infokito

Portal Palembang – Jembatan informasi dari kito untuk kito bersamo

Pemkot Palembang Ajak Warga Waspada Bencana

Posted by infokito™ pada 31 Desember 2008

Pemerintah Kota Palembang mengajak masyarakat meningkatkan kewaspadaannya terhadap bencana secara dini melalui Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM).

Wakil Wali Kota Palembang Romi Herton mengatakan, pembentukan FKDM ini sesuai Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) No 12/2006 tentang Kewaspadaan Dini Masyarakat.

“Tugas forum ini mendeteksi awal persoalan masyarakat secara dini lalu mengomunikasikan penanganannya kepada pemerintah,” ujarnya seusai mengukuhkan pengurus FKDM Kota Palembang di Hotel Swarna Dwipa kemarin.

Dia mencontohkan, bila ada persoalan mewabahnya demam berdarah dengue (DBD), FKDM dapat segera melaporkan ke pemerintah setempat, seperti camat atau pemkot, bila skalanya telah cukup besar, sehingga dapat segera dilakukan penanganan, misalnya pelaksanaan fogging massal.

Fungsi FKDM lainnya untuk mewaspadai segala macam bencana, baik bencana banjir atau bencana lainnya, sehingga nantinya akan dibentuk pengurus FKDM tingkat kecamatan dan seterusnya bila anggaran memungkinkan.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa Politik dan Perlindungan Masyarakat (Kesbanglinmas) Kota Palembang Lukman mengatakan, FKDM ini bersifat pencegahan dan kepengurusannya akan sampai ke kelurahan.

“Bila struktur ini telah terbentuk,diharapkan setiap permasalahan cepat diserap, dibahas, dan diselesaikan,” ujarnya. Target selanjutnya, FKDM akan dibentuk pada tingkat kecamatan dan kelurahan, yang anggotanya terdiri atas berbagai elemen masyarakat, seperti ormas, tokoh masyarakat, tokoh agama,pemuda, LSM, dan unsur pemerintah.

Sumber pendanaan kegiatan akan dibebankan pada APBD Kota Palembang. Ketua FKDM Kota Palembang M Syairozi mengatakan, pihaknya segera merintis pembentukan FKDM tingkat kecamatan untuk memperkuat tugas FKDM Kota Palembang dalam mengantisipasi potensi bencana secara dini. “Langkah awal kami segera melakukan rapat dan konsolidasi ke kecamatan,” ungkapnya.

Dia mengatakan, saat ini di Kota Palembang perlu waspada terhadap terjadinya bencana banjir. Terlebih, saat ini masih musim penghujan. Jadi, diharapkan dalam waktu dekat pembentukan FKDM di kecamatan dapat segera terealisasi. (muhlis/SINDO)

Satu Tanggapan to “Pemkot Palembang Ajak Warga Waspada Bencana”

  1. anggi said

    pak walikota yang terhormat tolong pak ditaman kambang iwak kasih fasilitas intuk orang2 yg menggunakan leptop seprti t4 duduk dan colakan untuk mengecas leptop.
    didaerah jawa semua taman sudah ada fasilitas seperti itu.
    trima kasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: