infokito

Portal Palembang – Jembatan informasi dari kito untuk kito bersamo

Sumsel Incar 10 Juta Sambungan Air Minum

Posted by infokito™ pada 30 April 2009

Pemerintah pusat melalui Departemen Pekerjaan Umum (PU) mengadakan program pembangunan 10 juta sambungan air minum di seluruh Indonesia. Sumsel termasuk salah satu di dalamnya. Hanya saja, belum diketahui berapa kuota masing-masing provinsi, termasuk Sumsel sendiri.

Asisten II Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Provinsi Sumsel, Ir H Eddy Hermanto SH menjelaskan, saat ini program 10 juta sambungan air minum itu dalam sosialisasi. “Itu sambungan ke rumah-rumah. Sesuai dengan program Pak Presiden yang harus kita sambut baik,” ujarnya. Dikatakan Eddy, Sumsel ambil bagian dalam program nasional ini.

Dijelaskan Eddy, menurut rencana, pembangunan jangka panjang, 2015 nanti 80 persen perkotaan sudah teraliri air minum bersih yang dikelola PDAM. “Begitu pula 40 persen perdesaan harus bisa mendapatkan air bersih pada tahun itu,” jelasnya.

Sementara, PDAM Tirta Musi, kata Eddy dalam kondisi yang sangat baik. Agar program berskala nasional itu bisa dilakukan di seluruh daerah, PDAM di daerah terkait harus mampu memperluas jaringan pipanisasinya. “Kalau tidak, sulit bagi PDAM untuk menambah pelanggannya,” beber Eddy. Program ini setidaknya membantu masyarakat yang ingin mendapatkan pelayanan air bersih.

Pasalnya, pembangunan pipanisasi itu akan sampai depan rumah warga. Tak hanya kota Palembang saja mulai ‘bergerak’, melainkan 15 kabupaten/kota harus bisa memanfaatkan peluang ini. Apalagi, untuk pendanaan dari pemerintah pusat.

Diungkapkan Eddy Hermanto, khusus untuk pendanaan intake akan mendapatkan bantuan dari pemerintah pusat. Provini akan membantu pembangunan jaringan distribusinya, sedangkan pemerintah kabupaten/kota membantu pembangunan jaringan ke rumah-rumah tangga.***(sumeks)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: