infokito

Portal Palembang – Jembatan informasi dari kito untuk kito bersamo

Prajurit Keraton Yogya Dulu dan Kini

Posted by infokitoâ„¢ pada 24 Januari 2009

Prajurit Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat dibentuk pada masa pemerintahan Hamengku Buwono I sekitar abad 17. Yakni pada 1755 Masehi. Pada masa itu, kekuatan pasukan bersenjata ini disegani. Terdiri dari infanteri dan kavaleri yang membawa senapan api, meriam, dan senjata tradisional semacam pedang, tombak, serta panah.

Yuniarso dalam Cinderamata 250 Tahun Kota Jogjakarta (1756-2006), menyebutkan bahwa sejarah pernah merekam keandalan pasukan itu saat pertempuran di Bagelen, Purworejo, Jawa Tengah, Desember 1751. Ketika itu, komandan pasukan Belanda Mayor Klerck berhadapan langsung dengan abdi dalem Mantrijero bernama Wiradigda.

Tombak Wiradigda berhasil menusuk bahu sang komandan hingga pedang marsose dalam genggamannya terjatuh. Mayor Klerck kemudian mengambil pistol dan mengarahkannya ke Wiradigda. Namun pada saat yang tepat, prajurit bernama Prawirarana berhasil menusukkan tombak ke leher sang musuh hingga tewas seketika.

Tombak itu kini diabadikan sebagai salah satu pusaka Keraton Kasultanan Yogyakarta dengan nama Kanjeng Kyai Klerek. Setelah peristiwa pendudukan keraton oleh Inggris, kekuatan bersenjata keraton menyusut drastis. Yogyakarta tidak lagi dibenarkan memiliki angkatan bersenjata yang kuat. (*/berbagai sumber/N-4-mediaindonesia)

prajurit baru
Prajurit Keraton Yogya [antara]
prajurit keraton
Prajurit Keraton Yogya tempo doeloe [dok. keraton]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: