infokito

Portal Palembang – Jembatan informasi dari kito untuk kito bersamo

Bengkulu Tertarik Ekspor Batubara Sumsel

Posted by infokito™ pada 26 Februari 2009

Pemerintah Provinsi Bengkulu tertarik untuk mengekspor batubara asal Sumsel dengan membangun rel Kereta Api lintas jarak pendek Linau-Pulau Bai langsung ke Tanjung Enim Sumsel dengan panjang rel 167 kilometer. Pembangunan rel yang akan tuntas akhir 2010 ini, pada tahap awal akan mengangkut 5-10 juta ton batubara per tahun.

Hal ini dikemukakan Gubernur Bengkulu, Agusrin Najamuddin kepada wartawan usai bertemu Gubernur Sumsel, Ir H Alex Noerdin SH, Rabu (25/2) di ruang kerjanya. Menurut Agusrin, Sumsel memiliki 46 persen deposit batubara sebagai stok nasional karenanya Bengkulu tertarik untuk mengeluarkan batubara tersebut dari tambangnya di Bukit Asam. Untuk itu, niat untuk kerjasama dengan PTBA ini sudah mulai dirancang dua tahun lalu dan kini sudah ada kesepahaman.

Pemerintah Provinsi Bengkulu dengan investor asing saat ini sudah melakukan pekerjaan fisik dengan total investasi Rp 10 triliun melibatkan beberapa negara dan mitra usaha dalam negeri. “Apa yang dilakukan pemerintah Bengkulu, tidak akan mengganggu proyek pembangunan Dermaga Tanjung Api-Api. Begitu pun dengan pengakutan batubara Sumsel-Lampung,” kata Agusrin.

Dikatakan untuk tahap awal, kapasitas angkut memang 5-10 juta per tahun. Hanya saja, untuk target jangka panjang diupayakan 50 ton juta per tahun batubara Sumsel terangkut melalui pelabuhan Samudera Pulai Baai.  “Pekerjaan fisik akan selesai akhir 2010 ini dan kegiatan pengakutan sudah bisa dilakukan,” katanya.

Disinggung mengenai kompensasi yang didapatkan Sumsel, Agusrin mengatakan, “Daerah pemilik barang asal berhak mendapatkan retribusi. Apakah bagi dua, atau pola kerjasama lain yang sama-sama menguntungkan
daerah,” katanya.

Gubernur Sumsel Alex Noerdin menyambut baik rencana gubernur Bengkulu. Menurutnya batubara Sumsel memang harus digali lebih banyak sehingga  pengangkutan batubara melalui Lampung, Bengkulu dan Tanjung Api-api bisa maksimal. Kandungan batubara Sumsel tidak akan habis hingga 50 tahun mendatang.

Diperkirakan, jika batubara Sumsel tidak dikeluarkan hingga 50 tahun ke depan, maka harga batubara akan jatuh. Pasalnya, di masa mendatang akan ada sumber energi alternatif. “Batubara 50 tahun ke depan tidak laku lagi karena sudah ada energi alternatif lain sebagai pengganti,” katanya.***(sin-sripoNews/infokito.net)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: