infokito

Portal Palembang – Jembatan informasi dari kito untuk kito bersamo

Kontroversi Senjata Pasukan Yahudi

Posted by infokito™ pada 24 Januari 2009

Angkatan Bersenjata Israel (IDF) dituduh memakai sejumlah senjata yang kontroversial selama aksi penyerbuan tiga pekan ke Jalur Gaza. Salah satunya bom fosfor. Badan Tenaga Atom Internasional (IAEA) kemarin menyatakan bakal menggelar serangkaian penyelidikan atas kemungkinan dipakainya sejumlah senjata yang telah dilarang penggunaannya oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa. Apa saja senjata itu? ● AP | GRAPHICNEWS | DRE

FOSFOR PUTIH

Senjata pembakar yang dipakai untuk membuat filter asap atau menandai target. Asap bom fosfor bisa menyebabkan kulit terbakar bahkan hingga ke tulang.

DEPLETED URANIUM

Depleted uranium (DU) kerap dipakai di ujung kepala pelor atau roket agar pelor atau roket tersebut memiliki daya tembus yang luar biasa. Senjata yang memakai DU biasanya mampu menembus baja.
Penggunaan DU memang menjadi kontroversi berkait dengan bahan radioaktif uranium yang digunakannya. DU dapat menyebabkan kanker dan kerusakan genetis.

MORTIR BERPEMANDU GPS

Mortir yang dikendalikan dengan radar atau sistem navigasi satelit (GPS) ini diklaim membuat angka kematian di Jalur Gaza melambung. Maklumlah, senjata terbaru Israel dengan teknologi mutakhir ini amat sangat akurat hingga jarak 3 meter. Senjata ini baru meleset bila targetnya berada dalam jarak di atas 30 meter.

BOM CURAH ATAU TANDAN

curah

Bom curah ini bekerja seperti curah hujan yang menyebar ke segala penjuru. Bila gagal mengenai sasarannya, sisa-sisa curahan bom itu akan menjadi ranjau darat dalam waktu lama. Bom curah ini konon dipakai di Libanon dan Gaza. Seratus negara telah menandatangani Traktat Antibom Curah, yang isinya melarang penimbunan dan penggunaan bom curah, di ibu kota Norwegia, Oslo, Desember tahun lalu. Israel salah satu negara yang menolak meratifikasi traktat tersebut. ● koran-tempo

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: