infokito

Portal Palembang – Jembatan informasi dari kito untuk kito bersamo

Tarif Angkutan Umum Turun 25%

Posted by infokito™ pada 28 Januari 2009

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muba melalui Dinas Perhubungan kemarin menurunkan tarif angkutan umum (angkum) sebesar 25 %. Ketentuan tersebut mulai berlaku setelah dilakukan rapat dengan tokoh masyarakat, LSM, kalangan akademisi, sopir angkot, dan pihak organda.

Penetapan tarif baru tersebut mengiringi penurunan harga bahan bakar (BBM) jenis solar dan bensin premium yang mengalami penurunan sejak pertengahan Januari lalu.

Menurut Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Muba Sofyan Wahidoen, semua angkutan umum yang beroperasi di dalam Kota Sekayu kini menggunakan tarif baru, yaitu untuk umum dari Rp2.500 menjadi Rp2.000, bagi mahasiswa dari Rp2.000 menjadi Rp1.500 dan pelajar Rp1.500 tidak mengalami penurunan.

Khusus angkutan desa (angdes) di Muba nantinya akan dilakukan pembahasan ulang.Karena hingga kini belum ditentukan besarnya tarif angkutan. ”Angkot sudah turun sejak Sabtu yang lalu, namun untuk angdes memang belum karena memang belum dilakukan pembahasan,” katanya kemarin.

Dia menjelaskan, penurunan tarif tersebut telah dilakukan kajian dan survey terlebih dahulu bersama pihak terkait.Evaluasi yang dilakukan bersama terhadap masyarakat, sebagai pengguna jasa angkutan umum tersebut. Penurunan tarif angkutan umum, berpedoman pada aturan yang jelas dari pemerintah pusat, dan pemerintah provinsi.

“Kita sudah memiliki acuan yang jelas, dalam menurunkan tarif angkutan umum tersebut,” tukasnya. Ketua Komisi I DPRD Muba Hassan Usman mendukung sepenuh penurunan tarif angkutan umum di Muba. Karena harga BBM yang telah turun pada 15 Januari yang lalu, sehingga harus diikuti oleh penurunan tarif angkutan umum dan beberapa tarif lainnya.

Dia menegaskan, tidak ada alasan bagi Pemkab Muba untuk tidak menurunkan tarif angkutan umum.Karena beberapa waktu lalu,kenainkan tarif angkutan berpatokan pada harga BBM. Jadi saat ini harus berpatokan juga, pada harga BBM yang telah mengalami penurunan itu.

“Kami berharap dengan turunnya tarif dapat meringankan bebean masyarakat dan harus dipatuhi oleh semua,” tukasny.a***sindo

Satu Tanggapan to “Tarif Angkutan Umum Turun 25%”

  1. nasuha said

    harusnya pemkab muba itu lebih peka lagi dalam melihat realita masyarakatnya, banyak sekali sektor riel misalnya sarana umum yaitu jalan raya dan jalan penghubung antar desa yang kondisinya sudah sangat memprihatinkan harusnya ada kepekaan dari pihak yang berwenang, karna jalan merupan sektor riel dalam peningkatan perekonomian masyarakat muba bahkan peningkatan pendapatan daerah…
    semoga pemkab musi banyuasin tidak terbuai dengan jabatanya sehingga dapat menjalankan roda kepemerintahanya dengan baik…. ingat kalian digaji tidak hanya untuk kentut,,, thenk

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: