infokito

Portal Palembang – Jembatan informasi dari kito untuk kito bersamo

Anggota DPRD Palembang Outbond ke Sukabumi

Posted by infokito™ pada 20 Desember 2008

Kelakuan anggota DPRD Palembang sungguh keterlaluan. Di tengah krisis saat ini, seluruh wakil rakyat terhormat ini malah ramai-ramai piknik ke Sukabumi, Provinsi Jawa Barat.

Parahnya, kegiatan yang diikuti 45 anggota Dewan dan sejumlah staf DPRD Palembang itu tidak ada kaitannya sama sekali dengan pekerjaan Dewan, hanya sekadar mengikuti outbound di Sukabumi. Sumber SINDO menyebutkan, perjalanan seluruh anggota Dewan diperkirakan menghabiskan dana hingga setengah miliar lebih.

Semua biaya akomodasi, uang makan, dan penginapan ditanggung Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang. Satu anggota Dewan diperkirakan mendapatkan uang saku melalui traveler cheque hingga Rp10-15 juta, dan diperbolehkan membawa keluarga.

Meskipun kegiatan outbound ini dijadwalkan berlangsung pada 20–22 Desember, sudah sejak kemarin hampir seluruh ruangan komisi di DPRD lenggang. Informasi yang didapat, secara berangsur, para anggota legislatif itu tidak masuk bekerja dan dikabarkan telah berangkat ke Jakarta dengan pesawat terbang.

Ketua Komisi I DPRD Palembang Yanuar Hendri membenarkan seluruh anggota Dewan mendapatkan jatah outbound ke Sukabumi. Bahkan, kegiatan itu sudah direncanakan jauh-jauh hari melalui panitia musyawarah (panmus). “Acara ini sudah kami agendakan dan disetujui Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD,” ungkap Yanuar di Palembang kemarin.

Yanuar sendiri baru akan berangkat ke Jakarta, lalu ke Sukabumi pada Sabtu (20/12). ”Saya baru berangkat besok pagi (hari ini),sekarang masih masuk. Kawankawan lainnya sudah berangsur pergi,” ujarnya. Menurut dia, kepergian mengikuti outbound hanya untuk penyegaran pikiran dan fisik karena selama ini mereka disibukkan dengan rutinitas pekerjaan.

Mengenai anggaran yang digunakan, Yanuar tidak mengetahui pasti. Namun, dia yakin kepergian outbound itu sudah dianggarkan dalam APBD. “Coba tanya ke Sekwan, kami cuma disuruh berangkat saja,” ungkapnya.

Menurut dia, kegiatan outbound itu dinilai cukup penting sebagai latihan fisik dan mental bagi para anggota Dewan. Bahkan, acara tersebut dinilai sebagai salah satu unsur bela negara. Sebab, selain banyak permainan, seperti latihan menembak dan terjun payung, kegiatan itu juga melatih memecahkan persoalan dan kerja sama tim.

“Ini baru pertama kali kami ikut outbound. Bagi yang tidak mau ikut, tidak apa-apa,” tandasnya seraya menjelaskan, seluruh biaya akomodasi, uang makan, penginapan hotel ditanggung Pemkot Palembang. Mengenai dipilihnya Sukabumi menjadi ajang jalan-jalan anggota Dewan dan keluarganya itu, Yanuar mengaku tidak tahu menahu.

Pasalnya, hal itu diserahkan sepenuhnya kepada Sekwan DPRD Palembang untuk mengatur segala sesuatunya, termasuk menentukan pimpinan pelaksana. Sementara itu, anggota Dewan lainnya, Ridwan Hayatuddin, saat dihubungi ternyata sudah berada di Jakarta. Dia mengaku hari itu (kemarin) sengaja tidak masuk kerja.

“Saya lagi di bis di Jakarta,” ucap Ketua Fraksi PPP DPRD Palembang ini seraya menyebutkan situasi tidak mendukung untuk diwawancarai karena banyak pengamen sehingga suara sangat berisik. Dia pun mengakui, kepergiannya itu untuk mengikuti outbound di Sukabumi bersama seluruh anggota Dewan.

Sedangkan, Sekwan DPRD Palembang Syaiful Anwar ketika dikonfirmasi ke kantornya tidak berada di tempat. “Bapak sudah dari kemarin berangkat ke Sukabumi ikut outbound dengan anggota Dewan,” ujar salah seorang staf Sekwan yang enggan ditulis namanya. Selain Sekwan, staf lain juga ikut diberangkatkan, seperti kabag atau kasi dan staf lainnya.

Namun, Syaiful Anwar sendiri ketika dihubungi mengaku masih berada di Palembang. Dia enggan memberikan komentar seputar masalah outbound anggota Dewan.“ Ya nanti saja, saya masih rapat,” ujarnya singkat. (siera syailendra)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: