infokito

Portal Palembang – Jembatan informasi dari kito untuk kito bersamo

Ulama se-Sumatera Satukan Visi

Posted by infokito™ pada 29 April 2009

Puluhan ulama se-Sumatera, termasuk dari Malaysia, Singapura, AS, Mesir, dan Yaman, Senin (27/4) berkumpul di Hotel The Jayakarta Jakarta Daira. Kehadiran mereka dalam rangka acara Multaqo Ulama se-Sumatera Majelis Muwasholah Baina Ulamail Muslimin untuk menyatukan visi dan berbagi ilmu mengantisipasi perkembangan zaman.

Hadir pada acara itu, Al Habib Umar bin Muhamad Hafi dz asal Yaman. Selain itu, mantan Menteri Agama (Menag) Prof Dr Said Agil Al Munawar. Drs H Mal An Abdullah selaku Korwil Majelis Muwasholah Baina Ulamail Muslimin Sumsel mengatakan, multaqo ini dalam rangka menguatkan ikatan taaruf dan silaturahmi antar ulama se-Sumsel. Termasuk yang datang dari Malaysia, Singapura, AS, Mesir dan Yaman.

“Selain itu, multaqo ulama ini untuk membantu mencari pemecahan masalah umat, dalam kaitan mencapai kemaslahatan bersama,” kata mantan Kakanwil Depag Sumsel itu. Diharapkan setelah mengikuti multaqo ini, para ulama bisa memberikan kebenaran tentang dinamika terbaru dan terkini kepada masyarakat sesuai dengan kondisi sekarang.

Momen ini hendaknya bisa dimanfaatkan pula untuk saling silaturahmi. “Ini yang pertama kalinya dilakukan di wilayah Sumatera,” kata Mal’an. Selain itu, di Sumsel sendiri akan dibentuk majelis taklim berkurikulum. Tujuannya menyatukan visi dan misi seluruh majelis taklim yang ada di Sumsel. Saat ini, sudah ada 25 majelis taklim yang menyatakan diri siap bergabung di Palembang.

Sementara itu, Al Habib Umar bin Muhammad bin Hafidz menegaskan bahwa acara Multaqo Ulama itu untuk memantapkan usaha pembangunan jiwa Islam dalam kaitan khilafah. Tapi sangat disayangkan, lanjut Al Habib Umar,  belakangan ini terjadi perpecahan antar kelompok, dan kehancuran moral para pemuda dan pemudi Islam.

“Dalam kaitan itu, peran kalangan ulama sangat besar guna membangun kembali persatuan antarkelompok dan pemuda serta pemudi Islam dari kehancuran,” tegasnya. Dikatakannya, saat ini yang menjadi sasaran untuk dihancurkan dan dipecah belah adalah para ulama. Jika para ulama telah berpecah belah, akan timbul keraguan di kalangan kaum muslimin. Tadi malam, digelar tablig akbar di Masjid Agung Palembang.***(sumeks)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: