infokito

Portal Palembang – Jembatan informasi dari kito untuk kito bersamo

Sosialisasi Tetap Sekali Contreng

Posted by infokito™ pada 28 Februari 2009

KPU Provinsi Sumsel tetap konsisten untuk mensosialisasikan satu kali contreng pada surat suara Pemilu Legislatif 2009. Meski peraturan pemerintah pengganti undang-undang (Perppu) nantinya bisa keluar membolehkan dua kali contreng, di lambang parpol dan nama caleg, namun KPU Provinsi Sumsel akan memprioritaskan soal itu kepada penyelenggara Pemilu saja.

“Memang kami sudah mendengar kalau pemerintah segera mengeluarkan Perppu mengenai contreng. Kalau tidak salah pada tanggal 3 Maret nanti,” ujar anggota KPU Provinsi Sumsel Chandra Puspa Mirza, Jumat (27/2).

Pihak KPU Provinsi Sumsel lanjut Chandra tidak akan mengubah metode dan materi kampanye dan sosialisasi pemberian suara yang dilakukan selama ini. KPU Provinsi Sumsel dipastikan tetap akan konsen mengajak masyarakat melakukan sekali contreng.

“Tetap. Kami tetap akan melakukan pembalajaran dan mengajak masyarakat sekali contreng. Tidak dua kali, meski di perpu disahkan dua kali contreng,” katanya.

Dijelaskan bahwa pihak KPU Provinsi Sumsel tidak mau membuat masyarakat bingung dengan mengubah sosialisasi yang selama ini telah berjalan. Kalau  ada sosialisasi dua kali contreng, itu hanya akan dilakukan kepada para penyelenggara pemilu.

“Anggaplah yang dua kali (contreng, Red) khusus untuk interen saja. Sedangkan masyarakat cukup satu kali contreng. Yang dua kali itu kami anggap kalau-kalau ada masyarakat yang contreng dua kali. Sehingga saat dilakukan penghitungan tidak salah lagi,” jelasnya.

Bila memang dua kali contreng tetap sah kata Chandra, itu hanya berlaku pada untuk satu caleg saja. Jika ditemukan ada penandaan ke dua caleg berbeda, atau dua partai berbeda maka tetap tidak sah.

“Jadi hanya untuk satu caleg sama saja. Misalnya ke nomor caleg dan nama caleg. Atau ke nama atau nomor dengan gambar partai. Nah, kalau seperti yang kedua, maka suara lari ke caleg. Bukan ke partai,” paparnya. (sgn)

2 Tanggapan to “Sosialisasi Tetap Sekali Contreng”

  1. dani said

    pemilu tetep harus milih donk……

  2. aef mubarak said

    Sudah waktunya kita (hamba Allah yang baik)saat ini, gunakan hak pilihnya sebaik mngkin untuk memilih orang -orang kuat dan amanat yang mampu (kredibel & prediktebel)menegakkan kebenaran Ilahy di bumi Allah Indonesia.Hindari lintasan pandangan golput sejauh-jauhnya dari manapun datang dan asalnya. Kita bulatkan niyat mencontreng se bagai ibadah .

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: