infokito

Portal Palembang – Jembatan informasi dari kito untuk kito bersamo

Pemkot Palembang akan Memperluas Pipanisasi Gas

Posted by infokito™ pada 21 Desember 2008

Pemerintah Kota Palembang akan menambah jaringan pipa gas rumah tangga di kota itu sebanyak 4.000 unit sebagai bentuk pelayanan terhadap masyarakat. Pelaksanaannya diprioritaskan di tiga kelurahan, mulai dari Kelurahan Lorok Pakjo, Pakjo, dan Siring Agung.

Demikian disampaikan Wali Kota Palembang Eddy Santana Putra kepada wartawan di Palembang, Kamis (18/12).

Eddy mengatakan, Pemkot Palembang akan berusaha keras mengupayakan perluasan program pipanisasi gas ke masyarakat Palembang. Alasannya, Palembang punya potensi besar karena kota ini dikelilingi oleh jalur-jalur gas Pertamina.

”Seminggu lalu, kami mengadakan pertemuan dengan Dirjen Migas. Kami membicarakan soal tender proyek pipanisasi gas di Kota Palembang,” katanya.

Hanya saja, untuk tahun ini proyek tersebut kemungkinan besar belum terwujud. Hal ini dengan mempertimbangkan mahalnya pemasangan instalasi gas di setiap rumah tangga yang mencapai Rp 5 juta-Rp 6 juta per unit rumah.

Namun, Pemkot Palembang sudah menyetujui proyek percontohan yang akan dilakukan di Kelurahan Lorok Pakjo, Pakjo, dan Siring Agung, dengan sasaran 4.000 unit.

Energi listrik

Selain program pipanisasi gas rumah tangga, Eddy juga menjelaskan bahwa Pemkot Palembang sedang menggagas pembangunan pembangkit listrik berskala kecil. Selain untuk menyuplai kebutuhan pemakaian listrik yang terus meningkat di perkotaan, hal tersebut sebagai bentuk interkoneksi jaringan listrik di Sumatera, Jawa, dan Bali.

Menurut Eddy, saat ini ada dua perusahaan yang sedang menjajaki pembangunan pembangkit listrik skala kecil di kawasan Sematang Borang dan Jaka Baring. Oleh karena itu, dalam hal ini Pemkot Palembang juga mengundang investor dalam dan luar negeri untuk datang ke Palembang dan membangun pembangkit di wilayah ini.

”Kami pasti akan terbuka untuk menjajaki kemungkinan pembangunan pembangkit di palembang,” katanya. (ONI/kompas)

Satu Tanggapan to “Pemkot Palembang akan Memperluas Pipanisasi Gas”

  1. RIZAL LSM PANGKHAS said

    Wako Eddy jangan bejanji bae

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: