infokito

Portal Palembang – Jembatan informasi dari kito untuk kito bersamo

4.224 CPNS Sumsel Lulus

Posted by infokito™ pada 10 Januari 2009

Hasil akhir seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) pemerintahan daerah di Sumatera Selatan diumumkan hari ini, Sabtu (10/1). Sebanyak 4.224 CPNS yang melamar ke Pemprov Sumsel dan 13 Kabupaten/Kota se-Sumsel dinyatakan lulus. Mereka diminta segera melakukan registrasi ulang.

Sementara peserta seleksi di Pemkot Pagaralam, Pemkab OKI, OKU Timur, OKU Selatan, mesti bersabar karena masih menunggu hasil akhir dari pemerintah pusat tentang rotasi baru posisi penerimaan yang masih kosong. Ada beberapa posisi yang tidak ada peminatnya dan dua daerah itu berinisiatif mengganti dengan posisi lainnya.

Ujian CPNS 2008 dimulai 13 Desember lalu. Tercatat lebih dari 60.000 peserta ikut seleksi pada seluruh pemerintahan daerah di Sumatera Selatan. Tiga wilayah penerimaan, yakni Kota Palembang, Kabupaten Muba dan Provinsi Sumsel, yang memberlakukan empat tahapan ujian, juga mengumumkan hasil akhirnya hari ini.

Kepala Pusat Pelayanan jasa Ketenagakerjaan (PPJK) Unsri, Zainuddin Nawawi, selaku konsultan yang ditunjuk sebagai pelaksana ujian CPNS ini, mengatakan, seluruh peserta yang lulus merupakan peserta yang memiliki rangking tertinggi.

“Kami jamin standar kelulusan sesuai parameter yang diinginkan seluruh Badan Kepegawaian Daerah (BKD) masing-masing wilayah penerimaan. Tidak ada manipulasi atau konspirasi terselubung dalam ujian ini karena kredibilitas PPJK dipertaruhkan di sini,” jelasnya.

Menurut Zainuddin bukan hanya tahun ini saja PPJK menjadi penyelenggara dan penerimaan tahun sebelumnya PPJK juga bertindak sebagai pelaksana. Berkas hasil akhir pengumuman peserta yang lulus sudah diserahkan oleh PPJK ke BKD di setiap wilayah pada, Kamis (8/1) lalu. Serah terima dilaksanakan dalam sebuah rapat koordinasi resmi.

Zainuddin mendukung langkah sejumlah daerah yang menerapkan tahapan penerimaan CPNS dalam beberapa rangkaian ujian. Saat ini, baru tiga wilayah yang menerapkan tahapan ujian lebih dari satu kali. Selebihnya masih menerapkan satu pola ujian tertulis saja.

“Satu kali ujian belum cukup untuk menghitung kelayakan seorang peserta yang lulus. Tahapan ujian seperti wawancara, psikotes dan kesehatan juga harus diikutkan agara penilaian dan penerimaan akhir lebih konperhensif,” jelasnya.

Zainuddin mengungkapkan pihaknya sudah berkoordinasi dengan tiap BKD daerah agar tahun depan pelaksanaan ujian dilakukan dalam empat tahap.

“Yah, berdasarkan kesepakatan bersama, maka didapat kesepahaman dan komitmen bahwa dalam penerimaan PNS tahun 2009 mendatang dilaksanakan dalam empat tahap,” kata Zainuddin.

Tenaga Guru Kurang
Sebanyak 143 formasi penerimaan CPNS Pemkot Palembang tahun 2008 kosong. Kekosongan formasi ini disebabkan tidak ada pelamar yang mendaftar atau ada pelamar tetapi tidak mencukupi kebutuhan. Dari formasi CPNS sebanyak 353 orang, hanya 210 orang yang memenuhi formasi.
Formasi yang tidak terisi itu semuanya bidang guru S1 memiliki akta IV, didominasi formasi guru seni dan guru teknik. Sedangkan bidang lainnya hanya satu formasi yakni Penata Anastesi dengan kebutuhan 2 orang. Data itu berdasarkan rekapitulasi rincian formasi penerimaan CPNS Daerah dari pelamar umum tahun 2008 di Kota Palembang.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Palembang, HMY Badaruddin, SH MM, Jumat (9/1), mengatakan, dari 143 formasi yang tidak terisi itu, 44 di antaranya memang tidak ada yang melamar.

“Yang kosong itu karena pelamarnya tidak ada, selain itu ada pelamar tidak mencukupi kebutuhan. Misalnya, guru Geografi dibutuhkan 23 orang ternyata pelamarnya hanya 20 orang jadi semuanya lulus,” katanya.

Badaruddin mengatakan, BKD Palembang sudah berupaya mengirim surat ke luar daerah, seperti ke Yogyakarta, yang tertarik melamar formasi guru seni. Ini karena di Palembang belum ada perguruan tinggi negeri menghasilkan Akta IV untuk guru seni seperti seni drama, musik, dan pementasan.

“Ya mau diapakan lagi. Formasi yang kosong tetaplah kosong dan akan diisi kembali jika ada penerimaan CPNS tahun-tahun berikutnya,” ujarnya.

Daftar Ulang
Dari Kabupaten Empat Lawang, sebanyak 293 peserta yang ikut seleksi penerimaan CPNS dinyatakan lulus. Menurut Kepala BKD Empat Lawang, Drs Syafran Agusni MM, hasil pengumuman itu menyisakan kekosongan formasi 31 orang. Formasi kosong berasal dari tenaga pendidik, tenaga teknis dan tenaga kesehatan.

“Bukan karena tidak ada yang mendaftar, tapi mungkin kriteria nilainya yang tidak masuk range,” katanya.

Seluruh formasi yang tersedia sesuai keputusan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara, semua ada peminat dan telah memenuhi syarat kelengkapan administrasi. Namun, kata, Syafran, yang paling mempengaruhi adalah hasil tes yang dikelola secara independen oleh Baliteks Unsri.

Syafran mengaku kaget ketika mendapat berkas kelulusan itu karena seharusnya, berdasarkan keputusan Menpan, khusus di Empat Lawang membutuhkan 324 CPNS.

“Ini, hanya 293 berarti masih kosong 31 orang, yang namanya sudah keputusan tetap akan dijalankan, formasi kosong tetap akan dibiarkan kosong, saya jamin itu,” ujarnya.

Kepada CPNS yang diterima, Syafran mengucapkan selamat bergabung untuk mengabdikan diri kepada negara. BKD 4L, mulai Senin (12/1), membuka tahapan registrasi untuk CPNS melengkapi persyaratan, diantaranya melampirkan fotokopi ijazah yang dilegalisir, pasfoto, SKCK serta surat keterangan kesehatan. Seluruh persyaratan ditunggu paling lambat 23 Januari mendatang.

“Bila terlambat registrasi, CPNS dianggap mengundurkan diri,” katanya.
Keputusan itu tertuang dalam lembaran pengumuman nomor 800/03/BKD.I/2009 yang ditandatangani H Budi Antoni, Bupati Empat Lawang adalah mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.

“Hasil ini adalah mutlak dan murni, siapapun yang terlambat tidak ada toleransi,” tegas Syarfran.***(harian sripo)

21 Tanggapan to “4.224 CPNS Sumsel Lulus”

  1. mangasep said

    DEMI ALLOH SAYA BERHARAP DI ADAKAN UJI KEAHLIAN UNTUK SEMUA LINI KEPEGAWAIAN DI SUM-SEL,TIDAK HANYA IJAZAH SAJA TAPI KWALITAS, SUMBERDAYA,DAN KEAHLIAN AKAN MAMPU WUJUDKAN PERUBAHAN KE KETINGKAT YANG LEBIH BAIK.APA JADINYA JIKA PEMERINTAH DIPIMPIN OLEH ORANG YANG POWERNYA HANYA SEHELAI KERTAS BERCAPKAN UNIVERSITAS SAJA…? TOLONG…BERIKAN KESEMPATAN PADA ORANG-ORANG YANG PUNYA SKILL (KEMAMPUAN)…SEMOGA SARAN SY MASUK AKAL….AMIIIN.

  2. mangasep said

    MARI KITA TANYAKAN PADA NURANI KITA…MANA YANG LEBIH PENTING.!!! KWALITAS,KEMAMPUAN,PENGALAMAN,ATAU WAJAH YANG RUPAWAN,UANG SOGOKAN,KEPIAWAIAN BERBICARA?….UNTUK ITU ABDIKANLAH KEMAMPUANMU UNTUK BUMI PERTIWI DAN JANGAN KALIAN HIANATI DENGAN KATA-KATA DUSTA..INDONESIA SEDANG SEKARAT DENGAN KEBIADABAN DUSTA…

  3. Sri said

    Selamat buat yg lulus..lihatlah profesi anda skg sbg amanah dan buat BKD soal2 ujianx mgkn hrs d sesuaikan dg profesi yg akan d geluti…MAKSUDNYA BPK2 PASTI NGERTI DONK..

  4. ryno said

    tolong dikasih daftar CPNS yang dinyatakan lulus untuk kota lubuk linggau

  5. Kaem Yunsicky said

    Sekitar 50% yang Lulus Ujian CPNS Benar2 Murni, Sisanya …….!!!

    Berarti sekitar 50% lebih PNS di negara kita tidak berkualitas!!!

    Tolong! KESADARAN Para Bangsa Indonesia lebih ditngkatkan agar Bangsa Kita ini Menjadi Bangsa yang Maju dan Sejahtera !
    TERGANTUNG DARI INDIVIDU masing2!

    M A U ?

  6. Kemas said

    Sudahlah Kaem Yunsicky!!!
    Jadi Wong jgn Munafik, kagek gilo dewek!

    Pokoknyo Maju Terus Calon PNS, Kalian tu calon pemimpin masa depan!
    Jangan galak dibudike wong!!!
    Kalian tu orang yang terpilih!

    Bagi yang dak lulus jgn takut, gek ado bukaan lagi taon ini!
    Cubo terus pokoknyo!!! hehehe

  7. heri chandra said

    pak tlong nama2 lulus cpnsd kabupaten ogan ilir 2008,saya dah buka2 tp gk ketemu2 pak,web nya apa pak?tlong d balas pak ya.sya ad saudara di pusat ad nama nya nd nomor nya tp keluar hasil gak ad.tolong y pak?

  8. vcdcpns said

    Salam,
    Kami Redaktur VCD CPNS mengucapkan selamat bagi yang terpilih menjadi yang terbaik.
    Bagi yang belum lulus semoga bisa bersabar dan terus berusaha. Kami mencoba memberi satu solusi terbaik. VCD dan Buku CPNS pertama di Indonesia dalam satu paket. Tidak perlu kesuliatan lagi harus mendownload ebook kemudian mencetak dalam bentuk lembaran-lembaran yang tentu sedikit merepotkan. VCD sangat praktis dan membantu baik bagi yang baru tamat sekolah/kuliah maupun yang sudah lama.
    Terbuka peluang juga bagi Anda yang berminat mendapatkan income tambahan dengan menjadi distributor daerah dengan komisi 25% (Rp. 25.000/paket). Bayangkan saja dengan jumlah peserta sekitar 60.000 orang, berapa keuntungan riil yang bisa didapat.
    Ini bukan MLM ato sejenisnya karena ini nyata, Anda bisa membuat hitungan sendiri.
    Hubungi kami http://vcdcpns.wordpress.com

  9. Assalamualaikum,
    weeealaaHhh, ramene….😀
    ngebahas tes CPNS kemaren yaa???Eehmm, kalo boleh ngenjuk saran pada sahabat2 yang belum sempat lulus,,,yaaa sabar aja lagi, masih banyak kok jalan cari duit. Mau solusinya? Kalo mau ikutan aku ngebun kopi be di Tanjung Sakti Lahat….he,he,heee. Buat yg punya blog thanks yaaa, lam kenal lam kenul… 8) gitu aja koq repyot…,,

  10. ass wr wb.
    bapak zainudin nawawi yg terhormat
    jika bapak menjanjikan hasil tes yang trasparansi
    saya ingin melihat hasil tes/nilai saya secara keseluruhan
    dengan biodata saya :
    nama : sandy wiguna
    tempat tgl lahir : muara enim 10 desember 1981

    saya adalah peserta yang dinyatakan “tidak lulus” pada saat tes terakhir, dimana pada saat itu tinggal empat peserta lagi untuk formasi “pranata komputer” di pemkot kota palembang.
    ke empat orang tsb : 1. sandy wiguna
    2. sherly I nasution
    3. dedi sipriyanto
    4. andi ikhrom
    demi “transparansi” yang bapak selalu ucapkan, saya minta rekap nilai keempat peserta tsb. yang akan saya konsumsi sendiri dan tidak akan saya publikasikan. saya mempunyai hak untuk melihat rekap nilai tsb karena saya adalah peserta. tolong diemail ke sandy.gago5@gmail.com

  11. Nash said

    Dari kemaren aku cari pengumuman PNS untuk Banyuasin di internet tapi gak ada, aku dapat info memang lewat koran dan ternyata aku blm lulus, berhubung aku jauh (Jakarta) jadi cuma bisa tahu by Phone aja , mungkin ada temen2 yang punya? bisa di email ke nazalif_nash@yahoo.co.id. pengen tau sapa aja yang lulus soalnya pas tes ada sempat kenalan…atas emailnya Terima kasih.

  12. Er3xs1 said

    Mungkin pemeriksaan hasil test di Balitek Unsri benar2 murni..tapi pelaksanaan dlapangan siapa yg tahu??
    Di kab musi rawas jika tdk mmpunyai uang minimal 50 jt jng harap anda bisa mengabdi pd negara..informasi terakhir untuk formasi umum dri jur ekonomi di isi oleh sang pangeran ‘putra dr kepala BKD kabupaten’..
    Kalo mmang bnar adanya,balitek unsri tdk lbh sbg ‘kambing congek’ yg menjual nama besar UNSRI hanya dmi kpntingan sbagian orang2 trtentu saja.
    UNSRI Sbg satu2 ny univ kbanggaan warga Sum Sel dhrapkan kdpan ny lbh mempunyai harga diri dan daya tawar yg tinggi..sbg penyelenggara hajat negara dhrapkan UNSRI benar2 independent dan menjalankan peranan dr awal smpe akhir tanpa interpensi dr pihak manapun..Balitek UNSRI bukan tmpat brkumpul nya bandit2 berdasi..

  13. Akieh w. said

    Pada inti dari penulis d atas saya setuju bgt, apa yg d utarakan bkn hnya skdar isu atau kbr burung. Bgaimn dgn nasib anak tani yg tdk punya uang sbesar itu 50jt itu aja blm pasti lu2s sdngkn benar2 ingin mengabdi kpd negara. Wahai para pejabat dan birokrat dgr jeritan anak bangsa yg teraniaya. Kami hnya ingin ada keadilan bkn nilai tes d nilai dari nominal!!!

  14. Rizki said

    saya mahasiswa semester 3. saya sdh mempunyai ijazah SMF apakah saya sdh blh melamar cpns.
    trimz

  15. OMI said

    bagi teman teman mari kita hadapi hidup ini dengn sabar yakinlah jka memang rezeki kita maka tak kan kemana key

  16. Rika wijayanti said

    16. richa yanti
    14 november 2009 pada 14: 58
    Tuhan akan selalu memberikan jalan hidup yang baik bagi kita dan memang sunggguh atas kehedaknya, maka kita sebagai umatnya untuk tetap selalu berdoa, berusaha dan bersabar.kerjakanlah sesuatu yang terbaik, karena TUHAM memberikan rencana yang baik bagi kita.

  17. chatarina said

    Assalamu’alaikum wr wb

    Buat yg lulus dan apabila kelak berhasil menduduki jabatan sebagai pns, tunaikanlah tugas Anda dengan baik dan jujur. karena Anda bekerja tidak hanya untuk Anda sendiri tapi untuk pemerintah dan rakyat Indonesia.
    Dan satu lagi jauhi korupsi, ingat lah segala sesuatu akan dipertanggung jawabkan, tidak hanya di dunia tapi juga di akhirat.

    terima kasih

  18. Rus said

    Buat adik adik yg lulus pada seleksi cpns oku selatan selamat yah. Sukses buat kalian semua. Gimana nih blm ada juga.

  19. Rus said

    Iya nih blm muncul juga daftar namanya. Jam berapa yah.

  20. hilmi mardliyah said

    kapan SK cpns 2010 akan keluar….
    mohon infonya….
    trims

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: