola kito….
    semoga tetap jaya…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: