infokito

Portal Palembang – Jembatan informasi dari kito untuk kito bersamo

Modus Penipuan Rumah Murah

Posted by infokito™ pada 10 Februari 2009

Penipuan mengatasnamakan pejabat kembali terjadi. Kali ini menyangkut program rumah murah. Warga yang terlanjur mendaftarkan diri untuk dapat rumah murah program perumahan murah kebingungan. Mereka mempertanyakan program tersebut karena sampai saat ini belum ada kabar lebih lanjut padahal sudah menyetorkan uang Rp 75.000 untuk pendaftaran.

Seperti dituturkan beberapa warga di Jl Rajawali II Kelurahan Talang Aman Kemuning. Mereka sudah membeli formulir dan kemudian mendaftarkan diri ke Ikatan Kesejahteraan Keluarga Buruh Becak Sumatera Selatan (IK2B2SS) yang berkantor di Jl Ali Gatmir 10 Ilir Palembang. Semula warga mengira program rumah murah itu adalah program rumah murah yang diprogramkan Gubernur Alex Noerdin. Tetapi kemudian diketahui adalah program rumah murah yang diakui IK2B2SS program rumah murah Pemkot Palembang.

Syarat untuk mengajukan kredit rumah murah tersebut harus membuat pernyataan  permohonan yang disediakan IK2B2SS dengan melampirkan fotocopy KTP dan KK masing-masing 2 lembar, fotokopi akta nikah 8 lembar, Materai Rp 6.000, serta surat keterangan tidak memiliki rumah dari Kelurahan.

“11 Desember lalu aku la bayar, katonyo kagek dikabari. Sewaktu mendaftar, aku disuruh ngumpulke berkas-berkas yang dipintanyo. Aku sudah siapke dan besoknyo langsung dibayar. Katonyo itu rumah murah yang disiapkan Pak Alex,” kata Dewi, warga Jalan Rajawali II Kemuning.

Sementara, Elly warga yang sama menjelaskan, dirinya mengurus persyaratan untuk pendaftaran sampai tiga hari. “Kami tau adonyo pembukaan pendaftaran itu, dari warga-warga sinilah, aku melok-melok bae, banyak jugo yang melok. Waktu mendaftar, katonyo sudah 800 orang, jadi mungkin bae sudah cukup,” ujarnya seraya mengaku dalam formulir disebutkan rumah murah itu tipe 36 RSH lokasi di Lebong Gajah, Sekojo Ujung. Sedangkan lokasi rumah murah program Gubernur Alex Noerdin diketahui di Jakabaring atau Musi II. Menurut warga yang memungut uang pendaftaran Rp 75.000 itu adalah pengurus IK2B2SS  disetorkan kepada oknum Hs.

Nomor ponsel yang dicantumkan dalam formulir IK2B2SS dihubungi Sripo, disambut seseorang  laki-laki. Menurut sumber ini, pendaftaran untuk rumah murah program Walikota sudah tutup  arena sudah penuh. Menurutnya, lokasi pembangunan rumah semula direncanakan kawasan  Sekojo. Tapi sampai saat ini rencana lokasi belum jelas.

“Rumah murah ini baru rencana, kalau awalnya di kawasan Sekojo Ujung, tapi sekarang belum jelas,” kata sumber ini buru-buru menutup teleponnya.(trs-sripo)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: