infokito

Portal Palembang – Jembatan informasi dari kito untuk kito bersamo

Rangkul Asia, tapi Pakistan Diserang

Posted by infokito™ pada 15 Februari 2009

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Hillary Rodham Clinton akan bertolak ke Asia hari ini dalam kunjungan pertamanya sebagai pejabat pemerintahan Barack Obama. Untuk kali pertama, Asia menjadi jujukan  perdana Menlu Negeri Paman Sam. Sebelumnya, Menlu AS pasti memprioritaskan kunjungan ke Eropa atau Timur Tengah terlebih dulu. Tapi, perubahan tempat kunjungan itu diprediksi banyak pihak tidak akan banyak membawa perubahan dalam hal kebijakan luar negeri AS. Namun,  setidaknya, keputusan Hillary mengunjungi Asia itu menjadi pertanda baik bagi hubungan kedua wilayah.

Dengan mengunjungi Jepang, Indonesia, Korea Selatan (Korsel) dan  Tiongkok, pemerintahan Obama membuktikan janjinya untuk lebih merangkul Asia. ”Penting untuk disampaikan bahwa kami berusaha mempererat hubungan kami dengan dunia luar. Bukan hanya dengan negara-negara yang akan kami kunjungi, tapi dengan Asia secara luas dan juga Pasifik,” ujarnya menjelang keberangkatannya kemarin (14/2).

Dilaporkan Associated Press, di empat negara yang akan dia kunjungi, Clinton mengusung sejumlah agenda global. Diantaranya, isu tentang perubahan iklim dan krisis keuangan. Namun, isu nuklir Korea Utara (Korut) dan perang teror di Pakistan serta Afghanistan juga akan ikut dibahas. Terutama, dalam pertemuannya dengan pemimpin Jepang, Korsel dan Tiongkok.

Di Korsel, perempuan 61 tahun tersebut akan membicarakan nuklir Korut. Dia berharap, Negeri Kim Jong-Il itu bisa lebih lunak. ”Jika Korut bersedia dengan tulus menghentikan aktivitas nuklir mereka yang mengarah pada senjata, pemerintahan Obama akan dengan senang hati menormalisasi hubungan dengan mereka,” ujarnya. Pejabat yang akan mendampingi Clinton adalah utusan khusus AS untuk perubahan iklim Todd Stern.

Bertepatan dengan dirilisnya janji kerja sama segala bidang dengan Asia, Pakistan melaporkan adanya serangan rudal AS yang menewaskan sedikitnya 27 orang. Rudal yang diduga kuat berasal dari serangan udara AS itu menghantam kamp pelatihan Taliban dan menyebabkan militan yang  berada di sana tewas dan terluka. ”Dua rudal meledak di kamp Komandan Baitullah Mehsud di Ladha,” terang Taliban kemarin (14/2).

Namun, Mehsud sedang tidak ada di tempat. ”Serangan ganda itu menewaskan 27 orang,” lapor militer Pakistan yang semula menyebut jumlah korban hanya 20 jiwa. (hep/ttg/jawapos)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: