infokito

Portal Palembang – Jembatan informasi dari kito untuk kito bersamo

Parsi Sumsel Garap Film Kesultanan Palembang

Posted by infokitoâ„¢ pada 20 Juni 2009

Persatuan Artis Sinetron Sinetron Indonesia (Parsi) Sumatera Selatan akan menggarap film mengenai Kesultanan Palembang Darussalam. Film ini menceritakan soal sejarah Kesultanan Palembang Darussalam terbentuk beserta dengan romantik perjuangan dan perlawanan rakyat Palembang menghadapi kekuatan asing atau musuh.

Ketua Parsi Sumsel Martha Zeint, Jumat (19/06) mengatakan rencana pembuatan film sejarah Kesultanan Palembang Darussalam ini sudah didukung Sultan Iskandar Mahmud Badaruddin, serta sejumlah pengusaha muda seperti Marta Edison, Wira Tama Yudha dan Ferdi Ali Gafur.

“Film ini merupakan film pertama mengenai Kesultanan Palembang Darussalam. Lantaran ini film kolosal, penggarapannya membutuhkan waktu yang panjang, dan tentu saja biaya yang cukup besar,” lanjutnya.

Oleh karena itu, Martha mengharapkan pemerintah di Sumatra Selatan mampu memberikan dukungan anggaran penggarapan film ini.

“Sumatera Selatan ini alamnya kaya juga sejarah budaya, masak tidak mampu membuat sebuah film yang menjelaskan kebesaran dirinya itu. Daerah lain yang tidak begitu kaya saja mampu melakukannya,” kata Martha.

Rencananya film ini akan disutradarai seniman Palembang Jaid Saidi, dengan melibatkan sejumlah aktor berasal dari Palembang, baik sudah eksis di nasional maupun di lokal. “Semuanya hasil karya anak Palembang,” katanya.***sripoNews

3 Tanggapan to “Parsi Sumsel Garap Film Kesultanan Palembang”

  1. Alfan F said

    Lama loh, Indonesia tidak mengeluarkan film kolosal

  2. Mamat said

    Aku bingung dengan palembang ini, ado Sultan Iskandar mahmud Badarudin, ado sikoklagi SUltan Mahmud Badarudin III, mano yang sebenernyo sultan itu.
    Nagpo pacak ado duo sultan itu. apo Palembang ini idak bersatu.Buatlah bagaimana supayo kito ini bersatu satu pimpinan saja. aneh dimano-mano rajo tuh sikok tula.
    terimo kasih penjelasannyo.

  3. Tolong dong, kepada Pemerintah lihat dulu silsilah dan asal-usul dua Sultan, jangan dilihat dari popularitas karena popularitas bisa dibeli, tapi lihat KEBENARAN…….
    kepada Masyarakat tolong peran aktif jangan dilihat karena uang saja, siapa yang nguntungke… jangan bermain dengan politik uang karena sejarah akan terus berjalan….
    jangan sampai generasi muda tidak mengetahui sejarah yang benar…..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: