infokito

Portal Palembang – Jembatan informasi dari kito untuk kito bersamo

Tarif PDAM di Muara Enim Masih Terlalu Tinggi

Posted by infokito™ pada 30 Desember 2008

Sebagian besar warga Kota Pendopo, Talangubi, Muaraenim dan sekitarnya keluhkan dan pertanyakan tingginya tarif air yang diberlakukan oleh PDAM Lematang Enim. Sebab akibat tingginya tarif tersebut membuat sebagian besar warga terancam tidak sanggup membayar serta takut memasang sambungan baru, Selasa (30/12).

Menurut Ketua LSM Jangkar kecamatan Talangubi, Sultan Amiril didampingi  Sekretaris Indra Patria, bahwa sesuai dengan surat resmi LSM Jangkar No : 84/LSM-JKR/PDP/XII/2008 tentang permohonan penurunan tarif air minum PDAM lematang Enim Cabang Talangubi Pendopo, meminta kepada Pemkab Muaraenim dan pihak terkait untuk mempertimbangkan adanya keringanan dalam hal pembayaran tarif air minum PDAM di Teluk Lubuk Pendopo. Sebab ia merasakan, tarif yang di berlakukan saat ini, sangat tinggi dan memberatkan warga. Akibatnya banyak warga yang tidak mampu membayar dan terancam krisis air.

“Warga di sini sangat berterimakasih dengan adanya air tersebut, sebab memang sangat didambakan dan dibutuhkan cukup lama oleh warga. Namun sayangnya, tarif yang diberlakukan sangat tinggi sehingga warga banyak yang tidak mampu membayarnya. Kami sadar, tarif kami memang harus lebih tinggi dari tarif PDAM di Muara Enim karena biaya operasional, tetapi tolong dicarikan solusi yang terbaik,” jelas Sultan.

Sebagai contoh untuk tarif Rumah Tangga air minum PDAM teluk Lubuk saat ini, untuk penggunaan air 1-10 meter kubik Rp 6.450, 10–20 meter kubik Rp 11.400 dan 21 keatas Rp 16.375. Begitupun Untuk tarif Niaga Kecil 0–10 meter kubik Rp 12.135, 10–20 meter kubik Rp 16.375 dan 21 meter kubik  ke atas Rp 17.735.

Sedangkan tarif PDAM di Muara Enim, tarif Rumah Tangga untuk penggunaan air 1-10 meter kubik hanya Rp 1.825, 10 – 20 meter kubik Rp 3.475 dan 21 meter kubik keatas Rp 4.9975. Begitupun Untuk tarif Niaga Kecil 0 – 10 meter kubik Rp 3.525, 10 – 20 meter kubik Rp 5.975 dan 21 meter kubik keatas Rp 7.450. Dan kami sudah menawarkan solusi untuk  tarif Rumah Tangga air minum PDAM teluk Lubuk, untuk penggunaan air 1-10 meter kubik Rp 3.450, 10 – 20 meter kubik Rp 4.275 dan 21 keatas Rp 7.250. Begitupun Untuk tarif Niaga Kecil 0 – 10 meter kubik Rp 4.275, 10 – 20 meter kubik Rp 6.450 dan 21 meter kubik keatas Rp 7.750, papar Sultan.

“Jadi contoh tarif yang kami tawarkan tersebut, masih jauh di atas tarif yang diberlakukan PDAM di seluruh wilayah Kabupaten Muaraenim. Sebab kami sadar, memang biaya operasional di tempat kami lebih besar daripada di Muaraenim. Tetapi tolong, kalau tarifnya tinggi tentu kami tidak bisa membayar dan sama saja kami masih juga kesulitan air. Coba bayangkan jika kami rata-rata harus bayar PDAM sekitar Rp 400 – Rp 500 ribu perbulan,” ujar Sultan yang mendapat amanah dari masyarakat pelanggan PDAM teluk lubuk sekitar 200 pembubuhan tanda tangan.

Sementara itu ketika dikonfirmasi ke Direktur PDAM lematang Enim H Mirza Jaya SE, membenarkan dan mengakui jika pihaknya telah mendapatkan surat dan tembusan tentang keluhan tersebut dari LSM Jangkar Pendopo. Namun perlu di ketahui, di dalam penentuan tarif tersebut bukan asal dibuat, tetapi sebelumnya sudah melalui perhitungan dan persetujuan DPRD maupun Bupati Muaraenim.

Setelah itu, barulah di terbitkan Peraturan Bupati (Perbup) No 16 tahun 2008 tentang tarif air minum PDAM Lematang Enim Cabang pendopo Talangubi dan persetujuan DPRD Muaraenim No: 9 Tahun 2008 tertanggal 15 April 2008.

Penentuan tarif di PDAM Pendopo tersebut, setelah pihaknya melakukan perhitungan secara cermat dimana hasil akhirnya di dapatkanlah HPP (harga Pokok Produksi) sebesar Rp 8.063 meter kubik. Tingginya angka tersebut karena memang biaya operasional yang digunakan untuk di PDAM pendopo cukup besar.

Dari harga tersebut, sebenarnya pihaknya telah mengupayakan dengan subsidi silang dimana untuk pemakaian air dari 0 – 10 meter kubik itu sebesar Rp 6.450, yang berarti lebih kecil dari HPP Rp 8.063. Dan subsidi silangnya dikenakan ketika masyarakat mengggunakan air diatas 10 meter kubik keatas. Namun atas keluhan tersebut, pihaknya tentu sangat menyadari dan tidak akan tinggal diam.

“Kami akan segera menyampaikan keluhan ke Bupati Muaraenim untuk mencari solusi yang terbaik, jelas Mirza.***sripo

Satu Tanggapan to “Tarif PDAM di Muara Enim Masih Terlalu Tinggi”

  1. Pengelap Kaca Kantor yang Kini Direktur PDAM
    Kisah tentang Pengelap Kaca Kantor yang Kini Direktur PDAM di Banjarmasin. Tapi, tetap bersahaja. baca di sini:

    http://kalipaksi.wordpress.com/2009/04/23/pengelap-kaca-kantor-yang-kini-direktur-pdam/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: