infokito

Portal Palembang – Jembatan informasi dari kito untuk kito bersamo

Israel Tarik Pasukan dari Gaza

Posted by infokito™ pada 20 Januari 2009

Pasukan Israel menarik diri dari sejumlah posisi penting di dalam dan sekitar Kota Gaza, Minggu, setelah negara Yahudi itu mengumumkan gencatan senjata sepihak dalam perang dengan Hamas, kata beberapa saksi mata.

“Pasukan darat mundur ke arah pagar perbatasan Israel di Jalur Gaza bagian timur dan utara,” kata mereka.

Televisi Israel menayangkan gambar prajurit-prajurit yang berjalan keluar dari jalur pesisir yang porak-poranda itu, banyak dari mereka membawa bendera dan menunjukkan tanda kemenangan. Militer juga mengonfirmasi bahwa pasukan Israel telah memulai penarikan bertahap dari Jalur Gaza.

“Saya bisa mengonfirmasi bahwa penarikan bertahap dari Jalur Gaza mulai dilakukan,” kata seorang juru bicara militer Israel kepada AFP.

Penarikan itu dilakukan setelah Perdana Menteri Israel Ehud Olmert pada Sabtu larut malam memerintahkan diakhirinya operasi-operasi ofensif di Gaza setelah pertempuran 22 hari yang dirancang untuk mengakhiri penembakan roket Hamas ke wilayah negara Yahudi itu.

Namun, dalam pernyataannya itu Olmert mengatakan pasukan Israel tetap berada di wilayah tersebut dan akan balas menembak jika mereka diserang. Minggu, secara terpisah Hamas juga mengumumkan gencatan senjata sepekan untuk memberi waktu Israel menarik diri dari wilayah itu.

“Kami dalam gerakan-gerakan perlawanan Palestina mengumumkan gencatan senjata di Jalur Gaza dan menuntut pasukan musuh ditarik dalam waktu sepekan dan membuka semua lintasan perbatasan agar bantuan kemanusiaan dan barang kebutuhan pokok bisa masuk,” kata Mussa Abu Marzuk, Wakil Kepala Politbiro Hamas, di Damaskus.

Dalam pernyataannya, Minggu, Olmert mengatakan, ia ingin menarik pasukan Israel dari Jalur Gaza “secepat mungkin” setelah gencatan senjata sepihak Israel itu.

Telan 1300 Korban
Sedikitnya 1.300 orang Palestina, termasuk lebih dari 400 anak, tewas dan 5.300 orang cedera di Jalur Gaza sejak Israel meluncurkan ofensif terhadap Hamas pada 27 Desember. Di pihak Israel, hanya tiga warga sipil dan 10 prajurit tewas dalam pertempuran dan serangan roket.

Selama perang 22 hari itu, sekolah, rumah sakit, bangunan PBB, dan ribuan rumah rusak terkena gempuran Israel, dan Pemerintah Palestina menyatakan bahwa jumlah kerugian prasarana saja mencapai 476 juta dollar.

Penghentian serangan itu dilakukan setelah negara Yahudi tersebut memperoleh janji dari Washington dan Kairo untuk membantu mencegah penyelundupan senjata ke Gaza, hal utama yang dituntut Israel bagi penghentian perang.

Kelompok Hamas menguasai Jalur Gaza pada Juni tahun 2007 setelah mengalahkan pasukan Fatah yang setia pada Presiden Palestina Mahmud Abbas dalam pertempuran mematikan selama beberapa hari. Sejak itu wilayah pesisir miskin tersebut diblokade oleh Israel.

Tim MER-C Indonesia Selamat
Sementara itu, setelah sempat tidak bisa dikontak, empat relawan “Medical Rescue Commite” (MER-C) Indonesia yang menjadi tim pertama asal Indonesia yang bisa masuk ke wilayah Palestina, Sabtu (17/1) lalu, dipastikan tiba dengan selamat. Mereka dipastikan sudah masuk Jalur Gaza Senin siang waktu Kairo, Mesir, pukul 13.30 waktu setempat (18.30 WIB).

“Ya…di Rumah Sakit (RS) Shifa Gaza saat ini ada tiga dokter dan seorang staf dari Indonesia (MER-C), yang sudah membantu merawat korban warga Palestina yang luka-luka akibat serangan Israel,” kata dr Hussein Ashour Kepala RS Shifa Gaza melalui sambungan telepon yang dilakukan Muhammad Arifin staf Bidang Ekonomi KBRI Kairo dalam bahasa Arab.

Tim relawan yang dilaporkan telah masuk Gaza adalah tim yang terdiri atas tiga dokter dan seorang yang bertugas mendukung keperluan logistik itu adalah Presidium MER-C dr Jose Rizal Jurnalis, SpOT, dr Indragiri, SpAN, dr Syarbini Abdul Muradz dan Moh Mursalim (logistik).

Para relawan itu tidak bisa dihubungi melalui hubungan telepon dari Rafah, perbatasan Mesir-Palestina, El-Ashir ibukota Provinsi Sinai Utara Mesir —provinsi dimana Rafah masuk wilayah administratifnya—serta dari Kairo, dan bahkan dari Jakarta, belum bisa dilakukan.

***antaraNews

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: