infokito

Portal Palembang – Jembatan informasi dari kito untuk kito bersamo

Pemkab OKUT Buka Peluang Peserta Transmigrasi

Posted by infokito™ pada 22 Januari 2009

Pemerintah Kabupaten OKU Timur melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) setempat tengah mencari warga OKUT yang hendak menjadi peserta Transmigrasi Swakarsa Berbantuan dengan wilayah penempatan disekitar kawasan Kota Terpadu Mandiri (KTM).

Kepala Disnakertrans OKUT Ir HM Yamin MM, Kamis (22/1) menyebutkan program transmigrasi swakarsa berbasis pertanian ini akan segera dimulai pada tahun anggaran 2009 ini juga dengan jumlah peserta sebanyak 25 KK  yang meliputi 9 Kecamatan dilingkungan kawasan KTM seperti wilayah Tanjung Kukuh dan desa Taman Mulyo dan sekitarnya.

“Program ini  didanai APBN Depnakertrans,” ungkapnya.

Menurut M Yamin, syarat utama bagi warga yang akan mengikuti program transmigrasi diantaranya harus memiliki lahan minimal dua hektar, selanjutnya diatas lahan itu akan dibangunkan perumahan bagi anggota keluarga yang memiliki lahan tersebut, selanjutnya peserta trans akan diberikan jatah modal usaha Rp 10 juta per keluarga, dan  tanggungan hidup (jadup) sebesar  Rp 300 ribu perbulan selama satu tahun.

“Tujuan dari transmigrasi ini tidak lain untuk membantu warga memiliki rumah yang layak disamping mengisi wilayah yang kosong dengan tujuan penyebaran penduduk,” paparnya.

Dijelaskannya, selain program tansmigrasi Swakarsa Berbantuan pihaknya juga akan melanjutkan program transmigrasi sisipan berbasis profesi yang sudah dilakukan sejak tahun 2006  hingga 2008 sudah ada sekitar 45 kepala keluarga yang menjadi peserta transmigrasi tersebut.

Tahun 2009 ini kita rencanakan akan ditempatkan lagi 10 KK peserta transmigrasi berbasis profesi dengan dana APBD OKUT dan akan ditempatkan disekitar pesisir komering,” pungkasnya.***(herman-sripo)

Satu Tanggapan to “Pemkab OKUT Buka Peluang Peserta Transmigrasi”

  1. sudarni said

    program bagus dan cocok karena akan berdampak pada peningkatan ekonomi, keamanan, dan keterbukaan wilayah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: