infokito

Portal Palembang – Jembatan informasi dari kito untuk kito bersamo

Cadangan Beras Sumsel Aman

Posted by infokito™ pada 29 Januari 2009

Cadangan pangan, dalam hal ini beras, di Provinsi Sumsel dinyatakan aman. Paling tidak jumlah cadangan yang ada saat ini bisa untuk stok hingga bulan April 2009.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Provinsi Sumsel Qulyubi Nawawi, Kamis (29/1), disela-sela Seminar Perubahan UU Pangan yang berlangsung di Graha Bina Praja, Pemprov Sumsel.

Menurut Qulyubi, pada bulan Februari 2009 mendatang Provinsi Sumsel sudah mengalami panen. Dengan demikian stok cadangan beras akan bertambah dari yang saat ini tersimpan sekitar 30-35 ribu ton beras. “Jadi untuk cadangan beras di Provinsi Sumsel yang tersimpan di Bulog, aman,” ungkapnya.

Untuk panen bulan Februari mendatang, dari luasan panen diperkirakan akan menghasilkan 200-300 ribu ton gabah. Hal tersebut menurut Qulyubi berdasarkan peta luasan panen.

Mengenai banyaknya hasil panen dari Sumsel yang dibawa keluar, khususnya ke Lampung, Qulyubi mengatakan semata-mata karena faktor kedekatan secara geografis saja. selain itu belum ada aturan yang membatasi pemasaran pangan.

“Jadi mekanisme pasarnya bebas untuk pangan. Belum ada pengaturan bahwa petani Sumsel tidak boleh jual ke Lampung. Itu tidak ada dan tidak mungkin diusulkan dalam UU supaya ada pembatasan,” jelas Qulyubi.(sh/sripo)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: