infokito

Portal Palembang – Jembatan informasi dari kito untuk kito bersamo

Sumsel Minta Areal TAA jadi KEK

Posted by infokito™ pada 21 Februari 2009

Sebagai salah satu provinsi dengan sumber daya alam (SDA) yang berlimpah, Sumsel meminta salah satu wilayahnya ditetapkan pemerintah pusat sebagai kawasan ekonomi khusus (KEK). Wilayah itu adalah kawasan pelabuhan Tanjung Api-Api (TAA).

Hal ini terungkap saat kedatangan tim panitia khusus (pansus) KEK DPR RI yang diketuai Azzam Azman Natawijana ke kantor Gubernur Sumsel, kemarin (20/2). Dijelaskan Azzam, kedatangan tim pansus dalam rangka menyerap aspirasi daerah, khususnya di Sumsel untuk menyempurnakan rancangan undang-undang(RUU) KEK.

“Kita anggota tim ada 10 orang dari 7 fraksi. Namun ada sejumlah teman yang tidak bisa hadir. Kedatangan kita dalam rangka meminta masukan dari semua pihak sebelum RUU KEK disahkan menjadi UU KEK,”jelasnya. Nantinya, KEK akan menjalankan fungsi perekonomian yang berperan khusus di suatu daerah.

“Mungkin satu zona atau beberapa zona. Untuk pengembangan usaha perdagangan, jasa, energi, perikanan, pos dan telekomunikasi dan lainnya,”beber Azzam. Namun, direncanakan akan ada kawasan yang diperuntukkan khusus bagi pengembangan usaha mikro, kecil dan menengah.

Dikatakan ketua tim pansus KEK DPR RI ini, sejumlah criteria KEK mesti dipenuhi. Diantaranya, daerah yang hendak dijadikan KEK harus sesuai dengan tata ruang wilayah, tidak menggunakan kawasan hutan lindung, adanya dukungan pemerintah, punya potensi, dan mempunyai batas wilayah yang jelas.

“Nantinya, di sana akan ada fasilitas fiscal dan fasilitas non fiscal yang menunjang proses perekonomian kawasan KEK,”bebernya. Wagub Sumsel, H Eddy Yusuf SH mendukung upaya tim pansus KEK DPR RI mencari masukan aspirasi sebelum RUU KEK disahkan menjadi UU. “Yang pasti, kawasan TAA merupakan satu-satunya wilayah yang saat ini cocok untuk dijadikan KEK di Sumsel,”tuturnya.

Ditambahkan Wagub, provinsi Sumsel mempunyai potensi SDA yang beranekaragam. Potensi wilayah itu sangat berperan nantinya dalam mendukung pengembangan TAA menjadi KEK di Sumsel. Hadir pada pertemuan itu, sejumlah pejabat dari pemerintah kabupaten/kota di Sumsel. Sejumlah pejabat teras provinsi Sumsel seperti Kadis Koperasi dan UKM Drs H Abdul Shobur, Kadisperindag Sumsel Drs Eppy Mirza, dan lainnya. (sumeks)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: