infokito

Portal Palembang – Jembatan informasi dari kito untuk kito bersamo

Serap Informasi, Kembangkan Hotspot, Menuju Kota Internasional

Posted by infokito™ pada 28 April 2009

Bukti nyata yang dilakukan Pemkot ke arah kota Internasional, sebenarnya sudah dirintis sejak pertengahan tahun 2008 lalu. Melalui bagian umum, Pemkot mengembangkan 24 kawasan hotspot (bebas internet) tersebar di seluruh sudut kota.

Pada titik hotspot, sebut saja di kantor Walikota, BKB, Masjid Agung, dan Kambang Iwak, masyarakat bebas menjelaja dunia maya serta memperoleh informasi. Pemasangan titik hotspot umumnya berdampingan pada 27 secuirity camera (kamera pengaman). Kamera pengaman sendiri dipasang di persimpangan untuk mengetahui seputar lalu lintas dan keamanan.

“Pengembangan hotspot oleh Pemkot awalnya hanya untuk rangsangan. Sekarang kantor, sekolah, mall, dan instansi lain sudah banyak memasang hotspot sendiri,” ujar Kabag Umum Setda Kota, Andi Wiajaya Busro SH, Mhum, melalui Kasubag Sandi dan PDE (Pengelolaan Data Elektronik), Marta Edison S Kom Msi.

Pengembangan Hotspot, merupakan langkah Pemkot, sesuai intruksi Walikota untuk membebaskan warga kota dari buta internet. Pasalnya, sudah ada gejala yang sangat baik, dimana sekelas kalangan pelajar pun, sering menenteng laptop. Nah, ketika masuk ke titik hotspot, pelajar seperti ini langsung bisa internetan.

“Harapannya, tentu ke arah positif, pelajar dapat mengakses ilmu dari internet,” tegas Marta. Selain kawasan hotspot, kamer pengintai, bagian umum pun telah memasang mesin layar sentuh (touch screen) pada 14 titik, di tempat kunjungan wisata. Diperuntukan bagi wisatawan luar daerah untuk mengakses informasi seputar Palembang (tempat wisata, belanja dan lainya). Tentu saja, data yang ada
terus di up-date.

Mesin layar sentuh ini, dapat ditemukan pada Mall, seperti Palembang Square (PS) Palembang Indah Mall (PIM), Palembang Trade Center (PTC). Termasuk hotel berbintang, mulai Novotel, Horison, Quality, Sanjaya, dan Swarna Dwipa. Ditambah lima titik lain, mulai dari Bandara SMB II, Musium SMB II, Dermaga BKB/Riverside Restoran, Palembang Information Board, hingga kantor Walikota. (*)

2 Tanggapan to “Serap Informasi, Kembangkan Hotspot, Menuju Kota Internasional”

  1. haris said

    Hotspot di palembang banyak yg gak beres alias (putus nyambung)2x trus, jd bete. Perbaiki dong !!!

  2. IKHWANI said

    Assalamualaikum wr.wb.
    Bapak Walikota Palembang Yth. cakmano kalu di Kantor Dinas Pertanian Kota/Kantor Camat Gandus/SMPN 28 jugo dipasangi hotspot? Sebab di situ jugo banyak kantor/instansi Pemkot Plg dan kami jugo biso melok makenyo. Terimo kasih atas perhatiannyo. Wassalamualaikum wr.wb.

    Hormat saya,

    IKHWANI
    08197852070

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: