infokito

Portal Palembang – Jembatan informasi dari kito untuk kito bersamo

Bandara SMB II Terapkan Parkir Digital

Posted by infokito™ pada 30 April 2009

Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang menerapkan sistem parkir digital. Ini dilakukan sebagai upaya untuk meminimalisir kebocoran parkir.

General Manager (GM) PT Angkasa Pura (AP) II Palembang, Yon Sugiono SSos MBA, menerangkan, penerapan sistem baru dilakukan di SMB II. Pengunjung saat masuk tinggal menekan tombol berwarna hijau dan langsung mengambil karcis parkir. Sedangkan pembayarannya dilakukan ketika mereka keluar dari SMB II Palembang.

“Sebelumnya, pengelola parkir yakni Sunparking. Tapi dengan sistem digital dikelola oleh PT EZ Parking,” ujar Yon Sugiono, kemarin.

Menurutnya, selama ini pengawasan parkir tak begitu ketat. Sehingga banyak mengalami kebocoran. Dengan penerepan sistem parkir digital, diharapkan mampu meminimalisir tingkat kebocoran tersebut.

Mengenai adanya keluhan pengguna jasa parkir terkait besarnya uang parkir di Bandara SMB II, Yon mengatakan pungutan parkir yang ditetapkan adalah untuk biaya progresif. Artinya, setiap dua jam sekali, naik Rp1.000 dan itu sudah lama menjadi ketentuan serta sudah diterapkan di area parkir lainnya.

Penanggung Jawab Parkir Bandara SMB II Palembang, PT EZ Parking, Sunardi, menjelaskan, parkir digital atau main less telah berjalan lima hari belakangan. Sistem ini dilengkapi dengan kamera sensor. Sehingga saat memencet tombol karcis otomatis pintu pagar langsung terbuka. Sekaligus, sensor juga berfungsi untuk mengawasi kendaraan yang keluar-masuk.(sumeks)

2 Tanggapan to “Bandara SMB II Terapkan Parkir Digital”

  1. juju judar said

    Salam,
    dengan di terapkannya parkir digital ini menurut saya sebagai pengguna SALAH BESAR…
    Sejak diberlakukannya sistim parkir ini di bandara SMB II, kendaraaan keluar mengalami antrian panjang sampai dengan arah keluar keluar area parkir. saya harus menunggu lebih dari 15 menit untuk antre keluar gerbang pembayaran.
    Gara gara saya mengantri keluar gerbang lebih dari 15 menit, akibatnya yang harusnya bayar Rp 2000 (1 jam) menjadi tambah 1000lagi. pdahal kalau tidak antri saya kena Rp 2000.
    Kami selaku konsumen merasa dirugikan.
    Saya kembalikan ke sistem lama, karena sama saja, orang tidak akan kabur untuk membayar tarif progresif, karena kan prtalnya masih tertutup.
    Yang harus dibenahi adalah orang-orangnya dan sistem perparkirannya.
    Segala perubahan itu kami mohon di dukung dengan data, bukan trial and error, atau hany untuk kepentingan tertentu saja.
    tks

  2. juju judar said

    ada kata kata yang saya ketik tapi tidak tampil. sebelum kalimat gara gara…. ada kata misalnya gara gara.
    yang kedua, pada kata saya kembalikan…. harusnya saya mohon kembalikan….
    demikian ralat saya.tks

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: