infokito

Portal Palembang – Jembatan informasi dari kito untuk kito bersamo

Arca Kepala Merah Diteliti

Posted by infokito™ pada 31 Januari 2009

Pascapenemuan Arca Kepala Merah yang ditemukan Ranan (35) warga Benua Raja, Senin (20/1) terus ditindaklanjuti. Untuk memastikan kebenaran apakah batu tersebut peninggalan massa megalitihikum, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Lahat mendatangi lokasi. Disini petugas mengambil sample dan foto arca.

Kabid Seni dan Kebudayaan Lahat  Sapran yang didampingi Irvan Witarto, staf ahli Bidang Seni Budaya Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Lahat mengatakan, untuk saat ini pihaknya belum bisa memastikan apakah arca tersebut merupakan peninggalan jaman dahulu atau bukan. “Kita kesini untuk meneliti asal arca ini,” tukasnya.

Dari penggamatan dan pengukuran yang dilakukan, batu ini memiliki tinggi 130 cm dengan lebar badan 80 cm, dan diameter kepala 60 cm.  ”Kita belum bisa menyimpulkan asal dan umur arca karena bukti yang didapat masih akan diserahkan ke kantor Arkeologi Palembang,” paparnya.

Berdasarkan pengamatan, lanjutnya, arca ini memiliki dua bahan batu yang berbeda, bahan batu untuk kepala adalah bahan batu berporos dan bagian badannya menggunakan batu andeship.

”Untuk saat ini belum dapat dikatakan patung bersejarah seperti yang banyak ditemukan di Lahat dan Pagaralam. Karena bisa saja bentuk dari batu ini terjadi karena faktor alam,” bebernya.

Terpisah Retno Purwanti, peneliti benda-benda purbakala di Balai Arkeologi Palembang mengatakan, pihaknya belum menerima hasil atau data secara detail tentang arca ini. “Kita baru baca dari Sumeks, tapi belum lihat langsung baik foto atau gambarnya secara jelas,” tukasnya.

Jadi, lanjutnya, dia belum dapat memastikan arca kepala merah ini arca peninggalan masa lalu atau hanya batu biasa yang banyak di daerah Pagaralam dan sekitarnya.  ”Kita akan pastikan jika hasilnya sudah dikirim pemerintah setempat ke kita,” jelas Retno yang rencananya April, Tim Arkeologi Palembang bakal ke Pagaralam dan sekitarnya. (sumeks)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: