infokito

Portal Palembang – Jembatan informasi dari kito untuk kito bersamo

Kerusakan di Gaza Mencapai 1,4 miliar Dolar

Posted by infokito™ pada 16 Januari 2009

Kerusakan yang diakibatkan oleh serangan Israel di Jalur Gaza diperkirakan paling sedikit 1,4 miliar dolar AS, (sekitar Rp15,4 triliun) kata para pejabat Palestina.

Biro Pusat Statistik Palestina mengatakan, sekitar 26.000 penduduk Gaza tak bisa tinggal di rumah-rumah mereka, dan untuk sementara mereka ditampung di tempat-tempat penampungan darurat.

Biro itu memperkirakan sekitar 20.000 bangunan penduduk telah porak-poranda akibat serangan udara Israel, selain serangan laut dan darat yang dimulai 27 Desember, dan sekitar 4.000 bangunan hancur total.

Para surveyor melaporkan kepada biro itu, bahwa bangunan-bangunan umum juga dirusak termasuk 18 gedung sekolah dan perguruan tinggi , jalan raya, jembatan, saluran tenaga listrik, air dan pipa pembuangan limbah.

Biro memperkirakan biaya yang perlu dikeluarkan untuk pembangunan kembali gedung-gedung dan sarana umum lainnya mencapai satu miliar dolar, dengan kerugian setiap harinya mencapai rata-rata 420.000 dolar.

Dengan terus berlangsungnya serangan negara Yahudi itu, pihaknya mengatakan, biaya terakhir mungkin akan lebih tinggi lagi.

“Jalur Gaza telah menjadi bencana kemanusiaan, sosial dan ekonomi karena agresi Israel,” kata Direktur biro itu, Loay Shabane dalam pernyataannya.(ANTARANews)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: