infokito

Portal Palembang – Jembatan informasi dari kito untuk kito bersamo

Rangkaian Aksi Militer Israel di Jalur Gaza

Posted by infokito™ pada 12 Januari 2009

Krisis di Gaza sampai detik ini masih terus berlanjut. Bagaimana kronologis peristiwa yang telah berlangsung lebih dari dua pekan ini. Berikut waktu-waktu kejadian yang dikutip dari reuters.

14 Desember 2008- Pemimpin Hamas, Khalid Meshaal menyatakan kelompoknya tidak akan memperbarui gencatan senjata dengan Israel.

18 Desember 2008- Hamas menyatakan mengakhiri gencatan senjata dengan Israel, yang masa berlakunya habis keesokan harinya.

24 Desember 2008- Kelompok bersenjata Palestina meluncurkan roket ke Israel.

27 Desember 2008- Israel meluncurkan serangan udara di Gaza menewaskan sedikitnya 229 warga Palestina.

28 Desember 2008- Israel melalui serangan udara menghantam Universitas Islam dan terowongan yang selama ini menjadi target di wilayah Gaza.

29 Desember 2008- Israel membom kantor kementerian Hamas dan menyatakan daerah-daerah di sekitar Jalur Gaza masuk zona militer tertutup.

31 Desember 2008- Keadaan Darurat, Dewan Keamanan PBB diminta oleh perwakilan dari Arab untuk memerintahkan gencatan senjata tanpa harus menunda untuk dilakukan voting.

1 Januari 2009 – Israel membunuh pemimpin Hamas, Nizar Rayyan, melalui serangan udara yang ditujukan ke rumahnya di Jalur Gaza.

3 Januari 2009- Israel melancarkan serangan darat dengan mengirimkan tank serta pasukan infanteri untuk menghadapi pasukan Hamas di wilayah Jalur Gaza.

4 Januari 2009- Israel memotong setengah dari pagar pembatas di perbatasan ke Laut Mediterania. Pasukan dan mobil baja memasuki kota Gaza. Israel menolak kemungkinan gencatan senjata yang ada pada tahap ini.

5 Januari 2009- Presiden Prancis Nicolas Sarkozy melaksanakan misi perdamaian, dengan meminta Presiden AS George W. Bush untuk mendukung gencatan senjata.

6 Januari 2009- Israel membunuh 42 warga Palestina di Sekolah PBB Jabalya yang merupakan tempat pengungsi warga sipil. Selain itu Mesir, Perancis, dan didukung oleh negara Eropa lainnya, mengusulkan gencatan senjata segera.

7 Januari 2009- Kekerasan kembali terjadi di Gaza setelah tiga jam sempat dilakukan gencatan senjata.

8 Januari 2009- Roket dari Libanon utara menyerang Israel, melukai dua orang. Sepuluh roket juga ditembak dari Gaza selatan ke Israel namun tidak menyebabkan cedera.

Dewan Keamanan PBB mengeluarkan resolusi untuk segera dilakukan gencatan senjata di Gaza, tetapi Amerika memutuskan untuk abstain. Tim bantuan kemanusian PBB harus menghentikan pemberian bantuan karena tentara Israel membunuh seorang sopir tim tersebut dalam sebuah konvoi.

9 Januari 2009- Perdana Menteri Israel Ehud Olmert menolak resolusi PBB dan menyatakan tentara Israel akan terus melakukan serangan.

10 Januari 2009- pemimpin Hamas Khalid Meshaal mengatakan tidak akan mempertimbangkan gencatan senjata hingga serangan Israel berakhir. Pesawat Israel menjatuhkan selebaran kepada penduduk di Gaza Selatan yang isinya adalah langkah-langkah peningkatan serangan terus dilakukan.

11 Januari 2009- Pasukan Israel menyerang wilayah yang paling padat penduduknya di daerah Gaza, dan sedikitnya 27 warga Palestina terbunuh. Serangan ini mendapatkan respon dengan enam roket diluncurkan ke Israel.

Hingga 11 Januari 2009 total warga Palestina yang tewas setidaknya mencapai 869 orang dan mayoritas adalah warga sipil. Sedangkan dari pihak Israel yang tewas berjumlah 13 orang, 10 di antaranya adalah tentara.***(ddt/mok/detikNews)

3 Tanggapan to “Rangkaian Aksi Militer Israel di Jalur Gaza”

  1. saya sangat prihatin dengan keadaan yg terjadi di jalur gaza, satu sisi ini adalah sebuah tindakan diluar prikemanusian, karena yang menjadi korban mayoritas anak-anak yang tak berdosa juga para wanita palestina di jalur gaza yang semestinya dilindungi dan bukan menjadi sasaran militer, namun disisi lain, israel juga beralasan bahwa mereka hanya mempertahankan diri dan membuktikan kepada pihak hamas bahwa mereka masih ada dan tidak mudah ditaklukan, namun dari sisi kemanusian bagaimanapun keduanya bertikai hendaknya memperhaikan warga sipil yang banyak menjadi korban keegoisan kedua pihak, hanya Tuhan Yang Maha Kuasa yang dapat mendamaikan keduanya, dan PBB sebagai badan keamanan dunia hendaknya tegas dalam bersikap.

  2. jika ditilik dari sejarah di kitab suci, bangsa israel dan palestina yaang notabene adalah salah satu bangsa arab adalah saudara karena sama-sama berasal dari keturunan nabi ibrahim ( sebutan dalam muslim)atau Abraham ( sebutan dalam nasarani )(Ibrahim atau Abraham keduanya merupakan orang yang sama )jadi secara asal usul keduanya masih satu bapak walau lain ibu, yg jadi pertanyaan, apakah ikatan persaudaraan tidak begitu berarti di mata keduanya, apakah menguasai sebuah wilayah sangat penting sehingga harus ada pertumpahan darah antar kedua saudara sebapak tersebut, saya yakin jika nabi Ibrahim/Abraham masih hidup beliau juga tidak akan setuju dan membiarkan anak-anaknya saling membunuh, SADARLAH WAHAI MANUSIA, wujudkanlah perdamaian di planet kita ini, karena peperangan diantara kalian (Israel VS Palestina ) juga berdampak pada kami di belahan bumi lain

  3. totonrofiunsri said

    aneh tapi nyata, sebentar lagi indonesia akan jadi sasaran bangsa yahudi tapi kita masih bisa memilih karena yahudi nanti akan menawarkan 2 pilihan menjadi lawan atau temen.

    pada kebiasaan bangsa indonesia suka g peduli dengn siapa berteman dan bangga jika berteman ma preman.maka akan menukilkan sebuat gandengan tangan yang panas antara indonesia dan yahudi dan kebiasaan berteman ma penjahat suatu saat lain kita juga dimakannya.

    tapi kalau mau bersatu melawannya mereka sungguh kuat.karena kita lemah,karena sasaran mereka adalah memusnahkan islam dari bumi ini dan saya liat islam aja dah tinggal sedikit sekali dan kenapa islam saya katakan sedikit kerana islam terkotak2 menjadi kotak kecil.

    akhirnya saya hanya bisa bilang siap2 aja dengan tamu yang akan mendatangi rumah kita.bukan menakuti tapi rumah kita ini sudah masuk dalam peta mereka sebagai tanda2 penting dan sudah diberi tanda.
    seandainya israel berani maka saat ini saya tantang dia kesini dan bertarung dengan celurit.tapi itu tidak mungkin yang ada sekarang malah israel akan mengirimkan bomnya kesini.
    merdeka…..
    salam perdamaian semuanya.
    mari lindungi diri dan tanah air kita?!!!!!!!!!!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: