infokito

Portal Palembang – Jembatan informasi dari kito untuk kito bersamo

Gedung Putih Beri Lampu Hijau pada Israel

Posted by infokito™ pada 3 Januari 2009

Gedung Putih, Jumat, menyatakan Israel harus memutuskan sendiri apakah akan masuk ke Jalur Gaza dengan menggunakan pasukan darat, atau tidak, tapi meragukan tindakan itu akan menghindari korban sipil dan menjamin aliran barang kebutuhan kemanusiaan.

Jurubicara Gedung Putih Gordon Johndroe tidak menjawab secara langsung pertanyaan mengenai apakah AS memikirkan operasi darat dapat dibenarkan atau akan berusaha untuk mencegah serangan itu.

“Saya tidak ingin membicarakan mengenai operasi yang belum terjadi … (Operasi) itu akan menjadi keputusan yang dibuat oleh Israel,” katanya kepada wartawan.

“Mulai sekarang, setiap tindakan yang mereka ambil dalam keseluruhan operasi ini perlu menghindarkan jatuhnya korban sipil, dan kita juga perlu meneruskan aliran bantuan kemanusiaan ke Jalur Gaza,” tandas Gordon.

Presiden AS George W. Bush dan Menlu Condoleezza Rice telah berhubungan secara tetap dengan PM Israel Ehud Olmert dan mengingatkan Israel mengenai kebutuhan (menghindari korban sipil) itu, kata Johndroe.

“Jadi saya kira setiap langkah yang mereka ambil, apakah itu dari udara atau di darat atau apapun sifatnya, merupakan bagian dan paket dari operasi yang sama,” katanya.

Rice mengatakan kepada wartawan setelah bertemu Bush bahwa AS sedang bekerja ke arah gencatan senjata yang “dapat bertahan lama dan berkelanjutan” di Jalur Gaza, namun ia sekarang tidak berencana melakukan lawatan ke Timur Tengah untuk mengupayakan gencatan senjata.

“Kami sedang bekerja ke arah gencatan senjata yang tidak akan membolehkan hidupnya kembali status quo yang membuat HAMAS dapat terus meluncurkan roket ke luar Jalur Gaza,” kata Rice.

Belum ada sinyal gencatan senjata pada hari ketujuh serangan udara Israel, yang telah menewaskan sedikitnya 424 warga Palestina dan melukai 2.000 orang lagi. Empat warga Israel tewas oleh roket Palestina.

“Jelas bahwa gencatan senjata tidak akan terjadi secepat mungkin, tapi kita membutuhkan gencatan senjata yang dapat tahan lama dan berkelanjutan,” kata Rice.

Ia menyatakan HAMAS telah menolak permintaan Arab untuk memperpanjang gencatan senjata yang berakhir bulan lalu.

Sepertinya akan mudah bagi Rice untuk tetap bekerja melalui telepon ketimbang melakukan lawatan ke kawasan itu sekarang ini, kata Johndroe. (antara-News)

3 Tanggapan to “Gedung Putih Beri Lampu Hijau pada Israel”

  1. wyd said

    kemaren ada penyegelan KFC palembang yang terkait dengan sikap amerika seperti yang dituliskan di atas. kenapa kita tidak memisahkan bahwa sikap pemerintah AS bukanlah cerminan sikap rakyatnya? apalagi Bush sebentar lagi lengser… jika pemerintah kita lamban dalam mengambil sikap, bukan berarti kita2 yang ‘cuma’ rakyat punya sikap yang sama, kan? kasihan penduduk pribumi yang harus waspada apakah mereka masih bisa bekerja atau ga di resto itu.

  2. dir88gun said

    Berapa banyak lagi nyawa, dari semua pihak, yang harus dikorbankan untuk keserakahan, kesombongan, keegoisan, dan kedengkian manusia?
    Hanya ada satu cara yang paling efektif untuk mengatasi semua permasalahan yang ada saat ini dengan damai, adil, dan bijaksana!
    Tegakkan Khilafah!
    Satukan seluruh umat manusia untuk meraih kedamaian, kesejahteraan, dan keadilan di muka bumi ini!
    Semoga Allah menjadikan tahun yang baru ini sebagai tahun yang lebih baik bagi kita semua.

  3. Ipan said

    gw magh napsu banget lah sama si irael, amerika, inggris
    ngerusak nagara ISLAM terus.

    Si Obama kafir tah dulunya kan muslim pindah agama jadi prostestan.
    mana katanya ada perubahan buat amerika BOHONG BOHONG BOHONG… masih aja israel ngaBOM palestina.

    BOIKOT PRODUK AMERIKA,INGGRIS,AUSTRALIA,EROPA
    jangan pade di beliin, HARAM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: