infokito

Portal Palembang – Jembatan informasi dari kito untuk kito bersamo

5 TPA Akan Terima Bantuan Rp40 Juta

Posted by infokito™ pada 4 Mei 2009

Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Sumsel menargetkan lima TPA (tempat penitipan anak) memperoleh bantuan dengan total dana sebesar Rp200 juta pada tahun 2009. Bantuan tersebut berasal dari Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas).

Kepala Seksi (Kasi) Pembinaan Anak Usia Dini (Paud) dan Penjas, Drs H Abu Hanifah mengatakan, program tersebut sebagai bentuk respons terkait pendidikan anak usia dini, karena kesibukan orang tua dan jadwal pekerjaan yang padat mengharuskan orang tua menitipkan anaknya.

“Besaran bantuan yang akan diterima sebesar Rp40 juta /TPA, di mana setiap penerima sudah memenuhi kriteria yang sesuai dengan persyaratan yang telah ditentukan Depdiknas. Adapun di antaranya operasional sudah berjalan minimal selama satu tahun, telah memiliki tempat, sudah ada anak, serta penyelenggara sudah memiliki pendidik dan tutornya,” ujarnya.

Dikatakannya, lima TPA tersebut berada di tiga kabupaten/kota di Sumsel, yakni Palembang 2 TPA, Prabumulih 2 TPA, dan 1 TPA di Kabupaten OKU. Bantuan tersebut bertujuan untuk mendorong perkembangan TPA sebagai salah satu bagian dari PAUD, yaitu untuk melengkapi fasilitas TPA.

“Saat ini di Sumsel baru ada sekitar 21 TPA, namun yang aktif hanya sekitar 11 TPA yang dilaksanakan oleh swasta,” papar Abu kepada Sumatera Ekspres usai rapat dengan Direktorat paud Dirjen PNFI Depdiknas.

Abu menambahkan, saat ini ada dua TPA yang akan menjadi percontohan, yaitu TPA Zahria di Talang Kerangga dan TPA RS Ernaldi Bahar, yang sistem pendidikannya akan memiliki tiga unsur yaitu pendidikan, kesehatan dan gizi. Saat anak dititipkan akan diatur waktu belajar, bermain, tidur dan makannya sampai sudah dimandikan atau diganti popoknya.

“Dengan begitu, orang tua tidak terlalu khawatir, anak pun akan merasa nyaman berada di TPA. Dengan harapan, ke depan TPA dapat tumbuh dengan baik di Sumsel dan memiliki manejemen yang baik,” ungkapnya.

Sementara itu, staf Pimpinan Subdit TPA Dikrektorat PAUD Dirjen PNFI Depdiknas, dr Retno Wulandari menambahkan, pertemuan yang dihadiri perwakilan perusahaan yang memiliki karyawan besar, seperti PT Lonsum,  Dinas Pasar, Wanita Aisyiyah dan Badan Koordinasi Organisasi Wanita (BKOW), bertujuan mensosialisasikan TPA kepada masyarakat Sumsel. Selain bersosialisasi, nantinya juga akan menguji coba pedoman penilaian TPA yang bertujuan untuk mengevaluasi TPA tersebut. “TPA akan dievaluasi supaya dapat memantau perkembangan anak yang dititipkan,” ujarnya.

Selain itu, Retno menjelaskan, di Indonesia jumlah TPA sudah mencapai lebih dari 1.000 unit. Akan tetapi, jumlah itu masih kalah banyak dengan jumlah playgroup. (sumeks)

Satu Tanggapan to “5 TPA Akan Terima Bantuan Rp40 Juta”

  1. yoyo said

    alhamdululah, akhirnya TPA diperhatikan juga….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: