infokito

Portal Palembang – Jembatan informasi dari kito untuk kito bersamo

Kode Daur Ulang Plastik

Posted by infokito™ pada 27 Desember 2008

Sejak ditemukannya plastik awal abad lalu, plastik telah menjadi benda yang paling populer yang digunakan untuk berbagai keperluan sehari-hari dengan cara yang inovatif dan unik. Plastik sendiri digunakan karena dapat diproduksi dengan mudah dan murah, kuat dan tergolong awet.

Apabila kita perhatikan dengan seksama, benda-benda plastik ini memiliki kode-kode tertentu yang bisa menunjukkan seberapa amannya produk tersebut digunakan pada kondisi-kondisi tertentu. Kode-kode tersebut dikenalkan sejak tahun 1988 oleh The Society of the Plastics Industry, Inc. (SPI).

Berikut kode-kode daur ulang (recycle) pada plastik tersebut:

1. Polyethylene Recycling Code Polyethylene Terephthalate (PET, PETE)

PET-1

PET biasanya dipergunakan di botol minuman plastik dan jenisnya yang transparan, jernih/bening. Seperti digunakan untuk tempat air mineral, air jus, jelly dan tidak untuk air hangat apalagi air panas. Ini dapat mengakibatkan lapisan polimer pada botol tersebut meleleh dan mengeluarkan zat karsinogenik yang bisa memicu penyakit kanker. Digunakan hanya untuk satu kali saja. Nama lainnya: Polyester.

2. High Density Polyethylene (HDPE)

HDPE 2

Benda dengan kode HDPE digunakan untuk botol susu, jus, air, kotak sereal dan produk pencuci. Juga biasa digunakan untuk air minuman galon, kursi plastik, atau kemasan susu jika pada makanan. Bentuknya berwarna putih susu. HDPE seperti PTE tetapi lebih tahan terhadap bahan kimia. HDPE juga seperti PTE pengunaannya hanya sekali pakai saja.

3. Vinyl atau Polyvinyl Chloride (V atau PVC)

V3

Plastik yang memiliki simbol ini, menandakan plastik yang sulit untuk didaur ulang, seperti plastik pembungkus atau pada botol-botol dan biasa digunakan untuk pipa dan kontruksi bangunan. Kandungan plastik ini bisa lumer dan bercampur ke dalam makanan pada suhu -15 derajat Celsius. Akibatnya berbahaya, bisa menyebabkan kerusakan ginjal dan hati.

4. Low Density Polyethylene (LDPE)

LDPE 4

Plastik dengan simbol LDPE ini biasanya digunakan untuk makanan, plastik kemasan, dan teksturnya terasa lembek atau lentur (seperti madu). Plastik pembungkus makanan atau botol dengan kode ini cukup aman digunakan, karena dapat didaur ulang dan baik untuk barang-barang yang memerlukan fleksibilitas tetapi kuat. Plastik dengan kode ini hampir tidak dapat di hancurkan tetapi tetap baik untuk tempat makanan.

5. Polypropylene (PP)

PP 5

Plastik dengan kode PP ini merupakan pilihan terbaik dan aman digunakan untuk bahan plastik terutama untuk yang berhubungan dengan makanan dan minuman seperti tempat menyimpan makanan, botol minum, tempat obat dan botol minum untuk bayi. Plastiknya berwarna transparan yang tidak jernih atau berawan. Carilah bahan plastik dengan simbol ini apabila membeli barang berbahan plastik.

6. Polystyrene (PS)

PS 6

Kemasan plastik yang bersimbol PS ini biasa dipakai sebagai bahan tempat makan styrofoam, tempat minum sekali pakai, tempat CD, karton tempat telor, dll. Bahan Polystyrene bisa membocorkan bahan styrine ke dalam makanan ketika makanan tersebut bersentuhan. Bahan Styrine berbahaya untuk otak dan sistem syaraf manusia. Bahan ini dibanyak negara bagian di Amerika sudah melarang pemakaian tempat makanan berbahan styrofoam termasuk negara cina.

7. Other

other

Kode tujuh ini biasanya ada 4 macam

1. SAN (styrene acrylonitrile)
2. ABS (acrylanitrile butadiene styrene)
3. PC (polycarbonate)
4. Nilon

Plastik ini biasa digunakan untuk tempat makanan dan minuman, alat-alat rumah tangga, komputer, dan sebagainya. Plastik dengan kode 7 SAN dan ABS ini baik dan aman digunakan untuk makanan atau minuman. Hanya saja, untuk kode PC (Polycarbonate) sebaiknya tidak digunakan untuk makanan dan minuman karena bisa mengeluarkan zat yang berbahaya, yaitu Bisphenol-A ke dalam makanan dan minuman yang berpotensi merusak sistem hormon.***infokito.net

Wallahua’lam

***berbagai sumber

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: