infokito

Portal Palembang – Jembatan informasi dari kito untuk kito bersamo

Awas! Ribuan Senpi Tak Berizin Beredar di Masyarakat

Posted by infokito™ pada 23 Desember 2008

Sejak keluarnya Telegram Rahasia (TR) No 1117/8/2005 yang diteken Kapolri Jenderal Pol Sutanto, senjata api (senpi) nonorganik untuk bela diri yang dipakai sipil ditarik polisi. Namun hingga kini ribuan senpi belum bisa ditarik.

Menurut Wakapolda Brigjen Pol Jasir Karwita, beberapa di antara senpi yang belum bisa ditarik itu izinnya belum diperpanjang.

“Kondisinya (pemilik senpi-red) sebagian di antara mereka sudah pindah alamat sehingga sulit kita lacak. Kemudian ada juga yang berubah status. Izinnya tak berlaku lagi,” kata Jasir di kantornya, Jl Gatot Subroto, Jakarta, Selasa (23/12/2008).

Menurut Jasir, jumlah senjata api non organik yang dipergunakan untuk bela diri yang sudah ditarik polisi sebanyak 40 persen dari 5.000 yang masih beredar di masyarakat atau sekitar 2.000. Jadi masih ada 60 persen dari 5.000 atau sekitar 3.000 senpi yang masih belum ditarik polisi.

“Kita proaktif terus. Kita masih inventarisir senjata api. Sebagian di antaranya ada yang sudah diperpanjang sebelum instruksi dari Kapolri No 1117 bulan 8 tahun 2005 turun,” jelasnya.

Jasir mengatakan, tidak ada keistimewaan tertentu atau pun pengecualian tertentu untuk menarik senjata api yang beredar di masyarakat. Bahkan senjata api yang dimiliki anggota DPR juga ditarik jika memang tidak memperpanjang izinnya.

“Ya termasuk ketentuan (anggota DPR),” imbuhnya.

Kenapa tidak mengeluarkan izin lagi lagi setelah penarikan senjata api tahun 2005 sesuai Telegram Rahasia (TR) Kapolri?

“Saya rasa ada pertimbangan di samping kita inventarisir terlebih dahulu agar kita tahu jelas. Karena sebagian ada data pemilik yang pindah tangan,” jawabnya.(gus/nrl/detik)

Satu Tanggapan to “Awas! Ribuan Senpi Tak Berizin Beredar di Masyarakat”

  1. RIZAL LSM PANGKHAS said

    Harus tegas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: